Festival Aneh, dari Perang Jeruk Sampai Mencambuk Ada beberapa festival budaya di negara tertentu yang penuh kekerasan. (Foto: Pinterest)

FESTIVAL-festival ini dianggap oleh orang di luar kebudayaan mereka, sangatlah aneh dan penuh kekerasan. Namun bagi warga yang berada dalam lingkup budaya mereka itu, hanyalah festival yang menjadi tradisi mereka.

Dari beberapa sumber ada lima festival yang aneh dan mencampur dengan kekerasan.


Baca Juga:

Mengenal Potensi dari Destinasi Wisata Super Prioritas Likupang

1. Karnaval Entroido, Spanyol

Festival Karnaval Entroido Spanyol
Siap mencambuk orang yang mereka lihat. (Foto: spain.info)


Festival yang diselenggarakan di Laza, Spanyol ini berlangsung selama tiga hari. Umumnya para pria akan mengenakan topeng kayu dan berkelana di kota sambil membawa cambuk. Jika mereka melihat seseorang langsung mereka dekati dan mencambuk orang itu.


2. Agni Keli, India

festival Agni Keli India
Percikan api yang dianggap menyenangkan dewa. (Foto: Pinterest)

Di Mangalore, India, orang berkumpul untuk memuja Dewa Api. Mereka memujanya dengan cara melempar dedaunan palem yang terbakar ke peserta festival yang datang. Semakin banyak orang yang "tersentuh" daun terbakar, mereka percaya bahwa dewa makin bahagia.


3. Bolas De Fuego, El Savador

festival Bolas De Fuego El Savador
Festival yang mengingatkan pada permainan bola api di Indonesia. (Foto: mustseeplaces)

Pada 1658, ledakan gunung El Playon menghancurkan kota Nixapa di El Savador. Untuk itu dibuatlah festival tiap 31 Agustus untuk memperingatinya. Pada perayaan ini terdapat 1500 bola api berukuran buah apel yang ditendang kesana kesini oleh peserta. Meskipun demikian tidak ada korban luka-luka. Mengingatkan pada sepak bola api yang kerap dilakukan oleh para santri di Indonesia.

Baca Juga:

4 Aktivitas Wisata Ini Kudu Masuk 'Bucket List' saat Mengunjungi Kepulauan Riau

4. Pertarungan Jeruk, Italia

festival Pertarungan Jeruk Italia
Perang yang bikin badan memar. (Foto: carnifest)

Festival dilakukan memperingati revolusi yang di abad 12. ‘Pertarungan’ ini dilakukan di Ivrea, Italia. Meskipun cuma jeruk tapi bila dilempar sekeras-kerasnya dapat membuat memar di badan. Tahun lalu ada 70 orang dirawat karena luka akibat memar.


5. Shin-Kicking, Inggris

festival Shin-Kicking Inggris
Kompetisi yang bikin ngilu. (Foto: irishnews)

Costwold Olimpick terdiri banyak cabang "olahraga", tetapi yang populer karena kekerasannya adalah shin-kicking. Pesertanya berhadapan satu sama lain kemudian saling memegang dan menendang dengan keras dibagian "itu". Lalu, yang lama bertahan, dia lah yang akan menang. Cukup bikin ngilu ya, meskipun hanya melihatnya. (fld)


Baca Juga:

4 Kawasan Terdingin di Nusantara


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH