5 Minuman Bersoda Tertua di Dunia, Sudah Pernah Coba?

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 03 Oktober 2019
5 Minuman Bersoda Tertua di Dunia, Sudah Pernah Coba?
Minuman bersoda ini sudah berusia lebih dari 100 tahun. (Foto: FoodBev Media)

SALAH satu minuman bersoda tertua di dunia adalah Pepsi. Minuman itu dibuat oleh seorang apoteker bernama Caleb Bradham di tahun 1898. Setelah meramu berbagai macam eksperimen akhirnya dia berhasil membuat Pepsi Cola yang dikenal saat ini.

Minuman bersoda itu masih ada sampai sekarang dan jadi sajian minuman di beberapa resto cepat saji. Dilansir dari laman Oldest, selain Pepsi, simak lima minuman bersoda tertua lainnya di dunia.


Baca Juga:

Minuman Terunik di Dunia, Salah Satunya Dicampurkan Jari Manusia


1. Schweppes

schweppes
Schweppes didirkan oleh Johann Jacob Schweppe pada 1783. (Foto: youtube Schweppes Variants)


Minuman bersoda Schweppes dibuat oleh Johann Jacob Schweppe pada 1783 di Jenewa, Swiss. Kemudian pada 1792 ia pindah ke London untuk mengembangkan bisnisnya. Johann Jacob merupakan orang pertama yang menjual dan memproduksi minuman berkarbonasi saat itu. Pada 1836, Schweppes menerima Surat Perintah Pengangkatan dari Raja William IV dari Inggris untuk mengembangkan minuman berkarbonasi. Selain itu, Schweppes juga menjual jahe dan air tonik yang pertama kali diperkenalkan pada 1870. Schweppes juga telah berganti-ganti kepemilikan hingga akhirnya jatuh ke tangan Dr Pepper Snapple Group.


2. Vernors Ginger Ale

vernors ginger ale
Vernors saat ini dimiliki oleh Dr. Pepper Snapple Group. (Foto: michiganchronicle)


Vernors adalah minuman jahe tertua yang bertahan di Amerika Serikat dan juga salah satu minuman bersoda tertua di dunia. Minuman ini pertama kali diciptakan oleh James Vernor, seorang apoteker Detroit pada 1860an. Disaat yang bersamaan, Vernor juga sedang mengerjakan tonik obat vanilla dan rempah-rempah dengan tambahan jahe untuk mengatasi sakit pada perutnya. Ketika ia dipanggil untuk berperang pada 1862, ia meninggalkan ramuan tersebut dalam sebuah tong kayu selama empat tahun. Setelah ia kembali, ramuan tersebut justru menghasilkan rasa yang lebih enak. Mulai saat itulah dibangun sebauh pabrik untuk memproduksi ginger ale secara massal. Vernors saat ini dimiliki oleh Dr. Pepper Snapple Group.


3. Hires Root Beer

hires root beer
Hirest Root Beer awalnya dibuat dalam olahan bubuk. (Foto: Philadelphia magazine)


Hires Root Beer dikenal sebagai root beer asli Amerika yang diciptakan oleh apoteker asal Philadelphia, Charles Hires, pada 1875. Hires baru mulai menjual root beernya pada 1876. Pada awal mulanya, minuman ini dibuat dalam olahan bubuk. Namun pada 1884, Hires mulai membuat ekstrak cair dan sirup untuk digunakan dalam soda. Pada 1890, perusahaan mulai menjual bir dalam botol dan mengklaim bahwa unit mereka sudah terjual sebanyak satu juta botol pada akhir tahun berikutnya. Hires Root Beer dimiliki oleh Dr Pepper Snapple Group dengan merek yang lebih populer yakni A&W Root Beer.

Baca Juga:

Mau Tahu Apa Minuman Ngetren Saat Ini? Yuk Intip Daftar Berikut


4. Fioravanti

fioravanti
Fioravanti tersedia dalam rasa stroberi dan apel. (Foto: deviantart)

Fioravanti merupakan minuman bersoda yang diperkenalkan pada 1878 di Ekuador oleh imigran Italia, Juan F. Fioravanti. Citra rasa asli Fioravanti adalah storberi. Namun dalam perkembangannya, apel juga ditambahkan sebagai varian rasa lain. Pada 1901, pabrik aslinya sempat terbakar namun Fioravanti membangun kembali dan tetap memproduksi minuman bersoda rasa buahnya. Perusahaan ini juga sempat beberapa kali berganti kepemilikan, dan sekarang Fioravanti dimiliki oleh Coca-Cola dan diproduksi di Ekuador dan Spanyol.

5. Moxie

moxie
Moxie dibuat oleh seorang dokter. (Foto: WNBF)

Menurut beberapa sumber, perusahaan minuman bersoda ini berdiri pertama kali pada 1885. Berbeda dengan merk minuman bersoda lainnya yang ditemukan oleh seorang apoteker, Moxie dibuat oleh Augustin Thompson seorang dokter yang ingin membuat ramuan obat. Obat yang ia buat tidak menggunakan bahan berbahaya seperti kokain dan alkohol. Thompson akhirnya menghadirkan Moxie Nerve Food pada 1885 dengan bahan dasar rahasianya yakni akar gentian. Beberapa tahun kemudian barulah ditambahkan air soda ke minuman ini dan mengubah namanya menjadi Beverage Moxie Nerve Food. (And)


Baca Juga:

5 Makanan dan Minuman Sehari-hari yang Menjadi Penyebab Jerawat

#Air Soda #Minuman Bersoda
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan