Gong Xi Fa Cai, Bukan Selamat Tahun Baru Imlek! Sudah benarkah mengucapkan selamat tahun baru? (Foto: Pixabay/Silentpilot)

SAYANGNYA masih banyak yang salah kaprah mengenai arti dan makna dari Gong Xi Fa Cai. Bila diartikan, Gong Xi Fa Cai atau Kiong Hi Fa Cai adalah selamat dan sejahtera.

Namun banyak orang memahami kalau Gong Xi Fa Cai sebagai ucapan saat imlek. Kata-kata itu memiliki arti tersendiri agar membawa semangat baru di tahun yang baru. Tentunya sangat tepat diucapkan pada tahun baru.

Baca Juga:

Fakta Unik Seputar Imlek

imlek
Gong Xi fa Chai identik dengan rejeki materi bukan memberikan selamat. (Foto: Unsplash/Macau Photo Agency


Diambil dari berbagai sumber, seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang mengubah ucapan Gong Xi Fa Cai jadi Xin Nian Kuai Le, yang berarti selamat tahun baru.

Kalimat Gong Xi sendiri memiliki ceritanya. Dikisahkan seorang warga berhasil melawan monster Nian. Ada juga kisah lainnya tentang masyarakat yang berhasil melewati musim dingin.

Memgapa perlu memberikan ucapan selamat seperti itu? Dengan berhasil melewati musim dingin tersebut berarti berhasil tetap hidup untuk tahun berikutnya. Semenjak itu masyarakat saling mengucapkan Gong Xi kepada mereka yang berhasil melewati musim dingin itu.

Tidak sedikit orang yang merasa bahwa Gong Xi fa Chai identik dengan rejeki materi bukan memberikan selamat atau merayakan kebersamaannya. Karena berkaitan dengan materi, anak-anak berpikiran bahwa dengan mengatakan Gong Xi lalu akan diberi uang dalam bentuk angpao.

Baca Juga:

Jelang Perayaan Tahun Baru Imlek, Omzet Pengrajin Lampion di Solo Naik 50 Persen

imlek
Semakin banyak orang mengubah ucapan Gong Xi Fa Cai jadi Xin Nian Kuai Le. (Foto: Unsplash/Lalitphat Phunchuang)

Bagi orang yang tidak mengerti mengenai cara menyampaikan salam ini. Sebaiknya mengikuti untuk mengatakan Gong Xi ketimbang Xin Nian Kuai Le. Karena orang awam akan lebih familiar dengan ucapan itu.

Namun tidak ada salahnya apabila menggabungkan keduanya, karena akan menjadi arti atau makna yang lebih dalam lagi. Dapat diartikan menjadi “selamat tahun baru, semoga berbahagia”.

Biasa orang tua juga akan menambahkan ucapan Hong Bao Na Lai untuk anak-anaknya yang sudah dewasa. Makna dari Hong Bao Na Lai adalah "angpaonya kesini, dong!".

Bagaimana? Sudah siap untuk merayakan imlek? Gong Xi Fa Chai, Hong Bao Na Lai! (lio)


Baca Juga:

Menyambut Imlek, JHL Solitaire Solitaire Helat Intimate Gala Dinner



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH