[Hoaks atau Fakta]: Petugas Yang Kawal Sidang Rizieq Terbaring Sakit

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 30 Maret 2021
[Hoaks atau Fakta]: Petugas Yang Kawal Sidang Rizieq Terbaring Sakit
Rizieq Shihab. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Beredar video yang diunggah kanal Youtube TITIK TUMPU menampikan seorang yang tengah terbaring di kasur rumah sakit. Sakit yang dialami karena diduga menganiaya dan menyeret Rizieq saat persidangan kasus karantina kesehatan.

NARASI

“BERITA TERKINI!!! – DIBAYAR KONTAN | PETUGAS YANG MENGANIAYA DAN MENYERET HRS LANGSUNG SAKIT PARAH”.

Baca Juga:

Pimpinan Komisi III Tegaskan Tak Ada Alasan Lagi untuk Sidang Online Kasus Rizieq

FAKTA

Pria berbaju hijau di video itu aslinya seorang petugas Pemilu 2019 yang dirawat di rumah sakit lantaran kelelahan. Selain itu, klaim bahwa petugas yang mengawal Rizieq di persidangan menyeret dan menganiaya Rizieq tidak terbukti.

Dilansir dari AFP, pencarian gambar terbaik di Google dengan bantuan beberapa potongan video dari InVID-WeVerify menemukan bahwa video lelaki yang terbaring di rumah sakit itu diambil dari video berita iNews tanggal 26 April 2019 dengan judul “KPU Catat 225 Anggota KPPS Meninggal dan 1.470 Dirawat Akibat Kelelahan Pemilu”.

Bagian yang menunjukkan pria berbaring di ranjang RS itu dapat dilihat di menit 1:44 dari video.

Video itu mewartakan jka pria tersebut bernama Soegeng Afriadi. Soegeng adalah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Medan, Sumatera Utara, yang dirawat di rumah sakit karena kelelahan bekerja saat Pemilu 2019.

Tangkapan layar hoaks. (Foto: Mafindo)
Tangkapan layar hoaks. (Foto: Mafindo)

Sementara itu, foto tangan HRS yang terkilir dan lebam, sebelum foto ini sudah pernah diperiksa faktanya di artikel berjudul “HRS Jelas Didzolimi, Tangan Dipelintir Oleh Petugas Hingga Lebam” yang tayang di situs turnbackhoax.id pada 24 Maret 2021.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, petugas yang terbaring di rumah sakit karena menyeret terdakwa Rizieq Shihab dalam persidangan masuk dalam kategori false connection atau koneksi yang salah. (Asp)

Hasil penelusuran, klaim adanya video petugas yang mengawal Rizieq di persidangan pada tanggal 19 Maret 2021 langsung sakit parah merupakan klaim yang salah. (Knu)

Baca Juga:

Bawa Senjata Tajam ke PN Jaktim, Ini Pengakuan Sopir Pengacara Rizieq Shihab

##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks #Sidang Rizieq #Rizieq Shihab
Bagikan
Bagikan