Vodka Atomic, Bahannya dari Gandum yang Ditanam di Chernobyl Vodka adalah minuman khas Rusia. (Foto: Pexels/Pixabay)

VODKA adalah minuman keras yang berasal dari Rusia. Bisa jadi semua orang sudah tahu jenis minuman ini. Namun ada merk vodka bernama Atomic yang akan membuat kamu tercengang. Bahan dasar pembuatannya sama yakni gandum.

Gandumnya sendiri tidaklah istimewa. Jenisnya memang yang biasa menjadi bahan pembuatan vodka. Namun yang mencengangkan adalah gandum itu ditanam di salah satu area paling mematikan di muka Bumi ini, Chernobyl. Wilayah ini ditinggalkan oleh manusia karena tingkat radiasinya yang sangat tinggi akibat meledaknya reaktor nuklir di wilayah itu ditahun 1986.

Baca Juga: Minuman Olahan Berkadar Alkohol Khas Indonesia

minuman
Atomik, Vodka yang Terbuat Dari Gandum yang ditanam diChernobyl (Foto Business Insider)

Vodka ini dibuat oleh sekelompok ilmuwan yang sedang meneliti wilayah terkontaminasi itu. Mereka memberikan nama pada vodka buatannya dengan nama Atomik. Vodka ini adalah satu-satunya pelopor minuman keras dari fermentasi gandum yang tertanam di sekitar wilayah itu.

Profesor Jim Smith dari University of Portsmouth, Inggris adalah pria yang bertanggung jawab bersama tim untuk membuat vodka ini. Menurutnya, ia mendapatkan ide untuk vodka ini menggunakan proses distilasi yang membuat vodka ini terbebas dari radioaktif. Sebagai informasi, mereka menanam tanaman gandum di zona yang tidak bisa dimasuki oleh warga, karena level radiasi dari wilayah ini memasukki level berbahaya.

minuman
Lokasi Dimana Mereka Menanam Gandum di wilayah Chernobyl (Foto Chernobyl Spirit Company)

Namun tenang saja, walaupun vodka ini dibuat di sekitaran wilayah Chernobyl, vodka ini tidak memberikanmu efek samping. Bahkan sudah di uji oleh peneliti bahwa vodka ini tidak mengandung senyawa radioaktif yang membuat konsumen yang ingin meminumnya tak merasa sakit. "Tenang saja, vodka ini tidak memiliki senyawa radioaktif kok." Ujar Prof. Jim Smith untuk memastikan bahwa minuman ini tidak berbahaya.

Kelompok ilmuwan ini akan memproduksi vodka berbahan gandum Chernobyl bernama Atomik sebanyak 500 botol pada tahun ini, dan 75 persen dari penghasilan yang didapat dari penjualan vodka ini disumbangkan kepada korban yang terkena dampak radioaktif Chernobyl ini. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba ini? (dnz)

Baca Juga: Sebaiknya Hentikan Mengonsumsi Alkohol


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo