Nutrisi Penting Ikan Salmon Bagi Ketahanan Tubuh Jenis ikan berlemak kaya nutrisi. (Pexels.Marsh Williams)

MENJAGA ketahanan tubuh di tengah kondisi mewabahnya virus corona menjadi perhatian penting banyak pihak. Selain beragam herbal, ternyata ikan Salmon kaya akan nutrisi dan gizi berfungsi penting bagi tubuh.

Ikan berlemak sarat nutrisi ini dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit dan dipercaya dapat meningkatkan kerja otak.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Saat Kamu Rajin Mengonsumsi Salmon



Melansir laman Healthline, berikut beberapa manfaat kesehatan mengonsumsi salmon.


1. Kaya Asam Lemak Omega-3

Salmon
Lemak omega-3 sangat dibutuhkan. (Unsplash.Caroline Attwood)

Salmon jadi salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3. Tidak seperti kebanyakan lemak lainnya, lemak omega-3 dianggap penting karena mampu melawan penyakit autoimun, meningkatkan kesehatan mata, dan nutrisi terbaik untuk otak.

Dengan mengonsumsi setidaknya dua porsi salmon per minggu dapat membantu memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 bagi tubuh.



2. Sumber Protein

Salmon
Kaya protein kualitas tinggi. (Unsplash.David B Townsend)

Salmon kaya akan protein berkualitas tinggi. Seperti lemak omega-3, protein adalah nutrisi penting bagi tubuh.

Protein memainkan sejumlah peran penting dalam tubuh, termasuk membantu tubuh pulih setelah cedera, melindungi kesehatan tulang, dan menjaga massa otot selama proses penurunan berat badan, serta mencegah penuaan dini.

Penelitian terbaru telah menemukan setiap makanan harus menyediakan setidaknya 20-30 gram protein berkualitas tinggi, dan satu porsi salmon 3,5 ons mengandung 22–25 gram protein.

Baca juga: Cobain Sarapan Salmon ala Jepang ini Deh, Simpel Banget!



3. Vitamin B Tinggi

Salmon
Menjaga fungsi optimal otak dan sistem saraf. (Unsplash.Colin Czerwinski)

Salmon merupakan sumber vitamin B sangat baik. Vitamin-vitamin ini melibatkan proses penting dalam tubuh, termasuk mengubah makanan menjadi energi, memperbaiki DNA, dan mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Penelitian telah menunjukkan semua vitamin B bekerja bersama untuk menjaga fungsi optimal otak dan sistem saraf. Meski begitu, bahkan orang di negara maju mungkin kekurangan satu atau lebih vitamin ini.



4. Dapat Melindungi Kesehatan Otak

Salmon
Mengurangi kecemasan dan gejala depresi. (Unsplash.Giovanna Gomes)

Mengonsumsi salmon ternyata bermanfaat untuk mengurangi gejala depresi, melindungi kesehatan otak, mengurangi kecemasan, dan memperlambat pengurangan memori atau faktor demensia.

Orang berusia 65 tahun sebaiknya mengonsumsi ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu untuk mencegah 13 persen masalah memori.

Dalam studi lain, orang dengan fungsi otak normal yang mengonsumsi ikan berlemak secara teratur ditemukan memiliki lebih banyak materi abu-abu di otak mereka. Para peneliti mencatat bahwa ini dapat mengurangi risiko masalah memori di kemudian hari. (lgi)


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH