Kesehatan
Ini Rahasia Cegah Diabetes dalam 7 Hari Belajar membaca label makanan. (Foto: 123RF/ Ion Chiosea)

HANYA satu perubahan sehari dapat membantu kamu mengurangi atau menghilangkan gula dalam makanan dan minuman sehari-hari? Dalam tujuh hari, risiko terkena diabetes pun berkurang. Kedengaran terlalu mudah? Seven-day sugar challenge ini diambil dari buku Sugar Shock oleh Carol Prager dan Samantha Cassetty, M.S., R.D.

Hari 1: Singkirkan Camilan Manis

Singkirkan permen yang mudah didapat di dapur atau laci meja, kue kering, energy bar, muffin, cokelat. Dengan langkah ini, kamu sudah memangkas banyak kalori yang tidak perlu. Aturan praktis menurut American Heart Association (AHA) yang baik adalah mengonsumsi 25 gram (atau 6 sendok teh gula) per hari jika kamu perempuan; 36 gram (atau 9 sendok teh) jika kamu laki-laki.

Baca Juga:

Pentingnya Peran Keluarga Bagi Penderita Diabetes

Hari 2: Berpikir Sebelum Makan

Kenali kapan biasanya kamu menggunakan gula atau pemanis buatan. Perhatikan dorongan yang muncul lalu tahan. Berhati-hatilah dengan apa yang disebut sebagai pemanis "alami" seperti agave atau madu. Tubuh menanganinya dengan cara yang sama seperti gula lain. Dengan demikian kamu harus selektif dan memilih makanan yang tepat.

Misalnya, ketika makan oatmeal ganti taburan gula merah di atasnya dengan potongan 1/4 pisang, jangan semua. Selain itu, minum kopi jangan dengan pemanis apa pun tapi dengan kayu manis.

Menghilangkan gula tambahan mungkin membuat indra perasamu merindukan rasa manis. Perbaiki indera pengecap agar lebih sensitif dengan rasa manis, misalnya dengan mengganti gula dengan ekstrak vanili, yang mengingatkan kita pada es krim dan kue, pada teh, yogurt, oatmeal, selai kacang, atau smoothie.

Hari 3: Stop Minuman Manis

Kamu tahu minuman soda mengandung gula tinggi. Begitu pula minuman kopi rasa vanila. Namun, gula dalam minuman lain mungkin tidak begitu jelas, seperti air kelapa (beberapa merek menambahkan gula), es teh botolan, infused water, dan bahkan minuman dengan pemanis buatan.

Kebanyakan orang tidak bisa begitu saja menghentikan kebiasaan konsumsi minuman manis dalam kemasan, mereka perlu menggantinya. Untuk membantumu tetap berpegang pada komitmen untuk tidak mengonsumsi minuman manis, pastikan untuk menghindari pemicu gula sejak awal.

Jika es teh manis yang diminum mengandung kafein, alihkan ke kopi tanpa pemanis atau cokelat hitam. Jika nongkrong untuk menikmati latte sore hari pemicunya kebosanan, buat segalanya tidak terlalu suram, hubungi teman untuk mengobrol.

Buah utuh lebih sehat dari camilan manis. (Foto: 123RF/serezniy)

Hari 4: Belajar Membaca Label Makanan

Belajar dan biasakan membaca label bahan makanan. Beberapa yogurt rasa buah, sereal, dan oatmeal siap saji mengandung hampir enam sendok teh gula tambahan per porsi, yang merupakan jumlah maksimum gula tambahan yang direkomendasikan AHA untuk perempuan per hari.

Baca Juga:

Bolehkah Penderita Diabetes Mendonorkan Darah

Padahal, nutrisinya jauh lebih banyak jika kamu bisa memilih produk makanan yang tanpa gula tambahan. Rasa manisnya bisa kamu tambahkan dari buah. Perhatikan, dressing, saus pasta, kerupuk, saus tomat, dan sup juga merupakan sumber umum gula tersembunyi.

Hari 5: Ganti Sumber Karbohidrat

Tepung putih, nasi putih, dan roti putih menjadi pilihan sumber karbohidrat paling umum yang pada dasarnya hanya gula dalam bentuk karbohidrat sederhana. Bisa jadi kamu tidak suka manis. Tapi kalau terus terusan makan nasi putih yang jauh lebih banyak dari protein dan serat, serta berbagai gorengan dengan tepung kriuk yang banyak, itu sama saja dengan memakan sepotong kue manis. Kamu bisa tetap makan karbo, tapi pilihlah yang terbuat dari gandum utuh atau beras merah.

Pilih plain yogurt, tambahkan potongan buah. (Foto: 123RF/Andrii Kucher)

Hari 6: Stop Konsumsi Alkohol

Anggur merah mungkin memiliki fitokimia dan manfaat kesehatan, tetapi kenyataannya adalah ketika kita minum alkohol, itu berubah menjadi gula dalam tubuh.

Jika kamu memutuskan untuk minum, pilih bir ringan sekitar 500 gram, segelas kecil anggur, atau satu gelas vodka, gin, rum, Scotch, bourbon tanpa campuran. Kebanyakan campuran alkohol telah menambahkan gula atau berbahan dasar jus buah, hindari itu.

Hari 7: Rayakan dengan Buah

Mulai hari ini, kamu telah menyetel ulang selera indera pengecap untuk mengurangi rasa manis. Luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan bagaimana irisan pisang biasa dengan sereal atau apel saat makan siang sekarang terasa lebih manis.

Terus nikmati buah untuk camilan atau tambahkan ke hidangan utama dan salad kapan pun kamu mau. Buah utuh juga mengandung serat, vitamin, dan air yang membuatmu merasa kenyang. (aru)

Baca Juga:

Penderita Diabetes Boleh Makan Mi Instan, Tapi…

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Serial Netflix 'Emily in Paris' Berlanjut di Musim Kedua
ShowBiz
Serial Netflix 'Emily in Paris' Berlanjut di Musim Kedua

Meski sudah diumumkan,Netflix belum menyebut kapan musim kedua dari Emily in Paris akan dirilis.

Koleksi Busana Lebaran Ala Ria Miranda
Fashion
Koleksi Busana Lebaran Ala Ria Miranda

Ria Miranda menghadirkan koleksi terbaru melalui pergelaran fesyen "Raya Stream Fest" yang disiarkan di laman YouTube.

Beberapa Tur Virtual Museum-Museum Terkenal Untuk Menemani Kamu #DiRumahAja
Fun
Beberapa Tur Virtual Museum-Museum Terkenal Untuk Menemani Kamu #DiRumahAja

Beberapa museum menghibur masyarakat secara virtual.

FST Unair Kembangkan Sensor Pendeteksi Kandungan Kreatinin
Fun
FST Unair Kembangkan Sensor Pendeteksi Kandungan Kreatinin

Sensor ini digunakan untuk mendeteksi kandungan kreatinin pada darah sebagai indikator gagal ginjal.

Karena Sering Dicat, Ini Perawatan Rambut Artis Korea Agar Tidak Rusak
ShowBiz
Kenali Gejala Stockholm Syndrome
Fun
Kenali Gejala Stockholm Syndrome

Berawal dari peristiwa penyanderaan yang terjadi pada 1973.

Single Terbaru Rhoma Irama Virus Corona Mengandung Makna yang Mendalam
ShowBiz
Single Terbaru Rhoma Irama Virus Corona Mengandung Makna yang Mendalam

Jika bang haji bikin lagu, artinya situasi darurat satu

PAX West 2020 Batal Akibat Pandemi COVID-19, Diganti dengan Event Online
Fun
PAX West 2020 Batal Akibat Pandemi COVID-19, Diganti dengan Event Online

Dapat disaksikan secara online dan tidak kalah seru.

Tinggalkan Kebiasaan Ini, karena Bisa Meningkatkan Risiko Diabetes
Fun
Tinggalkan Kebiasaan Ini, karena Bisa Meningkatkan Risiko Diabetes

Ternyata kebiasaan-kebiasaan ini menjadi penyebabkan meningkatnya risiko diabetes terhadap seseorang.

3 Film Stop-Motion Artistik dengan Alegori yang Ngena Banget
ShowBiz
3 Film Stop-Motion Artistik dengan Alegori yang Ngena Banget

Mengajarkan makna kehidupan lewat teknik stop-motion yang ciamik.