Fakta Menarik GWK Bali, Lokasi Welcome Dinner Kepala Negara G20 Para pemimpin negara G20 akan menikmati jamuan makan malam di GWK Cultural Park, Selasa (15/11). (foto: Instagram @gwkbali)

KTT G20 resmi dibuka, Selasa (15/11). "Para pemimpin. Selamat pagi, hari ini saya nyatakan KTT G20 dibuka,” kata Presiden Joko Widodo, saat mengawali pembukaan KTT G20 di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali.

Pada malam harinya, para pemimpin dunia yang hadir di acara KTT G20 akan dijamu dalam sebuah welcome dinner (makan malam penyambutan) yang digelar di Lotus Pond, kawasan GWK Cultural Park, Jimbaran, Bali. GWK dipilih sebagai lokasi jamuan makan malam karena keunikan dan karakter yang kuat dari kawasan wisata ini.

Ya, taman budaya satu ini menjadi ikon terkini wisata Bali. Di dalamnya terdapat markah nan megah Pulau Bali, yakni patung Garuda Wisnu Kencana. Berikut fakta-fakta menarik seputar GWK Bali.

BACA JUGA:Jamu Delegasi KTT G20, GWK Tutup Sementara

1. Dirampungkan dalam 2 Dekade

Garuda wisnu kencana
Patung megah Garuda Wisnu Kencana dirampungkan dalam 2 dekade. (foto: Instagram @gwkbali)

Ide awal pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana nan megah awalnya digagas seniman I Nyoman Nuarta pada 1993. Ide brilian itu bertujuan menciptakan markah baru di Pulau Bali.

Empat tahun kemudian, tepatnya pada 1997, barulah dilakukan peletakan batu pertama di kawasan Bukit Jimbaran. Pemilihan lokasi amat terkait dengan pertimbangan kelestarian lingkungan. Wilayah perbukitan di Jimbaran yang merupakan tanah kapur dianggap tidak akan mengganggu lahan produktif. Selain itu, wilayah Jimbaran berada di selatan Pulau Bali yang merupakan sentra pariwisata.

Namun, pembangunan megaproyek itu dalam perjalanannya menuai banyak pro dan kontra. Hingga akhirnya, taman Garuda Wisnu Kencana dibuka untuk umum pada 2003 dalam kondisi patung yang masih setengah jadi.

Barulah pada 22 September 2018, taman budaya seluas 60 hektare ini diresmikan Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:KTT G20 Dimulai, Kawasan Garuda Wisnu Kencana Bali Dilakukan Penutupan

2. Patung Garuda Megah

GWK Bali
Dipilih karena keunikan dan karakter kuat lokasi ini. (foto: Instagram @gwkbali)

Awalnya, patung Garuda Wisnu Kencana di taman budaya ini akan dibangun setinggi 75 meter. Namun, agar jadi lebih megah, direncanakanlah untuk membangun gedung yang dijadikan fondasi setinggi 45 meter. Dengan ukuran tinggi patung 120 meter dan lebar 64 meter, patung GWK menjadi yang terbesar dan termegah di dunia.

Megaproyek patung Garuda Wisnu Kencana memiliki desain yang unik. Patung megah tersebut terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 3.000 ton. Dengan ukuran semegah itu, patung tersebut diproyeksikan memiliki jarak pandang mencapai 20 km. Jarak itu berarti markah baru Bali ini bisa terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua, hingga Tanah Lot.

Dengan tinggi 120 meter, patung GWK jadi yang kedua tertinggi di dunia, setelah The Spring Temple Buddha di Henan, Tiongkok, yang memiliki ketinggian 128 meter. Namun, tinggi GWK itu melebihi tinggi Patung Liberty di Amerika Serikat yang tingginya 93 meter.

Patung Garuda Wisnu Kencana menggambarkan Dewa Hindu Wisnu yang berada di atas tunggangannya, burung Garuda. Burung Garuda di patung ini dibuat dari ribuan potongan kaca mozaik emas. Hiasan yang disebut 'badong' itu juga direkatkan pada bagian mahkota dan dada patung itu.

BACA JUGA:
Kemegahan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali

3. Kisah Bakti Garuda pada Relief Pintu Masuk Lotus Pond

relief garuda
Garuda bertemu Dewa Wisnu yang kemudian memintanya menjadi tunggangan. (foto: Instagram @gwkbali)

Jamuan makan malam G20 akan dilaksanakan di area Lotus Pond yang bisa menampung 7.500 orang. Pelataran nan membentang itu terlihat megah diapit tebing kapur di kanan kiri. Saat memasuki pintu utama Lotus Pond, terdapat Tirta Agung (air suci). Relief yang mengisahkan bakti Garuda Wisnu Kencana hingga akhirnya menjadi tunggangan Dewa Wisnu terukir di dindingnya.

Kisah Garuda hingga menjadi tunggangan Wisnu berawal dari peseteruan antara dua istri Rsi Kasyapa, yakni Kadru dan Winata. Kadru yang dikarunai anak para Naga selalu menaruh rasa iri dengki kepada Winata yang beranak sang Garuda.

Kadru pun selalu melancarkan rencana jahat agar Winata terbuang dari keluarga sang rsi. Ia menantang Winata untuk menebak warna Ucaihswara yang muncul saat samudra diaduk kala pencarian Tirta Amartha. Winata pun menyanggupi tantangan tersebut. Siapa pun yang kalah harus bersedia menjadi budak dan selalu mentaati seluruh perintah dari yang menang.

Kadru menebak warna kuda itu hitam, sedangkan Winata menerka dengan warna putih. Dengan akal bulus, Kadru memerintahkan anaknya mengubah warna putih kuda menjadi kehitaman. Akibatnya, Winata kalah.

Namun, diam-diam, sang Garuda mengetahui akal licik Kadru. Ia tak tinggal diam. Demi membalaskan amarahnya, Garuda pun melawan anak Kadru, yakni sang Naga. Pertarungan itu berlangsung sengit. Sang Naga akhirnya mengajukan syarat untuk pembebasan Winata. Ia mengharuskan Garuda membawakan Tirta Amartha yang tak diketahui keberadaannya kepada sang Naga.

Demi baktinya kepada ibu, Garuda pun menyanggupi. Ia bertualang mencari air kehidupan tersebut. Di tengah petualangannya, sang Garuda bertemu dengan Dewa Wisnu yang membawa Tirtha Amartha. Garuda kemudian meminta Tirtha Amartha itu, Dewa Wisnu memberinya, dengan syarat Garuda mau menjadi tunggangan Dewa Wisnu dalam tugasnya menjaga dunia.

Garuda menyetujuinya dan mendapat Tirta Amartha. Dengan berwadahkan kamandalu (bejana) berikatkan tali rumput ilalang, ia membawakan air tersebut kepada Naga. Namun, sebelum Naga sempat meminumnya, tirta itu terlebih dahulu diambil Dewa Indra yang kebetulan lewat. Meskipun demikian, beberapa tetes tirta itu masih tertinggal di tali rumput ilalang. Naga kemudian menjilat rumput ilalang tersebut yang ternyata sangat tajam dan lebih tajam daripada pisau. Karena itulah lidah Naga terbelah menjadi dua ujung. Lidah terbelah itu bahkan dibawa hingga keturunan Naga. Keberhasilan sang Garuda itu membuat Winata dibebaskan dari jeratan perbudakan.

Direncanakan, sebanyak 200-300 orang akan menghadiri jamuan makan malam KTT G20 di Lotus Pond ini, Selasa (15/11) malam. Acara itu menjadi rangkaian dari puncak KTT G20 kali ini.(dwi)

BACA JUGA:5 Kegiatan Menarik di Kawasan Garuda Wisnu Kencana
Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Drama Korea untuk Kamu Penderita Anxiety
ShowBiz
Drama Korea untuk Kamu Penderita Anxiety

Berikut adalah daftar K-drama yang mungkin bisa membantumu ketika kamu merasa sedikit cemas.

Menjelajah Waktu di Wahana ImersifA Museum Nasional
Fun
Menjelajah Waktu di Wahana ImersifA Museum Nasional

Pertunjukan ini menggunakan teknologi imersif, teknologi virtual yang membuat gambar bergerak terasa menyatu dengan dunia nyata.

Catat nih, Trik Beli Tiket Konser NCT 127 di Jakarta
ShowBiz
Catat nih, Trik Beli Tiket Konser NCT 127 di Jakarta

Banyak NCTZen khawatir enggak kebagian tiket.

BeyonCa Debut Global dengan Memperkenalkan EV Gran Turismo Opus 1
Fun
BeyonCa Debut Global dengan Memperkenalkan EV Gran Turismo Opus 1

Canggih, mewah, berkualitas, BeyonCa Opus Gran Turismo 1.

Yuk Kenalan dengan Karakter di Serial 'House of the Dragon'
ShowBiz
Yuk Kenalan dengan Karakter di Serial 'House of the Dragon'

House of the Dragon segera tayang di HBO Max.

Emoji 'Pregnant Man' akan Hadir di Apple iOS 15.4
Fun
Emoji 'Pregnant Man' akan Hadir di Apple iOS 15.4

Emoji yang meningkatkan kesadaran terhadap LGBT dan non-binary.

ERIGO-X Siap Merdesa Ramaikan NYFW 2023
Fashion
ERIGO-X Siap Merdesa Ramaikan NYFW 2023

NYFW 2023 siap digelar September mendatang.

Limited Series Obi-Wan Kenobi Tayang Perdana
Fun
Limited Series Obi-Wan Kenobi Tayang Perdana

Cerita serial ini dimulai 10 tahun setelah kejadian di Star Wars: Revenge of the Sith.

Puasa dan Mudik Tetap Aman Tanpa Khawatir Sering Berkemih
Fun
Puasa dan Mudik Tetap Aman Tanpa Khawatir Sering Berkemih

Berkemih dapat mengganggu aktivitas.

Sering Parkir Mobil di Bawah Sinar Matahari, Ini Efeknya
Hiburan & Gaya Hidup
Sering Parkir Mobil di Bawah Sinar Matahari, Ini Efeknya

Sering parkir mobil di bawah sinar matahari bisa merusak lapisan cat eksterior dan interior. Hal itu dikarenakan sinar matahari punya kandungan ultraviolet.