Ingin Kualitas Sperma Baik? Ini Caranya Makan makanan sehat untuk memperbaiki kualitas sperma (Foto: Pixabay/TBIT)

KUALITAS sperma memang sangat dibutuhkan terutama bagi pasangan muda yang ingin memiliki momongan. Dengan kualitas sperma yang bagus, kemungkinan akan hamil menjadi lebih besar, dan tentunya semakin membuat kamu dan pasangan berbahagia karena akan memiliki momongan.

Lalu bagaimana caranya meningkatkan kualitas sperma? Dilansir dari Antaranews.com, Sabtu (14/3) tidak asal mengonsumsi makanan adalah salah satunya. Cobalah untuk berhenti menyantap makanan seperti burger keju dan kentang goreng. Karena berdasarkan studi, makanan tersebut mampu menurunkan kualitas sperma.

Memiliki anak adalah dambaan pasangan muda (Foto: Pixabay/pixel2013)
Memiliki anak adalah dambaan pasangan muda (Foto: Pixabay/pixel2013)



Dalam studi tersebut, pria-pria yang lebih sering menyantap diet Batar seperti pizza, kentang goreng, permen, soda, daging merah dan daging olahan biasanya punya sperma yang lebih sedikit, sekitar 26 juta. Bukan hanya itu, mereka yang mengonsumsi makanan tak sehat punya level hormon reproduktif lebih rendah.

Sementara pria yang tak mengonsumsi makanan tersebut memiliki jumlah sperma yang bagus. Kaum Adam yang mengonsumsi makanan sehat seperti ikan, ayam, sayur, buah dan air biasanya punya 43 juta sperma. Jumlah sperma normal umumnya di antara 15 juta hingga 200 juta sperma setiap satu mililiter semen.

Baca juga:

5 Hidangan Mewah Salmon yang Lezat dan Menyehatkan

Sperma sehat bisa didapat dari makanan sehat (Foto: Shutterstock)
Sperma sehat bisa didapat dari makanan sehat (Foto: Shutterstock)



"Sperma Anda adalah apa yang Anda makan," kata Dr. Feiby Nassan dari Harvard T. H. Chan School of Public Health di Boston seperti dikutip dari Reuters.

Disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3 seperti makanan laut, unggas, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.

"Hasil riset kami menunjukkan kemungkinan menggunakan intervensi diet sebagai pendekatan untuk meningkatkan kualitas sperma pria usia reproduksi," ucap Nassan. (Yni)

Baca juga:

Nutrisi Penting Ikan Salmon Bagi Ketahanan Tubuh


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH