Indonesia Raja 2021 Resmi Diluncurkan untuk Distribusi Nasional

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 16 April 2021
Indonesia Raja 2021 Resmi Diluncurkan untuk Distribusi Nasional
Memasuki edisi tahun ketujuh. (Foto: Istimewa)

SESUAI dengan yang direncanakan, jaringan kerja film pendek Indonesia Raja 2021 memasuki fase distribusinya. Mulai 16 April 2021, seluruh rangkaian program ini secara resmi dikembalikan kepada masyarakat untuk mengisi berbagai acara pemutaran. Program-program film pendek ini bisa dipinjam secara resmi untuk berbagai pemutaran komunitas, kampus, bahkan juga ditawarkan untuk mengisi acara-acara festival film nasional.

Indonesia Raja adalah program pembentukan jaringan kerja, salah satu dari berbagai diinisiasi yang dilakukan Minikino. Pada 2021, Indonesia Raja memasuki usia edisi tahun ketujuh.

“Indonesia Raja sejak awal tidak dirancang sebagai sebuah kompetisi. Namun memasuki tahun yang ketujuh, jaringan kerja yang terbentuk semakin menguat. Hal ini disusul dengan semakin besarnya jumlah film pendek yang didaftarkan,” kata Edo Wulia selaku penanggung jawa koordinator dari Minikino.

Baca juga:

Rekomendasi Film Pendek yang Wajib Ditonton

Indonesia Raja 2021 Resmi Diluncurkan untuk Distribusi Nasional
Para tim Indonesia Raja 2021. (Foto: Istimewa)

Indonesia Raja bertujuan memicu terbentuknya kolaborasi jaringan kerja film pendek dalam bentuk pertukaran program film pendek. Aktivitas yang dilakukan meliputi pembekalan pengetahuan dasar programming dan kegiatan programming film pendek.

Kemudian dilanjutkan dengan pendistribusian untuk kegiatan pemutaran, merangsang diskusi bersama para pembuat film dan programmer, mengaktifkan jaringan tempat pemutaran film pendek di berbagai wilayah di Indonesia.

Khusus tahun ini, Indonesia Raja 2021 menerbitkan enam program wilayah, masing-masing dari Aceh, Bali, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Padangpanjang. Masing-masing program berisi lima sampai enam film pendek, dengan durasi total rata-rata sekitar satu jam tayang.

Ada beberapa film pendek beserta sutradaranya yang terpilih tahun ini, seperti MOMO (Qiu Mattane Lao), POE RUMOH (Fadhiul Umami), ELIN (Andri Saputra), HANA GATA (Arief Rachman Missuari), dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Film Pendek Bertema Imlek ini Dibuat Hanya Menggunakan iPhone 12 Pro Max

Indonesia Raja 2021 Resmi Diluncurkan untuk Distribusi Nasional
Screening film di Lombok. (Foto: Istimewa)

Para penyelenggara pemutaran film dan festival film pendek nasional yang tertarik, saat ini sudah bisa mengajukan pinjaman program ini. Prosedur ini bertujuan melindungi hak cipta dan hak tayang yang masih berada di tangan masing-masing pemilik film, baik sutradara, produser maupun programmer yang ikut bertanggung jawab. Program siap pakai ini akan tetap tersedia sepanjang tahun 2021.

Total jumlah film pendek yang terpilih ke dalam Indonesia Raja 2021 adalah 30 judul dan akan terbagi masuk ke dalam enam program berdasarkan wilayah programming-nya. Jumlah ini terpilih dari total 166 film pendek yang didaftarkan. (and)

Baca juga:

Memaknai Pulang lewat Film Pendek 'Rumah'

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan