Tips Traveling Bersama Hewan Peliharaan Traveling bersama hewan peliharaan (Sumber: Pixabay/Pexels)

Liburan adalah hal yang sangat menyenangkan. Jadi sangat pantas kalau kamu mengajak sosok terdekat untuk melakukan traveling bersama, termasuk hewan peliharaanmu.

Membawa hewan peliharaan saat liburan memang membutuhkan perencanaan yang lebih. Namun, jika semuanya sudah terlaksana, liburan bersama hewan peliharaan akan memberikan petualangan mengagumkan.

Nah, dilansir dari Michelson Found Animal, berikut ini 6 hal sebelum berangkat traveling bersama hewan kesayanganmu.

1. Periksa ke dokter

Periksa ke dokter (Sumber: Pixabay/Free-Photos)
Periksa ke dokter (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

Sebelum kamu melakukan perjalanan bersamanya, terlebih dahulu cek kesehatan si hewan. Kamu mungkin membutuhkan vaksin tambahan atau sertifikat kesehatan untuk berpergian. Hal ini berguna untuk mencegah penyebaran virus melalui hewan. Oh iya, anjing atau kucing yang memiliki riwayat kesehatan buruk sangat disarankan untuk tidak diajak.

2. Kemas makanan dan air yang cukup

Bawa makanan mereka (Sumber: Pixabay/eminen)
Bawa makanan mereka (Sumber: Pixabay/eminen)

Saat melakukan perjalanan, mungkin kamu akan sulit menemukan toko hewan. Atau kalaupun ada tak menjual makanan yang tepat untuk hewan peliharaanmu. Jadi pastikan kamu membawa cukup banyak makanan selama perjalanan. Jangan lupa bawa air dengan kemasan isi ulang.

3. Latih hewan peliharaanmu

Latih mereka (Sumber: Pixabay/Free-Photos)
Latih mereka (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

Banyak hewan peliharaan merasa nyaman mengelilingi kota dengan mobilmu. Sayangnya hal itu sangat berbeda ketika melakukan perjalanan jauh. Cara terbaik adalah dengan melakukan beberapa latihan lari. Bawa anjing atau kucing kamu dalam perjalanan yang lebih lama dari biasanya. Bagaimana mereka berperilaku akan memberi tahu kamu bagaimana mereka akan bereaksi terhadap perjalanan nyata ke luar kota.

4. Gunakan penahan atau kandang

Gunakan kandang atau pengaman lain (Sumber: Pixabay/StockSnap)
Gunakan kandang atau pengaman lain (Sumber: Pixabay/StockSnap)

Alat ini sangat berguna untuk keselamatan hewan yang kamu bawa. Untuk kucing, bisa dimasukan ke dalam carrier dan meletakannya di kursi atau lantai. Sementara untuk anjing bisa menggunakan tali penahan.

5. Beristirahat dan bermain

Berhentilah setiap 2-3 jam guna memberi hewan peliharaan kamu kesempatan meregangkan, berjalan dan buang air. Bawa bola dan mainan favorit mereka dan luangkan beberapa menit untuk bermain bersamanya. Cari tahu juga apakah ada taman sepanjang perjalanan wisatamu.

6. Pelajari aturannya

Pelajari aturannya (Sumber: Ppixabay/Nietjuh)
Pelajari aturannya (Sumber: Pixabay/Nietjuh)

Ada peraturan dan biaya yang terkait terbang bersama hewan peliharaan. Beberapa maskapai penerbangan membolehkanmu membawa hewan peliharaan ke kabin, namun banyak juga yang melarangnya. Selain itu, tidak semua maskapai memiliki rekam jejak sama untuk mengangkut hewan peliharaan dengan aman.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH