Hiu Paus Memiliki Ribuan Gigi Kecil Sekitar Matanya Penemuan ini berkat keinginan tahu peneliti untuk mempelajari hiu paus lebih dalam. (Foto: pexels/Derek Keats)

DIKENAL sebagai raksasa lemah lembut, hewan ini memiliki fitur tubuh yang menyeramkan. Sebuah penelitian menemukan ribuan gigi kecil ada di sekitar mata hewan ini.

Melansir laman Smithsonian Magazine dan Science Alert yang merangkum hasil penelitian, hiu paus, spesies hiu lainnya, dan pari memiliki dentikel kulit (dermal denticles) yang menutupi tubuh mereka dan berfungsi seperti sisik.

Baca juga:

Ikan Terbesar di Dunia Berjenis Kelamin Betina

Meskipun disebut sebagai sisik, sisiknya secara struktural sangat mirip dengan gigi, bahkan memiliki sebuah bagian dalam dari inti pulpa, lapisan tengah jaringan dentin atau tulang, dan lapisan seperti enamel yang keras di atasnya.

Hiu paus tidak memiliki kelopak mata dan matanya menonjol keluar di kedua sisi kepalanya. (Foto: Tomita et al., PLOS One, 2020)

Potongan kecil berbentuk V itu mengurangi hambatan dan turbulensi saat hiu meluncur di air yang membantunya berenang lebih cepat. Mereka juga dapat memberikan perlindungan terhadap hiu lain yang mungkin menggigitnya. Tetapi, menemukan dentikel di bola mata lumayan mengejutkan peneliti.

Tim peneliti yang dipimpin oleh ahli biologi kelautan Taketeru Tomita dari Pusat Penelitian Yayasan Churashima Okinawa Jepang, mempelajari mata dari hiu hidup dan mati yang terdampar di pantai.

Dentikel mata hiu paus. (Tomita et al., PLOS One, 2020)

Melihat melalui mikroskop, para peneliti menemukan bahwa setiap penutup mata hiu paus memiliki lebih dari 3.000 dentikel yang berkerumun di sekitar iris. Mereka juga menggambarkan bentuk dentikel seperti bentuk daun oak. Beberapa di antaranya bahkan menyerupai geraham manusia.

Baca juga:

Siripnya Sepanjang Manusia, Ini Ukuran Hiu Megalodon Sebenarnya

Lalu apa fungsi dentikel ini di mata para hiu paus? Menurut para peneliti, gigi-gigi tersebut tidak digunakan untuk mengunyah apapun, tetapi memberikan lapisan perlindungan ekstra. Mata hiu paus tidak memiliki kelopak mata dan menonjol keluar di kedua sisi kepalanya, yang membuatnya rentan terhadap paparan berbentuk pukulan dan benturan dengan kehidupan laut lainnya.

Bentuk-bentuk dentikel mata hiu paus. (Tomita et al., PLOS One, 2020)

"Penutupan permukaan mata dengan denticles pada hiu paus mungkin berguna dalam mengurangi risiko kerusakan mekanis pada permukaan mata," tulis peneliti dalam studi.

Penemuan ini lebih tidak disangka lagi karena para ilmuwan lama berasumsi bahwa hiu paus tidak terlalu perlu untuk menggunakan indra penglihatan mereka. Mata mereka sangat kecil jika dibandingkan dengan ukuran badannya, dan mereka tidak memiliki banyak otak tengah, bagian otak yang memproses penglihatan.

"Namun, ciri-ciri mata hiu paus yang sangat terlindungi menunjukkan pentingnya penglihatan pada spesies ini," tutup tim peneliti. (lev)

Baca juga:

Hiu Putih Besar Menjadi Alasan Punahnya Hiu Megalodon


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH