hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Jangan Sampai Keliru, Ketahui Perbedaan Jenis Batik Setiap jenis batik memiliki motif, cara pembuatan, dan harga yang berbeda-beda. (Foto: Pixabay/pisauikan)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

BATIK merupakan kain tradisional khas Indonesia yang memiliki ragam motif khas dari daerah asalnya. Selain itu, ada beberapa jenis batik yang perlu kamu tahu. Seperti batik tulis, batik cap, dan batik print. Ketiga jenis batik tersebut juga berbeda, mulai dari cara membuatnya, motif, hingga perbedaan harga yang cukup signifikan.

Ketika kamu membeli batik di pasar atau toko khusus, tak jarang ditemui penjual batik yang 'nakal' menawarkan kualitas barang dagang. Apalagi jika kamu tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang batik. Untuk itu, sebelum kamu membeli batik, ketahui terlebih dahulu perbedaan antara batik tulis, cap, dan print.

Baca juga:

Butuh Waktu Lama Untuk Menghasilkan Kain Batik

1. Batik Tulis

Jenis Batik Tulis
Batik tulis yang dibuat dengan teknik menulis menggunakan canting. (Foto: Pixabay/3422763)

Sesuai dengan namanya, batik ini dibuat dengan teknik menulis menggunakan canting atau dengan kata lain langsung dari tangan para pembatik. Karna proses pembuatannya yang rumit, tak heran jika batik tulis dijual dengan harga mahal.

Batik tulis dibuat dari malam atau lilin khusus membatik sehingga aromanya tidak menyengat. Warna dasar kain batik tulis juga lebih muda dibandingkan dengan warna pada goresan motifnya.

Tinta yang digunakan pun cenderung terlilhat tembus hingga bagian belakang kain. Ciri-ciri batik tulis lainnya adalah motifnya yang tidak berulang, kombinasi warna yang lebih banyak, dan warna dasarnya bisa gelap atau cerah.

Baca juga:

Bukan Mega Mendung, Ternyata ini Motif Batik Asli Cirebon

2. Batik Cap

Jenis Batik Cap
(Batik cap menggunakan cap yang terbuat dari plat besi. Foto: indonesiabatik)

Sama halnya dengan batik tulis, batik cap juga menggunakan malam atau lilin sehingga aromanya juga tidak menyengat. Perbedaan yang tampak dari batik cap adalah dari proses pembuatannya yang cenderung lebih sederhana dan berulang.

Batik jenis ini menggunakan cap yang terbuat dari plat besi dan sudah memiliki cetakan motif yang sama. Cetakan ini nantinya akan di stempel di atas kain. Dalam proses pembuatannya, batik cap lebih mudah dan cepat daripada pembuatan batik tulis.

3. Batik Print

Jenis Batik Print
Batik print dibuat dengan menggunakan bahan kimia tekstil sehingga menghasilkan aroma yang berebeda. (Foto: unsplash/ambar simpang)

Berbeda dengan batik tulis dan batik cap, batik print dibuat dengan menggunakan bahan kimia tekstil sehingga menghasilkan aroma yang berbeda. Banyak pengusaha yang memproduksi kain batik karena proses pembuatannya yang cepat dan mudah.

Tak heran jika batik print harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan batik tulis dan batik cap. Kamu akan menemukan warna yang lebih meriah, sebab pada batik print ditambahkan bahan kimia untuk menghasilkan warna yang diinginkan.

Motif pada jenis batik ini juga lebih rapi, simetris, dan sempurna. Dijamin akan tampak lebih rapi sekaligus tidak bercela. Karena dibuat dengan bahan kimia khusus tekstil, cat pada batik ini juga tidak akan tembus hingga ke bagian belakang kain. (And)

Baca juga:

Batik Tulis Indonesia Jadi Pusat Perhatian di Closing Fashion Show


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5