Perempuan Ini  Belum Tidur Selama 40 Tahun Seorang perempuan mengaku tidak tidur selama 40 tahun (Foto: pixabay/free-photos)

BELUM lama ini media Tiongkok dihebohkan dengan sebuah kasus aneh. Seorang perempuan mengklaim belum tidur selama sekitar 40 tahun. Namun anehnya perempuan itu mengaku tidak pernah merasa lelah atau mengantuk.

Orang normal pada umumnya tidak bisa terjaga selama 24 jam tanpa sedikitpun menutup mata, namun berbeda dengan Li Zhanying, perempuan asal Henan, Tiongkok.

Baca Juga:

Tidur Awal Baik Menjaga Imun Tubuh

Li mengaku sudah 40 tahun tidak tidur. Hal itu rupanya bukan sekadar isapan jempol belaka, karena telah dikonfirmasi oleh suami dan tetangga dari Li.

Bahkan, beberapa dari tetangga mereka sempat menguji Li, dan dia memang benar-benar tidak tidur. Li mengaku terakhir tidur saat dirinya berusia lima atau enam tahun, namun lebih dari empat dekade tidur hanya menjadi kenangan.

Seorang perempuan bernama Li Zhanying mengaku belum tidur selama 40 tahun. (Foto: odditycentral)

Seperti yang dilansir laman odditycentral, Li merupakan seorang penduduk desa di Kabupaten Zhongmou, Provinsi Henan. Li seorang selebritas lokal di komunitasnya, hal itu lantaran Li dikenal dengan kemampuannya yang tetap terjaga sepanjang hari dan malam.

Beberapa tahun lalu, sejumlah tetangga mencoba menguji klaim Li dengan bermain kartu melawannya di bawah lampu jalan di malam hari. Namun, para tetangga akhirnya pulang dan tertidur karena tak kuasa menahan kantuk, sementara Li masih tetap terjaga.

Menurut Suami Li, Liu Souquin, menjelaskan bahwa sang istri tampaknya tidak perlu tidur sama sekali. Karena, sejak mereka menikah, dia memperhatikan bahwa sang istri tetap terjaga siang dan malam, bahkan Li melakukan pekerjaan rumah di tengah malam.

Li terus mengatakan kepada suaminya bahwa dia tidak bisa tidur, hingga sang suami menganggap bahwa Li Insomnia. Sang suami pun berupaya untuk membelikan sejumlah obat tidur, tapi tidak berhasil.

Baca Juga:

Tidur Berkualitas Seperti Apa Sih?

Menurut Bastille Post, Li Zhanying mencari bantuan medis untuk kondisinya berkali-kali. Namun Dokter tidak pernah menemukan suatu keanehan. Tapi, setelah baru-baru ini Li mengunjuungi pusat kesehatan di Beijing, misteri kurang tidurnya yang sudah berlangsung puluhan tahun akhirnya terpecahkan.

Sebuah tim dokter menggunakan sensor canggih untuk memantau Li selama 48 jam. Kemudian tim dokter menemukan bahwa dia sebenarnya tidur, hanya saja tidak seperti orang pada umumnya.

Tim dokter menemukan kejadian langka pada tubuh Li. (Foto: bastillepost)

Berdasarkan data yang dikumpulkan selama pemantauan gelombang otak 48 jam, menunjukan bahwa Li sebetulnya mendapatkan tidur ringan dan sedang seperti orang biasa. Tidak hanya ketika berbaring di tempat tidur dengan mata tertutup, Li juga tidur ketika berbicara dengan suaminya.

Dokter menggambarkan fenomena tersebut sebagai 'tidur ketika terjaga', sebuah keadaan yang mirip dengan berjalan dalam tidur. Kondisi tersebut membuat sejumlah saraf dan organ Li Zhanying masih aktif selama tidur.

Tim Dokter mengungkapkan bahwa Li sebetulnya tertipu oleh otaknya sendiri. Ketika dia beristirahat, sebagian tubuhnya telah memasuki dormansi, namun dia tidak harus menutupnya untuk melakukannya.

Seperti ketika berbicara dengan suaminya, bola mata Li Zhanyin terkadang lambat dan matanya berbentuk cekung, yang menunjukkan bahwa dia sedang beristirahat selama momen-momen itu.

Lantaran cara tubuh dan otak Li yang 'unik' dalam beristirahat, Li terus percaya bahwa dia belum tidur selama 40 tahun. Bahkan dia tidak menghabiskan lebih dari 10 menit dengan mata tertutup setiap harinya. Jadi secara teknis perkataan Li adalah benar. (ryn)

Baca Juga:

Mengenal Kaitan Kualitas Tidur dan Kulit Glowing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Film Dokumenter Seventeen Band akan Tayang di Bioskop online
ShowBiz
Film Dokumenter Seventeen Band akan Tayang di Bioskop online

Melalui laman resmi Bioskop Online, penjualan tiket untuk film ini sudah dapat dibeli sejak 9 Maret.

Menantang, inilah 5 Labirin Paling Rumit di Dunia
Travel
Menantang, inilah 5 Labirin Paling Rumit di Dunia

Labirin tersebut akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung.

Tidak Hanya Kendaraan, Pelumas Penting untuk Segala Jenis Mesin
Hiburan & Gaya Hidup
Tidak Hanya Kendaraan, Pelumas Penting untuk Segala Jenis Mesin

Edukasi pentingnya pelumasan mesin untuk pelaku industri kelistrikan.

Ada Karakter Pembalap Baru di 'Mario Kart Tour', Siapa Dia?
Fun
Ada Karakter Pembalap Baru di 'Mario Kart Tour', Siapa Dia?

Nintendo menambahkan karakter pengemudi baru dalam Mario Kart Tour

Tunangan, Britney Spears Hapus Akun Instagram
ShowBiz
Tunangan, Britney Spears Hapus Akun Instagram

Spears dan Asghari telah bersama selama lima tahun.

Fantastis, Kostum 'Dynamite' Milik BTS Laku Terjual Rp2,2 Miliar
ShowBiz
Fantastis, Kostum 'Dynamite' Milik BTS Laku Terjual Rp2,2 Miliar

Lelang amal musisi dunia untuk bantu orang-orang yang terdampak pandemi Corona.

Ide Kostum Berpasangan Tema Disney untuk Halloween
Fashion
Ide Kostum Berpasangan Tema Disney untuk Halloween

Mencari inspirasi dari karakter Disney yang tak terhitung jumlahnya.

Mobil Balap Terbang Pertama di Dunia Tengah Uji Coba Perdana
Fun
Mobil Balap Terbang Pertama di Dunia Tengah Uji Coba Perdana

Alauda Aeronautics telah meluncurkan mobil balap terbang pertama di dunia.

Among Us Turunkan Harga Untuk Nintendo Switch
Fun
Among Us Turunkan Harga Untuk Nintendo Switch

Among Us didiskon besar di konsol Nintendo Switch.