Indonesia Coffee Events 2020 Resmi Dibuka ICE 2020 resmi dibuka (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

VICTORIA Br Simanungkalit, Deputi II bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah berdiri di tengah panggung utama ICE. Dia memegang kettle, menuang air melingkar membasahi paper filter, air lalu menyentuh bubuk kopi, dan menetes perlahan hingga menjadi kopi siap minum.

Pembuatan kopi dengan cara V60 itu menjadi penanda pembukaan Indonesia Coffee Event (ICE) 2020. ICE merupakan ajang tahunan kompetesi peracik kopi paling bergengsi di Indonesia.

Dalam sambutannya, Victoria menyampaikan pesan dari Menteri Koperasi dan UKM nan berhalangan hadir karena harus memenuhi rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, tentang semakin bergairahnya industri kopi dalam negeri karena terjadi peningkatan pesat di tahun lalu dan mengalami tren peningkatan lagi di tahun ini.

ICE 2020 Dihelat selama empat hari (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

"Sejak tahun 2020 bisnis kopi diperkirakan meningkat seiring dengan tingginya konsumsi kopi sekitar 224.000 ribu ton pada tahun 2019 dan diperkirakan akan naik menjadi 370.000 ton pada tahun ini, dan merupakan hal baik bagi perkembangan kopi di indonesia," kata Victoria pada pembukaan ICE 2020.

Melihat perkembangan industri kopi cukup pesat, Victoria juga menyampaikan ICE 2020 menjadi salah satu acara potensial bagi industri kopi.

"ICE 2020 tak hanya kompetisi tingkat nasional tapi juga banyak usaha dan pengusaha berpotensi menjalin kemitraan, selain itu acara ini juga sangat baik untuk meningkatkan kreatifitas dan untuk industri kopi yang lebih maju," tambah Victoria.

Pada kesempatan serupa, Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), Syafrudin menambahkan kehadiran ICE tak hanya menjadi ajang kompetisi tapi juga edukasi mengenai kopi.

"Saya harap ICE bisa menjadi menjadi sarana edukasi bagi para pecinta dan penikmat kopi, serta berdampak positif pada seluruh pelaku bisnis, barista, dan orang-orang berkecimpung di dunia kopi dan tentunya industri kopi," kata Syafrudin.

Para Barista siap berkompetisi! (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Pada gelaran tahun ini, acara nan diselenggarakan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), dilangsungkan di dua tempat terpisah, Jakarta dan Bali, menampilkan lima kategori kompetisi.

Baca juga:

Puluhan Peserta IBC dan IBRC Siap Bertanding di ICE 2020

Di Jakarta, hari ini digelar Indonesia Barista Championship (IBC) dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC). Kedua event tersebut akan berlangsung selama empat hari, dari mulai 12-15 Februari 2020 di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta.

Sementara itu, Indonesia Latte Art Championship (ILAC), Indonesia Cup Taster Championship (ICTC) dan Indonesia Coffee in Good Spirits Championship (ICiGSC) akan berlangsung pada tanggal 16-18 April 2020 di event Food, Hotel and Tourism (FHT), Nusa Dua, Denpasar, Bali.

Berbeda dari gelaran tahun sebelumnya, untuk memaksimalkan waktu, kompetisi berlangsung dalam satu babak Nasional. Tanpa adanya babak regional (eliminasi), karena langsung disatukan dengan event nasional tersebut. Para pemenang pun nantinya akan melanjutkan kompetisi di tingkat dunia.

Pemenang dari tiap kompetisi ICE 2020 akan mewakili Indonesia dalam kejuaraan dunia di bawah naungan organisasi World Coffee Events (WCE). Tahun ini, WCE akan diselenggarakan di Melbourne, Australia pada bulan Mei (WBC dan WBrC) dan Warsawa, Polandia pada bulan Juni (WLAC dan WCTC) .

Kompetsi IBC menyediakan slot 50 peserta, IBrC 50 peserta, ILAC 36 peserta, ICTC 48 peserta, dan ICiGSC 12 peserta.

Khusus untuk kompetisi ICiGSC pemenang tidak akan dikirimkan ke kompetisi tingkat dunia. Tetapi tetap ada hadiah menarik untuk pemenang ICiGSC yang masih dirahasiakan. (ryn)

Baca juga:

Harus Nonton! Saksikan Live Streaming Keseruan Kompetisi Barista dan Brewers Cup di ICE 2020 di merahputih.com

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH