Sains
Hiu Putih Besar Menjadi Alasan Punahnya Hiu Megalodon Ilustrasi hiu megalodon. (Mary Parrish, Smithsonian, National Museum of Natural History)

ILMUWAN masih meneliti kepunahaan dari hewan laut raksasa, hiu megalodon. Ada teori yang mengatakan bahwa kepunahan massal jutaan tahun lalu disebabkan karena radiasi dari supernova terdekat dari Bumi. Sebenarnya tidak hanya sang hiu megalodon yang punah juga hewan lain seperti anjing laut purba, walrus, lumba-lumba dan paus.

Tetapi, penelitian terbaru memberi kita fakta-fakta baru. Mengutip CNN, studi yang di pimpin oleh ahli paleontologi vertebrata Robert Boessenecker, mengevaluasi ulang catatan yang ada dan menemukan pola yang berbeda.

Baca Juga:

Ilmuwan Temukan Hewan Pertama di Dunia yang Tidak Bernapas

ikan
Ada masa dimana hiu raksasa menjadi penguasa lautan. (Foto: Twitter@weird_sci)

"Kami menggunakan kumpulan data global yang sama seperti para peneliti sebelumnya. Kami memeriksa secara menyeluruh setiap fosil dan menemukan bahwa sebagian besar memiliki beberapa masalah," kata Boessenecker dalam sebuah pernyataan.

Mereka menemukan bahwa ada fosil dengan masa yang terlalu muda atau tidak tepat, fosil yang salah diidentifikasi, atau dari periode yang lebih lama yang telah disempurnakan oleh peningkatan dalam geologi.

Seperti perkiraan kapan punahnya hiu megalodon juga bermasalah. Sebelumnya, diperkirakan bahwa raksasa ini punah sekitar 2,6 juta tahun yang lalu. Ternyata, mereka punah satu juta tahun lebih awal yaitu 3,6 juta tahun yang tentunya mengubah banyak hal yang sudah kita ketahui.

Fakta bahwa hiu megalodon punah sekitar 3,6 juta tahun yang lalu berarti mereka sebenarnya tidak punah karena kepunahan massal. Live Science menulis bahwa penelitian terbaru mengatakan bahwa bisa jadi, hiu besar itu dikalahkan oleh predator yang lebih kecil dan lebih cerdas.

Garis waktu saat hiu megalodon punah adalah waktu bangkitnya hiu putih besar. Hiu putih besar tiba di lautan sekitar 4 juta tahun yang lalu. Hanya 400 ribu tahun sebelum revisi masa kematian megalodon, tulis Live Science.

Baca Juga:

Ilmuwan Temukan Sperma Berusia 100 Juta Tahun

ikan
Hiu putih besar bisa menjadi alasan punahnya hiu megalodon. (Foto: Unsplash/geerald)

"Kami mengusulkan bahwa tumpang tindih singkat ini adalah waktu yang cukup bagi hiu putih besar untuk menyebar ke seluruh dunia. Kemudian mengalahkan hiu megalodon di seluruh jangkauannya, mendorongnya menuju kepunahan," jelas Boessenecker dalam sebuah pernyataan.

Terkesan tidak masuk akal, karena walaupun hiu putih besar saat ini dikenal sebagai predator yang menakutkan, ukuran megalodon diketahui mencapai tiga kali lebih besar dari hiu putih besar terbesar yang pernah tercatat.

Menurut laman Forbes, ketika populasi megalodon menjadi terfragmentasi, para predator besar harus berjuang untuk mencari makanan. Tidak hanya melawan satu sama lain tetapi juga hiu putih besar yang baru muncul namun lebih kecil.

Meskipun lebih kecil, hiu putih besar sama ganasnya dengan hiu lainnya. Ukurannya yang kecil serta kelincahannya bisa membuat mereka unggul. Kedua hewan tersebut memakan mangsa yang serupa, yang berarti megalodon tidak memiliki peluang melawan pesaing barunya.

Melansir CNN, Emma Bernard, kurator fosil ikan di Natural History Museum di London, mengatakan bahwa studi ini merupakan langkah maju yang besar dalam meningkatkan pemahaman kita tentang kepunahan salah satu hiu terbesar yang pernah berenang di lautan. Ditambah lagi peneliti baru menggunakan data yang berkualitas dan memastikan akurasi dan detail catatan mengenai fosil.

"Penyebab kepunahan ini masih diperdebatkan dengan hangat, tetapi konsensus yang luas adalah bahwa persaingan dengan predator puncak besar lainnya seperti paus pembunuh dan hiu putih besar bisa menjadi faktor penting," kata Bernard kepada CNN. (lev)

Baca Juga:

Buaya Purba Berjalan dengan Dua Kaki

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pendiri Vans, Paul van Doren Meninggal Dunia
Fun
Pendiri Vans, Paul van Doren Meninggal Dunia

Paul van Doren menghembuskan napas terakhir di usia 90 tahun.

Harbolnas 12.12 Bikin Bujet Natal Jadi Lebih Irit
Hiburan & Gaya Hidup
Harbolnas 12.12 Bikin Bujet Natal Jadi Lebih Irit

Rayakan Natal enggak mesti mahal.

Jelang Film Spider-Man Terbaru, Intip Kedekatan Zendaya dan Tom Holland
ShowBiz
Kementerian Kominfo Haruskan PSE Mendaftar, ini Alasannya
Hiburan & Gaya Hidup
Kementerian Kominfo Haruskan PSE Mendaftar, ini Alasannya

Penyelenggara sistem elektronik (PSE) atau penyedia aplikasi dan media sosial di Indonesia harus mendaftar ke Kominfo

Empat Venue PON Diserahkan ke Provinsi Papua pada Februari 2021
Fun
Empat Venue PON Diserahkan ke Provinsi Papua pada Februari 2021

PON XX Papua 2021 digelar pada 2 Oktober 2021 mendatang.

Tips Berlibur Lebaran Aman di Masa Pandemi COVID-19
Fun
Tips Berlibur Lebaran Aman di Masa Pandemi COVID-19

Sebelum berlibur lebaran di saat Pandemi, kenali dulu beberapa tips agar liburan aman

Segera, Album Debut Solo Lisa 'BLACKPINK'
ShowBiz
Segera, Album Debut Solo Lisa 'BLACKPINK'

Album itu akan dirilis 10 September.

Idola KW Gemparkan Tongkrongan Fan K-Pop
Hiburan & Gaya Hidup
Idola KW Gemparkan Tongkrongan Fan K-Pop

Di negeri aing, tak ada idola yang asli, yang KW pun jadi lah.

Pentingnya Peregangan Saat Mengetik Dalam Waktu Lama
Fun
Pentingnya Peregangan Saat Mengetik Dalam Waktu Lama

Mengetik dalam waktu lama dapat membuat jari tangan nyeri.

Air Co, Vodka Murni Berbahan Karbon
Hiburan & Gaya Hidup
Air Co, Vodka Murni Berbahan Karbon

Produksinya sebenarnya menghilangkan karbon dioksida dari udara.