'Introvert' Mengungguli 'Ekstrovert' di Dunia Pekerjaan, Bisa! Introvert tak selamanya tertinggal dalam dunia pekerjaan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

SEBAGIAN besar dari kita akan berusaha untuk bersosialisasi sebanyak mungkin untuk meraih koneksi yang diharapkan bisa meningkatkan kesuksesan mereka dalam suatu karier. Meskipun begitu, tidak semua orang memiliki keinginan untuk keluar secara proaktif dan berbicara kepada orang baru, baik dalam bentuk tatap muka ataupun secara online.

Untungnya, semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa para introvert tetap bisa meraih kesuksesan dalam bidang pekerjaan dan bisnis. Ini bisa dibuktikan dari Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffett, dan Elon Musk yang mengakui bahwa mereka memulai bisnis mereka sebagai seorang introvert.

Baca Juga: Kerja Dulu Baru Kuliah? Kenapa Enggak

Dilansir dari inc.com, berikut merupakan cara-cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kualitas yang dimiliki para introvert untuk mencerahkan karir mereka.

1. Kuasai dan konsisten dalam keahlianmu

kerja
Hasil kerja baik menjadi modal promosi. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Karena kepribadian yang jarang berbicara, maka para introvert akan mampu memukau orang-orang dengan membuktikan kepandaian mereka lewat hasil pekerjaan mereka. "The more your work speaks for itself, the less self-promotion and marketing will be required." Kamu tidak membutuhkan promosi diri yang berlebihan di awal, karena kamu bisa membuktikan keahlianmu lewat hasil kerjamu.

2. Tidak takut untuk mengambil risiko yang telah diperhitungkan

kerja
Tidak perlu takut untuk mengambil keputusan. (Foto: Pexels/Bruce Mars)

Sebisa mungkin hindarilah pendekatan atau strategi yang familiar dan juga aman. Cobalah teknik dan pendekatan baru yang membuatmu keluar dari zona nyaman.

Cenderung suka melakukan penelitian, para introvert bisa memaksimalkan kemampuan mereka untuk bersiap-siap dan lakukan latihan dan juga riset lebih dalam untuk mengubah risiko yang besar menjadi kesuksesan dalam berbisnis.

Baca Juga: 7 Tips Berbusana Rapi untuk Laki-laki untuk Melakukan 'Interview' Kerja

3. Selalu menjadi yang terdepan dalam penerapan teknologi baru

kerja
Selalu jadi orang pertama yang tahu teknologi terbaru. (Foto: Pexels/mentatdgt)

Kemajuan teknologi semakin mempercepat perubahan dalam bidang bisnis, jadi jangan sampai keintrovertan dirimu dipersepsikan sebagai seseorang yang tidak mau mempelajari trik baru.

Coba gunakan teknologi baru dan gunakan kemajuannya untuk meraih posisi terdepan diantara semua kompetitor. Sebagai contoh, Elon Musk selalu menghasilkan karya yang kontroversial dalam pandangannya untuk berpergian secara pribadi ke Mars, serta perkembangan mobil listrik Tesla yang makin digemari banyak pihak. (shn)

Baca Juga: Perempuan Karier, Perhatikan 3 Hal Penting ini agar Hidup Kamu Seimbang



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH