Hindari Kebiasaan Ini saat Menyisir Rambut Penggunaan sisir dan cara menyisir yang tepat untuk menhindari kerusakan rambut. (Foto: Lupus Rebel)

MERAWAT rambut tentunya perlu perhatian khusus, terutama bagi kamu yang sering mengalami kerontokan rambut. Terlebih lagi ketika rambut kamu mulai kusut, pasti akan semakin sulit untuk menyisirnya.

Kamu harus memerhatikan bagaimana cara menyisir rambut dengan benar untuk menhindari adanya rambut rusak dan bercabang.

Hindari Kebiasaan Ini saat Menyisir Rambut
(F1) Detangling Brush atau sisir anti rambut kusut. (Foto: Fantastic Hair & Beauty)

Bukan hanya menentukan sisir apa yang cocok untuk mengatasi rambut yang kusut, tetapi cara menyisir juga menjadi faktor penting. Mungkin selama ini kamu sudah terbiasa dengan menyisir dari pangkal ke ujung rambut.

Baca juga:

Mau Rambut Tebal, Lebat dan Hitam, Yuk Intip Tipsnya!

Ternyata metode menyisir dari akar rambut apalagi secara kasar membuat rambut semakin rusak dan bercabang. Kamu bisa mengganti dengan menggunakan detangling brush atau sisir anti rambut kusut. Kemudian ubah menyisir rambut kamu dari ujung rambut ke arah atas atau akar rambut.

Hindari Kebiasaan Ini saat Menyisir Rambut
Menentukan sisir yang tepat untuk jenis rambut kamu. (Foto: East Coast Radio)

Dilansir dari Mirror.co.uk, ada beberapa hal yang harus kamu hindari ketika menyisir rambut. Pertama, jangan menyisir rambut kamu sehabis keramas atau ketika rambut masih dalam keadaan basah. Karena hal ini akan memicu kerusakan rambut.

Selain itu, jangan menyisir rambut kusutmu terlalu kasar, melainkan secara lembut. Kemudian hindari penggunaan satu sisir untuk semua jenis rambut.

Baca juga:

Mewarnai Rambut Sebabkan Vitiligo, Benarkah?

Pisahkan jenis sisir sesuai dengan kegunaanya, seperti untuk mengeringkan rambut, menguraikan rambut yang kusut, atau menyisir rambut yang basah.

Hindari penggunaan sisir rambut yang sudah usang, jangan berbagi sisir rambut dengan orang lain, dan hindari sisisr yang tidak memiliki gigi yang lentur atau fleksibel.

Hindari Kebiasaan Ini saat Menyisir Rambut
Ada hal-hal yang harus dihindari ketika menyisir rambut. (Foto: Shoutable)

Kebanyakan orang masih menggunakan satu jenis sisir untuk rambut mereka tanpa memerhatikan fungsi dan jenis rambut yang sesuai.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tangle Teezer (salah satu merek sisir rambut) masih banyak perempuan yang tidak mengetahui apakah sisir yang mereka gunakan itu sudah tepat sesuai dengan jenis rambutnya.

Selain itu, untuk menghindari kerusakan rambut, kamu perlu menggunakan masker rambut secara rutin dan heat protection spray atau hair oil. Hal ini penting agar rambutmu tidak mudah bercabang, apalagi untuk rambut yang sering dicatok. (ren)

Baca juga:

Paduan Ekstrak Avokad dan Buah Lain untuk Masker Rambut Kering



Ananda Dimas Prasetya