Indonesia Termasuk Negara Paling Dermawan di Dunia

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 16 Juni 2021
Indonesia Termasuk Negara Paling Dermawan di Dunia
Laporan WGI 2021 menyatakan Indonesia negara dermawan. (Foto: Unsplash/Nick Agus Arya)

INDONESIA kembali dikukuhkan sebagai negara paling dermawan di dunia versi World Giving Index (WGI) 2021. Laporan WGI yang dirilis Senin (14/6) oleh Charity Aid Foundation (CAF) menempatkan Indonesia di peringkat pertama dengan skor dari 69 persen. Angka ini naik dari skor 59 persen di indeks tahunan terakhir yang diterbitkan pada 2018. Pada saat itu, Indonesia juga menempati peringkat pertama dalam WGI.

WGI adalah laporan tahunan yang diterbitkan oleh Charities Aid Foundation (CAF), menggunakan data yang dikumpulkan oleh Gallup, dan memeringkat lebih dari 140 negara di dunia berdasarkan seberapa dermawan mereka dalam menyumbang.

Baca juga:

Duduki Rangking Satu Destinasi Halal Dunia, Indonesia Berbagi dengan Malaysia

Pada laporan WGI 2021 Indonesia menempati dua peringkat teratas dari tiga kategori atau indikator yang menjadi ukuran WGI, yakni menyumbang pada orang asing/tidak dikenal, menyumbang uang dan kegiatan kerelawanan/volunteer.

Banyak warga Indonesia yang suka berbagi. (Foto: Unsplash/Katt Yukawa)

Hasil penelitian CAF menunjukkan lebih dari delapan dari sepuluh orang Indonesia menyumbangkan uang pada tahun ini. Sementara tingkat kerelawanan di Indonesia tiga kali lipat lebih besar dari rata-rata tingkat kerelawanan dunia.

Direktur Filantropi Inonesia, Hamid Abidin, menyambut baik prestasi yang ditorehkan oleh sektor filantropi Indonesia ini. Menurutnya, pandemi dan krisis ekonomi nampaknya tak menghalangi masyarakat Indonesia untuk berbagi. Pandemi dan krisis justru meningkatkan semangat solidaritas masyarakat untuk membantu sesama.

Baca juga:

Indonesia Raja 2021 Resmi Diluncurkan untuk Distribusi Nasional

“Masyarakat yang terkena dampak tetap berdonasi uang meski nilai sumbangan lebih kecil, atau berdonasi dalam bentuk lain, seperti barang dan tenaga (relawan). Terbukti di beberapa Lembaga sosial dan filantropi jumlah donasi tetap naik, meski peningkatannya tidak setinggi pada saat normal," papar Hamid dalam berita pers yang diterima merahputih.com.

Peringkat Inggris turun sebagai negara dermawan. (Foto: Unsplash/A perry)

Laporan WGI 2021 menunjukkan Indonesia berhasil mempertahankan posisinya di peringkat pertama di tengah pandemi dibandingkan negara-negara lain yang posisinya jatuh dalam WGI. Hal ini karena penerapan kebijakan penguncian dan pembatasan wilayah.

Sebagian besar negara Barat yang biasanya menempati 10 Besar WGI merosot peringkatnya kemungkinan karena efek pandemi. Misalnya, Amerika Serikat jatuh ke posisi 19 dunia, setelah sebelumnya secara konsisten ditempatkan di 'Top 5'. Sementara Irlandia, Inggris dan Singapura merosot dari peringkat lima dan enam ke peringkat 26 dan 22. (ikh)

Baca juga:

Kolaborasi HDI dan Benih Baik untuk Pendidikan Anak Panti Asuhan

#Warga Indonesia #Dunia #Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan