Gandum Berbahaya Bagi Tubuh?

Febrian AdiFebrian Adi - Minggu, 15 Oktober 2023
Gandum Berbahaya Bagi Tubuh?
Kendati kaya akan nutrisi, gandum ternyata menyimpan efek samping. (Foto: Unsplash/Sasun)

GANDUM memiliki banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama sistem pencernaan. Jenis makanan ini juga banyak dikonsumsi orang untuk memaksimalkan program diet.

Kendati kaya akan nutrisi, gandum ternyata menyimpan efek samping yang bisa merugikan kesehatan jika dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit tertentu. Dilansir oleh Healthline, Jumat, (13/10), berikut bahaya gandum bagi tubuh berpenyakit:

Baca juga:

Beragam Jenis Beras dari Seluruh Dunia

Gandum memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. (Foto: Unsplash/Melissa)

1. Memperburuk kondisi penyakit celiac

Gluten merupakan protein utama yang terkandung dalam gandum dan beberapa biji-bijian lainnya. Bagi penderita penyakit celiac, mengonsumsi makanan tinggi gluten justru bisa membahayakan kesehatan.

Ketika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, sistem kekebalan tubuh mereka akan merespons dengan merusak usus kecil. Gejala yang sering kali terjadi adalah penurunan berat badan, perut kembung, dan kelelahan.

Tak hanya itu, gluten juga diketahui bisa meningkatkan risiko penderita penyakit celiac terkena gangguan otak, seperti skizofrenia dan epilepsi.

2. Menganggu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh

Gandum utuh mengandung asam fitat yang bisa mengikat dan menganggu penyerapan mineral, seperti kalsium, zinc, zat besi dan magnesium. Hal ini tentu berbahaya bagi orang yang kondisi tubuhnya sedang kekurangan mineral tersebut.

Namun, kandungan asam fitat pada gandum utuh diketahui bisa dikurangi secara signifikan dengan cara merendam dan memfermentasinya.

Baca juga:

Gandum Mahal, Ekspor Singkong Indonesia Naik 3 Kali Lipat

Namun hati-hati bagi kamu yang memiliki penyakit tertentu bila ingin konsumsi gandum. (Foto: Unsplash/Shalitha)

3. Menimbulkan gejala intoleransi gandum

Beberapa orang bisa sensitif terhadap gandum atau intoleransi gandum. Kondisi ini bisa disebut juga dengan sensitivitas gandum non-celiac. Gejala yang sering dialami berupa sakit perut, sakit kepala, kelelahan, diare, nyeri sendi, perut kembung dan eksim.

Selain itu, intoleransi gandum juga biasanya terjadi pada penderita sindrom iritasi usus besar (IBS) dan bisa memperparah gejalannya.

Dengan menimbang manfaat gandum dan bahayanya bagi kesehatan, diharapkan lebih waspada dalam mengonsumsinya. Jika kamu menderita penyakit yang telah disebutkan di atas, batasi atau hindari sepenuhnya konsumsi gandum.

Tetapi bila kamu tidak memiliki riwayat penyakit tersebut, pastikan produk yang kamu pilih mengandung gandum utuh dan konsumsilah dalam porsi yang cukup agar mendapatkan manfaat optimal. (far)

Baca juga:

Vodka Atomic, Bahannya dari Gandum yang Ditanam di Chernobyl

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan