Fashion Statement Kang Ojek Pangkalan di Negeri Aing Ojek pangkalan memiliki gayanya sendiri. (Foto: klatenkab)

OJEK pangkalan (opang) memang sudah tidak asing lagi. terutama bagi ibu-ibu yang mau ke pasar pagi-pagi tapi lagi enggak ada motor, kang Opang lah solusinya. Pada masanya opang pernah menjadi tumpangan yang cukup diminati. Sayangnya mereka kemudian tergerus dengan kehadiran ojek online (ojol).

Opang mau tidak mau harus menerima kepraktisan ojol. Ojol langsung datang ke hadapan calon penumpang melaalui panggilan aplikasi transportasi online. Sementara opang harus menunggu penumpang di 'markas'nya.

Untuk yang pernah naik kang opang memang memiliki kenangan tersendiri. Seperti harus beriringan dengan panas matahari berjalan kaki menuju ke pangkalan ojek. Tapi buat yang sudah mengenal kang opang, biasanya penumpang bisa memesan langsung via SMS atau WhatsApp. Kang opang sangat mudah dikenali. Mereka memiliki fashion statementnya sendiri.

Baca Juga:

Gegayaan Malu-Malu Anak Magang

1. Rompi proyek

ojek
Rompi motor sudah biasa, opang biasa pakai rompi proyek mungkin karena warna cerah sehingga terlihat pada malam hari. (Foto: instagram@dutalistrik_official)

Sering dilihat kang opang umumnya memakai rompi. Sayangnya bukan rompi motor pada umumnya, tetapi memakai rompi proyek. Bisa jadi karena rompi proyek biasanya berwarna cerah ditambah corak garis putih tebal yang berfungsi untuk memantulkan cahaya jika dijalan pada malam hari. Alasaan tersebut bisa saja menjadi dasar mengapa rompi proyek lebih bayak dipakai kang opang ketimbang rompi motor yang cenderung berwarna gelap.

2. Helm sejuta umat

ojek
Helm sejuta umat, pasti kang opang mempunya halm ini untuk dipakai sendiri atau untuk penumpang nanti. (foto: instagram@sb_olshop6)

Tidak dipungkiri, helm ‘sejuta umat’ ini juga dipakai oleh kang opang. Biasanya ini adalah helm penumpang atau dipakai sendiri. Helm ini merupakan item gratis yang didapat jika kita membeli sepeda motor. Jika ada yang punya helm ini pasti tahu rasanya, helm terlalu longgar. Jika dipakai pasti bergoyang seperti boneka mampang.

Tidak hanya itu, fakta lain dari helm gratisan ini jika sudah terlalu lama dipakai, kaca helm pasti akan kendor. Jadi setiap berkendara, ada guncangan sedikit secara otomatis kaca helm turun secara tiba-tiba. Itulah helm ‘sejuta umat’.

Baca Juga:

Uniknya Gegayaan Outing Kantor di Negeri Aing

3. Jaket

ojek
Jaket ciri khas lainnya kang opang dan ojol, fungsinya sama saja, untuk menghangatkan tubuh dari kerasnya angin jalanan (Foto: instagram@ceritaojekonline.id)

Jika dilihat, rata-rata kang opang umumnya juga memakai jaket selain rompi. Berbagai model jaket banyak di pakai kang opang. Misalnya model bomber, jaket olahraga, jaket kulit, jaket parasut dari diler, dan masih banyak lagi. Tetapi apapun jenis jaketnya tetap no risleting saat dipangkalan biar enggak kegerahan tentunya. Jika ada penumpang, baru kang opang mulai menempelkan dan meluruskan jalur risletingnya. Kemudian menutupnya sebagai tanda tugas dimulai.

4. Sandal jepit

ojek
Sandal jepit salah satu item nyantai kang opang, selain terjakau, sandal ini juga nyaman digunakan sehari-hari. (Foto: instagram@kafakus.store)

Kesan santai pada kang opang bisa dilihat dari alas kaki yang digunakan. umumnya kang opang menggunakan sandal jepit. Meskipun ada juga yang sandal slop atau sepatu. Tetapi mayoritas pakai sandal jepit, item yang sering digunakan mungkin karena praktis dan tidak ribet. Ditambah rasa sepoi-sepoi angin jalanan terasa di antara sela-sela jari kaki. Tidak jarang sandal sepit yang digunakan sudah tipis seperti tempe mendoan. (rzk)

Baca Juga:

Gegayaan Pakai Celana Pendek ke Tongkrongan di Negeri Aing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Risiko Membangun Bisnis Bersama Sahabat
Fun
Risiko Membangun Bisnis Bersama Sahabat

Tetap ada rintangan walau rekan bisnismu ialah sahabatmu.

Tak Ada Tiang Gawang, Sandal Pun Jadi
Fun
Tak Ada Tiang Gawang, Sandal Pun Jadi

bagaimana bermain sepak bola bola dipantai sementara tidak ada gawangnya? Hal itu bukan menjadi soal bagi anak-anak generasi 90-an

Lebaran ke Gebetan, Biar Jadian
Fun
Lebaran ke Gebetan, Biar Jadian

Cari waktu yang tepat.

Metallica Kembali Hadir dalam Monopoly Versi ‘World Tour Edition’
Fun
Metallica Kembali Hadir dalam Monopoly Versi ‘World Tour Edition’

Untuk kali kedua Monopoly bekerjasama dengan Metallica untuk papan permainannya.

Elliot Page, Bintang Film Juno Umumkan Dirinya Transgender
ShowBiz
Elliot Page, Bintang Film Juno Umumkan Dirinya Transgender

"Hai teman-teman, aku ingin memberi tahu kalian bahwa aku adalah seorang trans."

Arkeolog Ungkap Asal Batu Stonehenge
Fun
Arkeolog Ungkap Asal Batu Stonehenge

Stonehenge telah lama menjadi sumber misteri bagi orang-orang di seluruh dunia.

Tetap Produktif selama WFH dengan 6 Tips Ini
Fun
Tetap Produktif selama WFH dengan 6 Tips Ini

Tips agar tetap produktif meski bekerja dari rumah.

Pohon Es Raksasa Ini Jadi Sorotan di Media Sosial
Fun
Pohon Es Raksasa Ini Jadi Sorotan di Media Sosial

Sebuah pohon es raksasa jadi sorota di media sosial, karena keunikannya dan cara pembuatannya yang antimainstream

Turbli, Situs yang Memprediksi Turbulensi Pesawat
Fun
Turbli, Situs yang Memprediksi Turbulensi Pesawat

Turbulensi sendiri ialah goncangan pada tubuh pesawat yang diakibatkan perubahan kecepatan aliran udara.

Stok Bumbu Dasar untuk Masak Mudah saat Ramadan
Kuliner
Stok Bumbu Dasar untuk Masak Mudah saat Ramadan

Ada 3 bumbu dasar yang bisa diolah jadi berbagai jenis masakan.