Ini Mitos Salah Kaprah Tentang Susu Ada mitos yang salah tentang susu (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

SUSU mengandung nutrisi kompleks yang paling lengkap. Salah satunya ialah kalsium. Zat kalsium ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang maupun gigi. Bahkan, susu bisa menjadi nutrisi pelangkap bagi tumbuh kembang anak. Demikian kata Ahli Gizi Dr. Haekal Anshari.

Menurut Haikal, segala umur masih perlu mengonsumsi segelas susu setiap harinya demi menjaga kesehatan tubuh. Baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua sekalipun. "Susu masih dibutuhkan anak-anak sampai lansia," ujarnya di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (19/8).

Baca juga:

Kebiasaan yang Ternyata Melanggengkan Sifat Egosentris

Minum susu enggak bikin gemuk (Foto: MP/Ikhsan Digdo)
Minum susu enggak bikin gemuk (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Sayangnya, kata Haekal banyak orang yang berhenti mengonsumsi susu. Meskipun manfaatnya sangat menyehatkan untuk tubuh. Alasannya pun salah kaprah yakni beranggapan minum susu itu bikin gemuk. Padahal, itu hanyalah mitos belaka. Sama sekali tidak ada kaitannya susu dapat menyebabkan berat badan seseorang berlebihan.

Jika kamu rutin minum susu tapi tubuh menjadi gemuk, yang salah ada pada pola makan harian. Kemungkinannya porsi makan kamu yang tidak sesuai sehingga membuat tubuh 'membengkak'. "Penyebab gemuk ya makan berlebihan," tegas dokter yang berpraktek di wilayah Jakarta Selatan itu.

Baca juga:

Segudang Manfaat Teh Dandelion untuk Kesehatan

Dr Haikal (kiri) (Foto: MP/Ikhsan Digdo)
Dr Haikal (kiri) (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Justru kata Haekal, susu bisa membuat tubuhmu ideal. Sebab, susu dapat menurunkan berat badan. Alasannya, minuman berwarna putih ini memiliki kandungan protein yang membuat perut kenyang. Sehingga, kamu tidak akan banyak mengonsumsi makanan lain setelah meminum segelas susu. Hal itu juga sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian.

Ditambah lagi, susu mengandung sedikit kalori. Dengan begitu, jika kamu rutin mengonsumsi segelas susu setiap harinya, itu sama sekali tidak mempengaruhi kenaikan berat badan kamu. "Satu gelas susu itu mengandung 146 kalori, sama dengan 10 persen asupan kalori harian," tukasnya.

Yuk sahabat Merah Putih, rutin minum susu setiap hari ya mulai sekarang! (ikh)

Baca juga:

Ternyata Cium Aroma Lemon Bikin Tubuh Lebih Langsing


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH