Ini yang Terjadi pada Tubuhmu Setelah Meminum Soda Bahaya mengintai jika sering mengonsumsi minuman bersoda. (Foto: Pixabay/Lernestorod)

MINUMAN bersoda dingin memang segar bukan? Apalagi jika diminum saat kondisi cuaca panas yang terik atau hanya sekedar menemani saat nongkrong bersama temant-teman. Di samping rasanya yang nikmat, soda ternyata tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Kandungan kafein dan gula yang tinggi hanya akan membuatmu lega sementara dan akan haus kembali. Jika kamu adalah salah satu penggemar minuman bersoda, sebaiknya pikirkan kembali dampaknya bagi tubuh.

Saat ini, sudah banyak mereka minuman bersoda yang memiliki citra rasa yang khas. Penggemarnya pun dari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga lanjut usia sekalipun. Akan semakin nikmat jika minuman bersoda tersebut disajikan selagi dingin.

Baca juga:

5 Minuman Bersoda Tertua di Dunia, Sudah Pernah Coba?

Sudah menjadi hal umum kebiasan minum minuman bersoda akan berdampak buruk bagi kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, penyakit ginjal, dan lain sebagainya. Namun, tetap saja masyarakat mengonsumsinya.

Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Meminum Soda
Kandungan kafein dan gulanya yang tinggi berdampak bagi kesehatan tubuh. (Foto: Pixabay/Pexels)

Dilansir dari laman Reader’s, ketika seseorang mengonsumsi minuman bersoda, ada banyak hal yang terjadi dalam tubuh satu jam setelah mengonsumsinya. Ketika 10 sampai 15 menit pertama, usus akan mengalirkan gula ke darah dan dapat meningkatkan kadar glukosa. Hal ini terjadi dengan cepat sehingga beberapa organ dalam tubuh akan bekerja sangat keras agar gula dapat diproses.

Baca juga:

Bunda, ini Alasan Soda enggak Baik untuk Anak

Menurut Asisten Profesor kedokteran di University of Chicago Medicine, Meltem Zeytinoglu, jika seseorang mengonsumsi sebanyak 20 ons soda, maka ia akan mendapatkan beban karbohidrat dari seluruh makanan melalui cairan. “Kasus yang paling sering terjadi adalah soda dikonsumsi di samping makanan besar, sehingga karbohidrat tambahan perlu diproses. Gula pada soda akan diubah menjadi lemak di hati,” ujar Meltem.

Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Meminum Soda
Juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Harvard University pada 2012, seseorang yang meminum satu kaleng minuman bersoda lebih dari satu jam bisa saja meningkatkan risiko penyakit jantung secara drastis dan signifikan. Selain itu, sifat asam yang ada di minuman bersoda menyebabkan enamel gigi menjadi terkikis dan menimbulkan plak gigi.

Soda juga memiliki kandungan asam fosfat dan asam nitrat yang tinggi. Akibatnya, akan mengikis kalsium yang ada di tulang dan mengurangi penyerapan kalsium. Hal ini akan dirasakan ketika kita sudah tua nanti. Minum minuman bersoda boleh saja, asal dibatasi ya! (And)

Baca juga:

Saat Pepsi tak lagi Ada, Pilih Minuman Soda Lokal Aja



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH