Bolehkan Penderita Diabetes Mendonorkan Darah Penderita diabetes dilarang dekat (Foto: Pixabay/Antonio_Corigliano)

MENDONORKAN darah adalah salah satu cara untuk membantu orang lain. Dengan menyumbangkan darah yang kita miliki, kita bisa menyelamatkan nyawa hingga tiga orang. Namun pertanyaan pun muncul, apakah seorang penderita diabetes tetap boleh menyumbangkan darahnya.

Dilansir dari Boldsky, meski ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, penderita diabetes tipe 1 ataupun tipe 2 tetap boleh menyumbangkan darah. Sebelumnya, pendonor yang mengalami diabetes harus menjaga kadar gula darah dengan mengikuti diet sehat dan berolahraga setiap hari.

Baca juga:

5 Alasan Penting Mengapa Kamu Harus Kurangi Makan Mi Instan

Penderita diabetes boleh mendonorkan darahnya (Foto: Pixabay/Antonio_Corigliano)
Penderita diabetes boleh mendonorkan darahnya (Foto: Pixabay/Antonio_Corigliano)

Penting untuk memastikan bahwa kamu berada dalam kesehatan yang baik sebelum mendonorkan darah. Selain itu cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk memahami apakah obat-obatan yang kamu konsumsi akan mempengaruhi darahmu. Ketika kamu mengonsumsi asupan insulin, dipastikan kamu tidak diizinkan untuk mendonorkan darah.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya penderita diabetes dengan masalah jantung tidak bisa menyumbangkan darahnya. Jika semua syarat terpenuhi, penderita diabetes aman untuk mendonorkan darahnya.

Baca juga:

Hal-Hal Kecil yang Bikin Gampang Terkena Flu

Penderita diabetes punya syarat yang harus dilakukan sebelum mendonorkan darahnya (Foto: Pixabay/Antonio_Corigliano)
Penderita diabetes punya syarat yang harus dilakukan sebelum mendonorkan darahnya (Foto: Pixabay/Antonio_Corigliano)

Setelah donor, antau kadar gula darah kamu dan makan makanan yang kaya zat besi selama 24 minggu. Jika lenganmu sakit minum acetaminophen. Untuk menghindari memar, tetap perban setidaknya selama empat jam. Kamu juga harus menghindari segala jenis aktivitas berat selama 24 jam setelah donasi. Tingkatkan asupan cairan setelah mendonorkan darah.

Kesimpulannya, jika diabetesmu terkendali, itu seharusnya tidak menghentikan kamu dari mendonorkan darah. Kamu dapat menyumbangkan darah setiap 56 hari atau menyumbangkan trombosit setiap 7 hari. Pastikan saja kamu melakukan diet sehat dan berolahraga setiap hari.

Baca juga:

Membuat Pasangan Nyaman Ketika Menstruasi


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH