3 Teknik Meditasi Sederhana untuk Meningkatkan Konsentrasi Meditasi dan konsentrasi adalah dua jalan megah menuju kesempurnaan. (Pixabay)

HANYA perlu konsentrasi tinggi seseorang bisa meningkatkan produktivitas pekerjaan. Dengan rajin berlatih teknik meditasi sederhana, sesulit apa pun perkerjaan atau kehidupan sosial lain, terasa akan sangat mudah dilakukan.

Konsentrasi merupakan proses memfokuskan pikiran pada objek tunggal, baik di dalam atau di luar tubuh kamu, dan menjaga fokus selalu stabil untuk jangka waktu tertentu. Di saat pikiran sedang berkeliaran, maka sesungguhnya kamu sedang merasakan ketidakseimbang.

Baca juga: 5 Tempat Terbaik untuk Berlatih Yoga di India



Meditasi dan konsentrasi menjadi dua jalan penting menuju keseimbangan pikiran. Hanya konsentrasi sejati akan mengarah pada meditasi. Jika kamu memiliki pikiran stabil, maka melihat semua aspek kehidupan menjadi menyeluruh.

Kamu dapat berkonsentrasi pada aspek internal, seperti pernapasan, menghitung angka dalam pikiran, atau detak jantung. Kamu juga bisa berkonsentrasi pada aspek eksternal, seperti nyala lilin, titik di dinding, atau detak jam.

Baca juga: Terbukti secara Sains, Berikut Manfaat Yoga yang Dicari Banyak Orang

Konsentrasi akan sempurna bila dilakukan secara berkala. Dianjurkan untuk tidak langsung panik saat merasa pikiran kamu melayang. Bersihkan pikiran kamu dari gangguan ini dan mulai prosesnya lagi.

Fokus utama meditasi meningkatkan konsentrasi untuk menghilangkan semua gangguan, baik eksternal maupun internal. Mampu berkonsentrasi selama meditasi akan membuktikan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Langkah-langkah sederhana termasuk dalam prosedur ini, adalah:



1. Fokus Pada Pernapasan

Meditasi
Bebaskan dirimu dari pikiran. (Pixabay)

Temukan tempat nyaman, dan biarkan dirimu bebas dari semua pikiran. Sekarang, fokus saja pada pernapasan saat kamu menarik dan menghembuskan napas. Kamu bisa menghitung napas sampai tercapai keadaan tenang.


2. Tidak Bergerak

Meditasi
Cari posisi nyaman dan tenangkan pikiran. (Pixabay)

Akan sangat wajar jika kamu merasa tidak nyaman atau gelisah di awal, karena tidak terbiasa duduk diam untuk waktu lama. Tutup matamu, cari posisi nyaman dan tenangkan pikiran. Kamu akan mendapatkan tubuh kamu mengendur dan menjadi tenang.



3. Mantra

Meditasi
Kata OM paling populer.Pexels.Min An

Setelah kamu merasa nyaman, temukan mantra pilihanmu. Bisa berupa suku kata, kata, atau frasa apa pun yang akan membantu kamu fokus. Pilihan kata paling populer untuk meditasi adalah "Om". (lgi)

Baca juga: Rileks di Borobudur, Yuk Coba Yoga dari Dagi Abhinaya


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho