Paduan Ekstrak Avokad dan Buah Lain untuk Masker Rambut Kering Avokad yang dicampur dengan bahan alami lainnya ke dalam proses pembuatan masker rambut (Foto: Unsplash/Joshua Coleman)

RAGAM manfaat buah avokad (banyak orang menyebutnya alpukat) bagi kesehatan kulit. Terlebih untuk kesehatan kulit kepala. Selain mengandung antioksidan, bahan-bahan alami ini mampu menutrisi akar hingga batang rambut. Untuk hasil maksimal kamu harus mengambil ekstrak dan sarinya. Ekstrak inilah yang dijadikan bahan utama dalam pembuatan masker rambut.

Tak hanya ekstrak buah yang baik untuk menyehatkan rambut kering. Berikut ini beberapa bahan alami lainnya yang telah merahputih.com rangkum berdasarkan rekomendasi laman healthline.

Baca Juga:

Beberapa Sampo Alami yang Mudah Dibuat di Rumah

1. Avokad dan lidah buaya

avokat
Vitamin, antioksidan, dan mineral pada lidah buaya bisa merangsang pertumbuhan rambut (Foto: Pinterest/mari jasmine)


Kondisi rambut yang mengering biasanya diakibatkan paparan sinar matahari. Dampaknya, membuat rambut rentan rontok dan terlihat kusam. Lidah buaya mengandung antioksidan, glukosa, mineral, natrium, folat dan vitamin A, B12, C, E seperti yang dilansir dari alodokter. Kandungan ini bisa melembapkan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut.

Untuk membuat masker rambut berbahan avokat bisa mencampurkan dengan gel lidah buaya. Tambahkan sedikit minyak kelapa. Diamkan selama 30 hingga 60 menit.


2. Avokat dan oatmeal

avokat
Perpaduan alpukat dengan oatmeal bisa melembapkan dan menutrisi rambut (Foto: deptuoi30)


Campuran oatmeal bisa menebalkan, memanjangkan, menenangkan, melembapkan dan menutrisi rambut seperti yang dikabarkan laman naturally curly. Ini karena oatmeal mengandung vitamin B. Sangat cocok bagi pemilik rambut kering dan gatal akibat ketombe. Oatmeal ternyata tak hanya baik untuk kebutuhan sarapan saja ya?


3. Avokad dan pisang

avokat
Campurkan avokad dan pisang untuk mengurangi ketombe pada rambut kering (Foto: just a pinch)


Tak berbeda dari sebelumnya, ekstrak buah pisang juga memiliki ragam manfaat untuk kesehatan rambut. Terlebih bagi rambut yang kering, iritasi kulit kepala, ketombe hingga mencegah terjangkit bakteri. Cara membuatnya dengan mencampurkan avokad, pisang dan sebutir telur, kemudian campurkan hingga merata. Balurkan ke seluruh rambut. Diamkan 10 hingga 15 menit dan bersihkan.

Baca Juga:

5 Makanan Alami Penambah Energi Ketika Kamu Sedang Jalani Diet


4. Avokad, minyak zaitun dan lemon

avokat
Buah avokad dan lemon bisa dijadikan sebagai bahan masker rambut (Foto: Pixabay/stux)


Campuran buah avokad dengan minyak zaitun dan perasan lemon juga efektif mengatasi permasalahan rambut. Kandungan lemon yang mampu mengurangi minyak berlebih dan ketombe. Sementara minyak zaitun mengembalikan kelembapan sehingga rambut terasa lebih lembut.

Perpaduan bahan-bahan alami ini bisa diracik sendiri di rumah. Campurkan seluruh bahannya, aduk hingga merata. Persiapkan rambut dalam keadaan basah. Oleskan dari akar hingga ke ujung rambut.


5. Avokad dan minyak kelapa

avokat
Minyak kelapa dan avokad menghasilkan rambut yang berkilau (Foto: medicalnewstoday)


Untuk mendapatkan hasil rambut berkilau, kamu harus meracik masker rambut berbahan satu buah avokad dan dua sendok makan minyak kelapa. Minyak kelapa terbukti mampu menyerap ke akar dan melindungi tiap helai rambut. Oleskan dari kulit kepala hingga ke ujung rambut. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan bersih. (dys)


Baca Juga:

Perawatan Hemat dan Alami dengan Kulit Buah



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH