[HOAKS atau FAKTA]: 6 Jenderal Ditangkap karena Jadi Beking Panji Gumilang

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 07 Juli 2023
[HOAKS atau FAKTA]: 6 Jenderal Ditangkap karena Jadi Beking Panji Gumilang
Tangkapan layar soal hoaks 6 jenderal ditangkap karena jadi beking Panji Gumilang. (Foto: Kominfo.go.id)

MerahPutih.com - Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa enam jenderal ditangkap oleh kepolisian karena menjadi “beking” (pelindung) pemimpin Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Panji Gumilang.

Dalam thumbnail video, termuat foto yang berisikan beberapa polisi sedang melakukan konferensi pers bersama enam orang yang mengenakan baju tahanan berwarna oranye.

Baca Juga:

Jokowi Tepis Moeldoko Bekingi Ponpes Al Zaytun

FAKTA:

Faktanya, klaim yang menyebutkan bahwa enam jenderal ditangkap oleh kepolisian karena menjadi "beking" Panji Gumilang adalah tidak benar.

Diketahui bahwa foto yang termuat dalam thumbnail video tersebut identik dengan foto yang diunggah oleh antarafoto.com pada 13 Desember 2022 lalu.

Sementara itu, narasi yang dibacakan pun merupakan artikel milik poskota.co.id terkait pendapat aktivis pembela Islam Eggi Sudjana soal dugaan penyimpangan agama yang menjerat Ponpes Al Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Baca Juga:

Jokowi Perintahkan Kapolri Tindak Tegas Kejahatan TPPO, Tidak Ada Beking-beking

KESIMPULAN:

Informasi yang menyebut ada enam jenderal ditangkap arena jadi beking Panji Gumilang dipastikan hoaks. Tak ada informasi resmi yang menyatakan ada penangkapan dalam kasus ini. (Knu)

Baca Juga:

Gibran Sebut Beking Tambang Ilegal di Klaten Ngeri

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan