Hati-Hati Jam KW, Begini Cara Tahunya Hati-hati jam tangan replika banyak beredar di pasaran. (Foto: Pexels/Malcolm Garret)

BISNIS jam KW sangat besar konon kabarnya pasar jam tangan ini nilainya lebih dari Rp14 triliun. Menurut laman fashionbeans, kebanyakan yang dibuat replikanya adalah jam-jam tangan keluaran Swiss. Pasar ini juga didukung oleh pembelinya yang mencapai 30% dari pasar jam tangan internasional.

Ini berarati mbanyak jam tangan KW yang beredar di pasaran. Celakanya lagi para pembuat jam replika ini sangat detil membuatnya, terkadang secara sekilas tidak dapat membedakan dengan aslinya. Namun di mata ahli atau kolektor jam tangan, replika-replika itu sangat mudah dilihat.

Laman fashionbeans mengungkapkan cara untuk mengetahui jam tangan replika. Jangan sampai tertipu.


Lokasi pembelian

jam tangan
Jam tangan mewah biasanya dijual di toko-toko yang memiliki lisensi penjualannya. (Foto: Pexels/Malcolm Garret)

Sebenarnya lokasi pembelian dapat dimana saja asal toko yang menjual jam tangan itu memang representatif dan memiliki reputasi menjual jam tangan orisinil. Jangan ragu untuk bertanya pada pengelola toko lisensi yang mereka miliki. Kemudian ricek pada brand official website. Ribet ya? Lebih baik begitu daripada membayar mahal untuk jam replika. Baiknya jangan membeli jam pada online shop, kecuali di website resmi brandnya.

Harga murah pasti jam KW

jam tangan
Jangan tergiur harga murah apalagi terlalu di bawah harga pasar. (Foto: Pixabay/1966666)


Jam tangan mahal dianggap oleh sebagian orang bukan hanya masalah gengsi, melainkan investasi. Ini yang membuat orang kemudian menjadi serakah dan memakan semua yang ditawarkan oleh penjual. Indikator jam tangan KW salah satunya adalah penjual yang tidak mengerti jam tangan yang dijualnya itu. Menurut Tim Pavy dari The Watch gallery yang dikutipoleh laman fashionbeans, jam tangan yang harganya lebih murah 25% dari harga sebenarnya dapat dipastikan replika.

Lihat sendiri barangnya

jam tangan
Sebaiknya melihat secara langsung wujud jam yang dijual. (Foto: Pixabay/Hans)


Membeli jam tangan mewah bukan di website resmi sangatlah berisiko. Kalau toh mau membeli melalui lelang online atau situs seken harus memperhatikan detil foto yang ada. Ini bisa dijadikan indikator, jamnya itu asli atau KW. Menurut Pavy bila fotonya tidak jelas alias blur atau tidak memberikan detil yang cukup sudah dapat dipastikan jam itu replika. Kemudian harus ada boks dan surat-surat yang menunjukan kalau jam itu asli. Pendeknya harus ada detil dari jam tangan itu. Hati-hati jam replika biasanya mirip dengan aslinya. Lebih baik kamu melihat sendiri barangnya. Kalau mau membeli online, sebaiknya masuk ke situs, The Watch Gallery, Mr Porter atau Watches of Switzerland.


Jam orisinil biasanya lebih berat

jam tangan
Karena materialnya berkualitas biasanya jam orisinil lebih berat. (Foto: Pixabay/A_Different_Perspective)


Perbedaan yang sangat terasa di tangan adalah berat. Untuk menghemat ongkos produksi, pembuat jam KW biasanya menggunakan bahan-bahan murah. Ini berpengaruh pada berat jam tangan itu sendiri. Jam replika atau KW biasanya terasa lebih ringan ketimbang jam aslinya. Yang tidak dapat ditiru oleh produsen jam KW adalah finishing yang biasanya dikerjakan secara manual, jadi terasa sangat halus jam tangannya. Sementara jam KW terasa sangat kasar pada pinggir-pinggirnya.

Perhatikan detilnya

jam tangan
Detil dan sempurna biasanya ada pada jam orisinil. (Foto: Pexels/Pixabay)


Jam tangan asli biasanya dalam pengerjaannya sangat detil dan sempurna. Tidak ada keselahan dalam pembuatan muka jam tangan. Perhatikan lebih detil dengan kaca pembesar, kalau ada detil yang meleset sedikit saja, maka sudah dipastikan jam itu KW. Gravir pada bagian belakang juga dapat menunjukan keaslian jam tangannya. Jam orisinil biasanya konsisten dan halus pada gravirnya. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH