Ganjar Janji Tak Akan Pinggirkan Masyarakat Adat dari Wilayah IKN

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 07 Desember 2023
Ganjar Janji Tak Akan Pinggirkan Masyarakat Adat dari Wilayah IKN
Calon Presiden RI Ganjar Pranowo saat beraudensi dengan generasi milenial Samarinda. (ANTARA,/Arumanto)

MerahPutih.com - Calon presiden capres (capres) Ganjar Pranowo menegaskan komitmen keberlanjutan proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di bawah pemerintahannya kelak jika terpilih.

Ganjar juga akan merangkul keberadaan masyarakat adat di IKN agar bisa beradaptasi dan membaur dengan warga lainnya.

"Kita tengahkan, bukan kita pinggirkan, artinya mereka tetap kita rangkul, kita berikan pendidikan kenapa anak-anak mereka agar nantinya bisa beradaptasi dengan masyarakat umum lainnya," kata Ganjar Pranowo saat bertemu generasi milenial dan influencer lokal di Samarinda, Rabu (6/12).

Baca Juga:

Prabowo Tambah Anggaran Pembangunan IKN jika Menang Pilpres 2024

Pernyataan calon presiden nomor urut 3 soal masyarakat adat IKN itu berkaitan dengan pertanyaan Banu, akademisi Universitas Mulawarman Samarinda yang menanyakan langkah konkret Ganjar Pranowo dengan masyarakat adat yang saat ini tinggal di wilayah IKN.

"Perlu diketahui Pak Ganjar, Suku Balik dulu berdomisili di Balikpapan, kemudian pada saat Balikpapan sudah menjadi Kota besar, Duku Balik ini tergeser dan akhirnya menetap di wilayah Sepaku, Penajam Paser Utara dan saat ini Sepaku telah ditetapkan sebagai lokasi IKN, pertanyaannya bagaimana nasib Suku Balik ini apakah nantinya mereka tersingkir lagi dari IKN?" kata Banu saat diberikan kesempatan bertanya oleh Ganjar Pranowo, seperti dikutip Antara.

Ganjar mengatakan, sejak awal kampanye dia selalu memilih lokasi wilayah pelosok dan pedalaman untuk bertemu langsung dengan para tokoh adat dan masyarakat untuk mengetahui kondisi riil daerah pedalaman dengan berbagai macam persoalan yang dihadapi.

"Saya telah bertemu dengan masyarakat adat dari berbagai daerah seperti Lombok, Dayak dan lainnya. Perjalanan itu akan menjadi catatan dan bekal saya saat punya kebijakan untuk menyejahterakan mereka ," tegas mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Baca Juga:

Pernyataan Pj Heru Tak Selaras dengan Jokowi Soal IKN Kota Masa Depan

Acara nongkrong bareng Ganjar Prabowo dengan kaum milienial Samarinda, berlangsung sekitar pukul 20.00 wita di kafe Hotel Mesra Samarinda.

Ratusan muda-mudi Samarinda cukup antusias dengan kehadiran calon orang nomor satu di Indonesia itu.

Ganjar berpesan kepada generasi Z Samarinda untuk memanfaatkan media sosial dengan kegiatan positif dan cerdas, Karena keberadaan media sosial bisa menambah ilmu dan pengetahuan, selain itu juga bisa menghasilkan keuntungan.

"Salah satu contoh seperti teman- teman influencer ini, melalui media sosialnya ternyata bisa digunakan untuk memasarkan produk dan menghasilkan uang," jelas Ganjar Pranowo. (*)

Baca Juga:

PKS Sebut Pernyataan Heru Budi Lukai Hati Jokowi: Masa IKN Diisi ASN Malas

#Ganjar Pranowo #IKN Nusantara
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan