Gathering Pencinta American Akita di Von Haus JHL Gathering Von Haus JHL (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

SUARA anjing terdengar saling sahut. Bak menyambut siapa pun yang tiba di kennel Von Haus JHL. Sejumlah anjing jenis American Akita itu terlihat antusias dan waspada. Bukan mau menyerang. Itu memang reaksi umum hewan lucu ini ketika bertemu orang baru.

Petugas di Kennel Von Haus JHL menjelaskan gonggongan kencang para anabul itu bukan berarti tak bersahabat. Anjing memang sensitif saat berada di kandang. Area kandang jadi wilayah pribadi milik mereka. "Kayak kita aja kalau punya rumah didatangi orang enggak dikenal, bagaimana kan," ujar petugas yang akrab Mul itu, saat berbincang dengan MerahPutih.com, Kamis (9/7).

Baca juga:

Von Haus JHL, Salah Satu Kennel Anjing American Akita Terbesar di Asia Tenggara

Von Haus JHL merupakan kennel Anjing American Akita terbesar di Asia Tenggara. Kennel di Cisarua, Bogor ini selalu menghasilkan bibit anjing ras American Akita yang berkualitas. Fasilitas dan prosedur perawatan anjing di kennel ini juga amat lengkap.

Hari ini Von Haus JHL mengadakan acara gathering para pencinta American Akita. Pemilik Anjing ras di wilayah Jakarta dan sekitarnya berkumpul untuk saling berbagi informasi seputar hewan peliharaan kesayangan mereka itu.

Gathering rutin dilakukan satu bulan sekali (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Gathering tersebut diadakan di lahan hijau kennel nan luas. Lahan tersebut biasanya digunakan para anjing untuk melakukan aktivitas harian. Misalnya berolahraga, bermain, dan berlatih ketangkasan. "Kami rutin mengadakan acara seperti ini satu bulan sekali," ungkap Anton K Adjie, Manager Von Haus JHL.

Waktu menunjukkan pukul 09.00. Satu persatu pengunjung mulai berdatangan menggunakan mobil pribadi. Mereka semua menempatkan anjing kesayangan mereka di bagian belakang mobil. Ada pula pengunjung yang harus menidurkan kursi mobil agar anjing mereka nyaman. Postur anjing ini memang besar dan gagah.

Workshop menjadi acara utama hari ini. Juri Senior All Breed Perkin Dedy Tjahyono membagikan informasi kepada pengunjung kennel. Pria berkaos kerah itu mengedukasi para pemilik American Akita selama 30 menit ke depan.

Para pemilik saling berbagi pengalaman mereka dalam merawat American Akita (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Salah satu topik 'seksi' yang disampaikan Dedy ialah cara menjaga pola makan anjing yang benar. American Akita kata Dedi pada dasarnya selalu merasa lapar. Tapi itu tidak membuat pemilik harus menuruti keinginan makan mereka. "Kita bisa beri makan mahal terus tapi itu merusak behavior mereka," kata Dedy.

Baca juga:

Mengulas Salah Satu Anjing Termahal di Von Haus JHL, Harganya Miliaran Rupiah!

Makanan untuk anjing menurutnya harus diberikan secara bertahap. Apabila kotoran anjing sudah terlalu lembek, boleh jadi pola makannya salah. "Lebih baik under feeding, terus dinaikin (porsi makannya)," Dedy berpesan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama dan ramah tamah. Setiap pengunjung terlihat sangat antusias saat sesi ramah tamah ini.

Pengunjung saling berbincang untuk berbagi pengalaman mereka memelihara anjing ras tersebut. "American Akita ini menurut aku anjing yang sangat loyal," kata seorang perempuan pemilik American Akita kepada merahputih.com.

Anak-anak sangat gemas dengan kelucuan American Akita (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Acara tersebut juga menjadi sarana hiburan bagi anak para pengunjung. Anak-anak mereka tampak begitu gembira bermain dengan American Akita. Mereka tidak berhenti membelai family dog ini. Bulu lebat anjing ini membuat anak-anak begitu gemas.

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 17.00. Para pengunjung mulai bersiap-siap untuk pulang. Acara hari ini benar-benar membuat pemilik American Akita begitu senang. Terlihat dari raut wajah mereka yang begitu semringah dari awal hingga akhir acara.

"Semoga semuanya bisa kembali lagi di acara gathering selanjutnya," tukas Anton. (ikh)

Baca juga:

Merawat si Lucu, American Akita

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH