Kesalahan Umum Pria Saat Pakai Jam Tangan Memakai jam tangan berarti kamu menghargai waktu. (Foto: Pixabay/PIRO4D)

IBARAT dompet, jam tangan pun tidak bisa lepas dari pria. Selain penunjuk waktu, jam tangan merupakan modal utama penunjang penampilan. Masalahnya, aksesori untuk tangan pria sangat terbatas, tidak seperti perempuan.

Jadi wajar kalau jam tangan kerap menjadi andalan penambah level keren kaum pria. Teramat sayang, tidak semua laki-laki mengenakannya dengan benar. Terdengar sepele, tetapi bisa bikin kamu tersipu malu.

Penasaran kan apa saja kesalahan pria saat memakai jam tangan? Berikut jawabannya.

1. Saltum

Kamu harus pintar memilih jam tangan. (Foto: Quora)

Istilah saltum alias salah kostum gak cuma berlaku untuk baju atau celana. Soal memakai jam tangan kamu pun bisa bikin saltum. Jam tangan tidak hanya terdiri dari satu model. Ditambah jam tangan juga dibuat menggunakan bahan bervariasi. Umumnya perbedaan terlihat dari tali jam tangan.

Sebagai contoh adalah tali berbahan karet, stainless steel, kanvas, kulit, lalu nylon, nato atau zulu. Lantas kapan saja waktu pemakaian tepat dari kelima bahan tersebut? Jam bertali karet sangat cocok untuk aktivitas luar ruangan dan olahraga. Sebab bahan ini menyerap keringat. Material kanvas lebih simpel. Cocok untuk acara kasual.

Bahan nato, zulu atau nylon juga pas digunakan pada acara kasual. Sementara material kulit dapat digunakan untuk dua acara, baik kasual maupun formal. Yang terakhir, stainless steel paling cocok digunakan untuk acara formal. Tapi untuk acara kasual juga tidak masalah, asalkan bukan acara luar ruangan. Supaya enggak salah kostum saat memakai jam tangan solusinya cuma satu. Perbanyak koleksi jam tangan kamu!

2. Terlalu longgar

Jangan pakai jam tangan terlalu longgar. (Foto: forum.replica-watch.info)

Memakai jam tangan juga harus pas di tangan kamu. Jangan terlalu longgar atau kencang. Jam tangan bukan gelang. Jadi harus pas dengan pergelangan tangan kamu. Caranya mudah kok mengetahui jam tangan kamu sudah pas di tangan atau belum.

Kamu bisa melihat apakah ada bekas jam tangan terjiplak di tangan kamu usai pemakaian. Jika ada bekas setelah seharian memakainya, tandanya kamu terlalu kencang. Sebaliknya kalau saat dipakai posisi kepala jam tangan kamu selalu bergeser tidak beraturan, artinya kamu memakainya terlalu longgar.

Jadi posisi kepala jam tangan kamu harus selalu berada tepat di atas pergelangan. Kemudian tidak ada bekas jiplakan jam tangan usai memakainya di tangan kamu. Biasanya jam tangan terlalu longgar karena lubang strap kurang. Kamu bisa membawanya ke toko jam tangan terdekat untuk menambahkannya.

3. Jam Gede

Sesuaikan ukuran kepala jam tangan dengan pergelangan tangan kamu. (Foto: christopherwardforum)

Bukan cuma berat badan yang harus proposional. Begitu pula dengan ukuran kepala jam tangan dengan pergelangan tangan kamu. Sesuaikan ukuran kepala jam dengan besarnya pergelangan tangan kamu. Kalau pergelangan tangan kamu kecil jangan pakai kepala jam tangan yang besar.

Sebaliknya, jika pergelangan kamu besar jangan pakai kepala jam tangan yang kecil. Bisa tidak enak dilihat nantinya. Mulai sekarang kalau kamu beli jam tangan kamu lihat-lihat dulu ya. Jangan cuma karena tertarik dengan modelnya saja.

4. Dikombinasikan dengan aksesori lain

Kalau mau dikombinasikan, cukup dengan satu atau dua gelang. (Foto: kinowear)

Meskipun aksesori tangan pria terbatas, tidak jarang yang menggunakan gelang di pergelangan tangan mereka. Sayangnya banyak yang mengenakan jam tangan bersama dengan gelang. Jadinya terlihat terlalu ramai. Meskipun sebenarnya sah-sah saja.

Tapi jangan dengan kuantitas gelang yang terlalu banyak. Jika memang ingin digunakan bersamaan satu gelang saja sudah cukup. Lebih baik lagi jika jam tangan dan gelang dikenakan di lengan yang berbeda.

Bagaimana Sahabat Merah Putih, pernah merasa salah memakai jam tangan? (Ikh)

Kalau sudah paham memakai jam tangan kamu juga bisa tampil kece di musim panas, baca nih artikelnya di sini Tetap Kece Saat Cuaca Panas, Warna Cerah Oke Banget!

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH