Kesehatan

Jangan Sampai Salah, Yoga Harus Dilakukan Tanpa Alas Kaki

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 13 Januari 2021
Jangan Sampai Salah, Yoga Harus Dilakukan Tanpa Alas Kaki
Ini alasan mengapa kamu harus bertelanjang kaki saat melakukan yoga. (Foto: Pexels/@Elly Fairytale)

MENYUKAI yoga atau sedang berpikir untuk mencobanya? Jangan ragu-ragu sebab olahraga satu ini punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Mengurangi stres, menghilangan perasaan cemas, hingga menjaga tubuh dari penyakit merupakan beberapa manfaat baik dari yoga.

Nilai tambahnya, yoga dikategorikan sebagai salah satu olahraga yang tingkat kesulitannya rendah sehingga cocok untukmu para pemula. Apalagi peralatan utama yang dibutuhkan hanyalah matras atau mungkin balok.

Baca juga:

Pilih Pilates atau Yoga? Keduanya Sama-Sama Menyehatkan

Bahkan kamu tidak memerlukan sepatu olahraga dalam menjalani Yoga. Justru cara paling tepat untuk melakukannya adalah dengan tidak mengenakan alas kaki sama sekali.

Jangan Sampai Salah, Yoga Harus Dilakukan Tanpa Alas Kaki
Sepatu akan membatasi gerakan kaki sehingga mengurangi keseimbangan untuk membentuk postur yang tepat. (Foto: Pexels/@Anna Shvets)

Walaupun tidak sesusah olahraga lain, yoga tetap memiliki tantangannya tersendiri. Latihan ini pada dasarnya adalah mengenai stabilitas dan keseimbangan.

Gerakannya tidak terlalu sulit tapi membutuhkan kemampuan keseimbangan yang baik. Salah satu cara untuk menjaga stabilitas adalah dengan bertumpu pada kaki.

Mengutip Stylecraze, yoga yang benar harus diimbangi dengan penempatan kaki yang baik. Artinya kedua kaki harus saling bertemu karena kamu tidak dapat mempertahankan postur yang benar tanpa penempatan kaki yang tepat. Selain itu, jika tidak berdiri dengan benar maka kemungkinan cedera akan lebih besar.

Baca juga:

3 Teknik Meditasi Sederhana untuk Meningkatkan Konsentrasi

Dengan mengenakan sepatu atau kaos kaki akan mempersulit kamu melakukan pose yang benar sekaligus mempertahankan postur baik. Soalnya sepatu menahan pergerakan kaki secara penuh yang menyebabkan kurangnya fleksibilitas, mobilitas, dan stabilitas.

Jangan Sampai Salah, Yoga Harus Dilakukan Tanpa Alas Kaki
Tanpa mengenakan sepatu, pose yoga yang dilakukan akan membantu memperkuat kaki. (Foto: Pexels/@Elly Fairytale)

Lebih lanjut, yoga tanpa alas kaki akan membantu memperkuat kaki karena meningkatkan gerakan lutut dan kakimu. Kemudian menghubungkan kaki ke lantai turut membantu pergerakan berbagai sendi, titik akupuntur, dan otot.

Selain masalah fisik, ada alasan lain mengapa yoga harus dilakukan tanpa alas kaki. Stylecaster menyebutkan bahwa yoga adalah mengenai kesatuan antara pikiran, tubuh, dan jiwa dengan bumi dan alam semesta. Secara alami, kamu akan lebih terhubung ke bumi saat bertelanjang kaki.

Dengan begitu, kamu dapat menyerap elektron bebas dari permukaan bumi. Radikal dalam tubuh bisa ditenangkan berkat elektron tersebut sehingga mempercepat detoksifikasi darah.

Hubungan yang dekat dengan bumi membantu kamu untuk lebih tenang dan berenergi. Oleh sebab itu, yoga lebih baik dilakukan bertelanjang kaki agar mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. (Sam)

Baca juga:

Kapan Waktu Terbaik untuk Meditasi?

#Kesehatan #Info Kesehatan #Olahraga #Yoga
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan