Jangan Menunda Perawatan Mulut dan Gigi Berkala ke Dokter Gigi Melakukan perawatan gigi secara rutin memiliki banyak manfaat. (pexels Cedric Fauntleroy)

KESEHATAN gigi salah satu hal paling sering disepelekan banyak orang. Padahal Perawatan gigi semestinya dilakukan secara berkala. Mengutip Alodokter, setidaknya pemeriksaan mulut dan gigi rutin dilakukan di dokter gigi setahun dua kali meski tidak ada gangguan pada gigi dan mulut.

Menjaga kesehatan gigi sebenarnya bukan hal susah. Kamu bisa melakukannya dalam kehidupan sehari-hari seperti dengan srajin menggososk gigi dengan pilihan sikat gigi tepat, melakukan flossing, mengurangi konsumsi minuman dan makanan manis, kurangi merokok dan juga periksakan diri ke dokter gigi secara teratur.

Baca Juga:

Ngapain Harus Ditunda, Ayo Workout Demi Tubuh Lebih Sehat di Tahun 2022

Namun, melakukan pemeriksaan ke dokter gigi tidak semua orang ingin melakukannya. Tentunya alasannya cukup beragam terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Gigi
Kadang perawatan gigi berkala sering disepelekan. (Unsplash-Mufid Majnun)

Di masa pandemi banyak orang menunda pergi ke dokter gigi meski sudah tak tahan cenat-cenut sampai pipi. Mereka enggan lantaran tak ingin terpapar COVID-19. Salah satu penyebaran virus corona melalui droplet dari hidung dan mulut, sehingga banyak orang takut karena rentan terjadi penularan.

Di masa pandemi akhirnya banyak dokter gigi menerima konsultasi secara online dahulu dan melihat apakah kondisi dialami pasien termasuk darurat atau tidak, jika kondisi dianggap darurat tentunya dokter akan memberikan arahan sesuai.

Baca Juga:

Mengapa Harus Nunda Punya Momongan?

Bersumber dari Baynews9, Dr. Ronark Parikh seoraang dokter gigi BayBreeze Dental di Wesley Chapel mengungkapkan selama pandemi banyak sekali orang menunda perawatan gigi selama satu tahun dan menyebabkan banyak masalah, seperti gigi patah dan kemudian mereka membutuhkan perawatan lebih dalam.

Gigi
Penundaan perawatan gigi berkala bisa berakibat buruk bagi gigi. (Unsplash-Mufid Majnun)

Sudah banyak juga penelitian mengaitkan antara penyakit jantung dan penyakit periodontal, kesehatan mulut tidak terpisah dengan bagian lainnya, sehingga memiliki hubungan erat. Dr.Parikh pun merekomendasikan untuk menyikat gigi dan flossing dua kali sehari dengan menggunakan obat kumur untuk mencapai tempat yang tidak dpat dijangkau oleh sikat gigi. Dan juga untuk melakukan kunjungan perawatan gigi dua kali sethun untuk pemeriksaan, rontgen dan pembersihan.

Selain karena pandemi, banyak juga orang menunda perawatan gigi karena tidak memiliki biaya cukup untuk ke dokter gigi. Terlebih di masa pandemi seperti ini banyak juga orang keuangannya terganggu karena berhenti bekerja. Mereka memilih menunda perawatan ke dokter gigi.

Selanjutnya tak mau ke dokter gigi karena ketakutan. Tentunya ketakutan jadi hal umum tetapi jika terus dibiarkan akan menjadi berbahaya. Gambaran umum tersebut sering terjadi saat ada kunjungan dokter gigi untuk pemeriksaan di sekolah. Tak sedikit siswa langsung pucat karena ketakutan.

Gigi
Lakukan pengecekan rutin mulut dan gigi. (Unsplash-Mufid Majnun)

Jika kamu tidak memberanikan diri, maka kamu tidak akan mengetahui bagaimana kondisi gigimu.

Di sisi lain rasa malas juga cukup mendominasi sebagian orang untuk berkunjung ke dokter gigi. Malas mengantre atau malas karena jarak tempatnya terlalu jauh sehingga mereka lebih mengabaikan kesehatan giginya.

Banyak juga menggangap perawatan gigi tidak terlalu penting dan juga tidak memilik efek besar jika tidak dilakukan perawatan secara rutin. Padahal jika kamu melakukan perawatan gigi secara rutin, kamu akan mendapat banyak manfaat, seperti gigi akan menjadi lebih sehat dan bersih sehingga kepercayaan diri meningkat, tidak akan sering mengalami sakit gigi, menurunkan risiko terjadinya penyakit kadiovaskular seperti stroke dan jantung koroner, menurunkan risiko terkena penyakit infeksi saluran pernapasan, seperti pneumonia. (Pid)

Baca Juga:

Jangan Kebanyakan 'Tarsok', Segera Lamar Pekerjaan di Tahun 2022

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
‘Eternals’ hingga ‘Encanto’ Segera Tayang Eksklusif di Bioskop
ShowBiz
‘Eternals’ hingga ‘Encanto’ Segera Tayang Eksklusif di Bioskop

Sebelum akhirnya pindah ke platform digital.

Rahasia Segar Seharian Saat Puasa
Fun
Rahasia Segar Seharian Saat Puasa

Puasa tetap segar dan aktif

Mungkinkah Astronout Berhubungan Seks di Ruang Angkasa?
Fun
Mungkinkah Astronout Berhubungan Seks di Ruang Angkasa?

Ketiadaan gravitasi membuat mereka menjalani hidup yang tidak biasa.

Selamat Tinggal Jerawat dan Bekasnya
Fun
Selamat Tinggal Jerawat dan Bekasnya

Merawat kulit agar tidak jerawatan amat mudah.

Dapat Cuan dari Koleksi Photocard K-Pop
Hiburan & Gaya Hidup
Dapat Cuan dari Koleksi Photocard K-Pop

Harganya ratusan ribu hingga jutaan rupiah per lembar.

Tanda 'Lampu Hijau' untuk Membawa Hubungan Asmara ke Tahap Lebih Serius
Fun
Tanda 'Lampu Hijau' untuk Membawa Hubungan Asmara ke Tahap Lebih Serius

Sinyal-sinyal 'lampu hijau' yang harus kamu sadari.

5 Cara Tampil Offline di Media Sosial Meskipun Online
Fun
5 Cara Tampil Offline di Media Sosial Meskipun Online

Bila tak mau diganggu lakukan ini.

Perubahan Sikap Mendadak, Tanda Mengalami Depresi
Fun
Perubahan Sikap Mendadak, Tanda Mengalami Depresi

Waspada saat sikap seseorang berubah mendadak.

Zealandia: Surga Burung Langka di Selandia Baru
Fun
Zealandia: Surga Burung Langka di Selandia Baru

Burung-burung langka masih hidup di Selandia Baru.

Cara Menonaktifkan Fitur Pelacak di Perangkat dengan Akun Google
Fun
Cara Menonaktifkan Fitur Pelacak di Perangkat dengan Akun Google

Untuk berbagai alasan, kamu bisa menonaktifkan fitur pelacak di perangkat dengan akun Google.