Ikan Koi, Perlu Ruang Khusus Ikan Koi sangat ramah dan jinak. (Foto: Pexels/Pixabay)

MEMILIKI ikan di akuarium atau kolam kecil memang bermanfaat. Selain untuk menghias rumah, kamu juga bisa meredakan stres dari menonton tingkah lakunya berenang kesana kemari. Merawat ikan dalam akuarium bisa dikatakan gampang-gampang susah apalagi jika kamu membeli ikan tersebut impor dari negara yang suhunya jauh berbeda dengan tempat tinggalmu. Kamu perlu menyiapkan ukuran tempat tinggalnya, hiasan bermain ikan, pakan, serta vitamin yang rutin diteteskan ke dalam akuarium atau kolam ikan. Melansir dari justfunfacts.com, ikan Koi pada umumnya dipelihara di kolam kecil pekarangan rumah.

Ikan Koi sejak dulu hingga kini tetap populer di kalangan para pecinta ikan. Apalagi warnanya yang merona bisa menyegarkan suasana lingkungan. Selain itu sikapnya yang ramah juga tidak membahayakan baik kelompok ikan itu sendiri ataupun anak kecil yang iseng memasukan tangannya ke akuarium atau kolam ikan di rumahmu.


Baca Juga: Tips Traveling Bersama Hewan Peliharaan

1. Jinak

koi
Ikan koi dianggap jinak. (Foto: Pixabay/Stux)


Ikan Koi merupakan salah satu ikan yang jinak dan ramah dengan manusia. mereka tidak akan menggigit atau menyerangmu secara tiba-tiba seperti kebanyakan ikan pada umumnya. Mereka akan tetap tenang berenang ketika tanganmu menyentuh tubuhnya.

2. Usia Panjang

koi
Ikan koi bisa mencapai usia 60 tahun. (Foto: Pixabay/jggrz)


Usianya relatif panjang hingga 60 tahun lamanya. Itu lah sebabnya ikan ini biasa disebut sebagai sahabat hidup seseorang. Keberadaannya juga tidak mengganggu ataupun menyita waktumu karena kamu tidak perlu mengajaknya main.


Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Kucing Adalah Hewan Peliharaan Terbaik Untukmu


3. Pembawa Keberuntungan

koi
Sering dijadikan obyek lukisan karena dianggap membawa keberuntungan. (Foto: Pixabay/InspiredImages)


Di Jepang, ikan ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Itu lah mengapa ikan ini sering dijadikan lukisan atau gambar di beberapa benda seperti dompet koin atau kipas tangan. Banyak orang yang berlomba-lomba memelihara ikan ini dengan jumlah banyak bahkan sampai dikembang biakan.


4. Ukuran Tergantung Lingkungan

koi
Ukuran ikan koi bergantung pada lingkungan hidupnya. (Foto: Pixabay/Free-Photos)


Ukurannya bermacam-macam, ada yang kecil ada juga yang sampai besar sekali. Ukuran ikan Koi tergantung pada lingkungan tempatnya berkembang. Ada beberapa lingkungan yang kondisi airnya memang memenuhi nutrisi ikan ada juga yang kurang. Kesehatan ikan Koi juga bermula dari sini.


5. Menghasilkan Jutaan Bibit Sekali Bertelur

koi
Menghasilkan jutaan bibit sekali bertelur, bagus untuk bisnis. (Foto: Pixabay/Mariamichelle)


Dalam sekali bertelur ikan Koi bisa menghasilkan bibit hingga jutaan ekor. Itu lah sebabnya bisnis ikan koi sangat menguntungkan karena dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan sekali bertelur menghasilkan banyak bibit. Orang-orang berlomba-lomba untuk memiliki ikan Koi. (mar)

Baca Juga: Selamatkan Jutaan Hewan Telantar Melalui Aplikasi Ini


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH