[HOAKS Atau FAKTA]: Anies Dinobatkan Jadi Gubernur Terbaik di Dunia Ilustrasi Info Hoaks. (Foto: Mafindo).

MerahPutih.com - Beredar postingan dari akun Facebook Ambar Yunianto memposting foto berisikan narasi dengan klaim bahwa Anies Baswedan, dinobatkan menjadi gubernur terbaik dunia. Postingan ini telah disebarkan kembali sekitar 60 kali dan disukai sebanyak 440 kali.

“DR. Anies Rasyid Baswedan dinobarkan menjadi Gubernur terbaik dunia.
Rakyat Indonesia patut bangga masih ada figure pemimpin terbaik di Indonesia”

FAKTA

Setelah Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) melakukan penelusuran foto tersebut mengarah ke sebuah postingan dari akun Twitter ACI Medellin.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Subsidi Gaji Bagi 15 Juta Pekerja Terancam Batal

Ternyata foto tersebut diambil pada acara The 2019 World Cities Summit and Mayors Forum (WCSMF) yang diadakan di Medellin, Kolombia pada 10-12 Juli 2019, pada acara tersebut Anies Baswedan turut hadir sebagai tamu undangan bersama sejumlah wali kota dari beberapa negara.

Menurut artikel periksa fakta factcheck.afp.com, selain Anies Baswedian sebagai salah satu dari pembicara dari forum tersebut juga hadir beberapa wali kota daerah seperti Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni.

Gubernur Anies Baswedan
Gubernur Anies Baswedan (Foto: Pemprov Jakarta).

Pada acara tersebut juga disebutkan bahwa ada sekitar 54 walikota dan pemimpin daerah yang diundang ke Medellin. Tidak ada proses penobatan Anies Baswedan sebagai gubernur terbaik dunia.

KESIMPULAN

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik dunia tidak benar dan termasuk dalam Konten yang Salah/False Context. (Knu).

Baca Juga:

Serangkaian Perintah Anies Hadapi Banjir Jakarta



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH