Fakta Hyena, Hewan Antagonis di Film The Lion King Ketahui fakta hyena (Sumber: Wallpapercave)

BAGI kamu yang pernah menonton The Lion King 1994 atau film adaptasi Live action-nya di tahun ini pasti tahu ada tiga hyena yang memburu Simba. Dalam film The Lion King mereka bernama Banzai, Shenzi, dan Ed.

Ketiga hewan tersebut digambarkan lemah dihadapan para singa. Bahkan salah satu hyena, Ed, tampak bodoh. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan kenyataannya. Dilansir dari National Geographic, ternyata hyena-lah predator paling sukses di seluruh Afrika.

Baca juga:

Diangkat Jadi Live-Action, Berikut Pemeran untuk Film Disney 'The Little Mermaid'

Tapi kenapa fakta tersebut tidak diketahui oleh banyak orang? Jawabannya ada di penggambaran hyena di berbagai literatur hingga cerita-cerita rakyat sejak jaman dahulu. Terlebih lagi fisik mereka yang aneh membuat kita enggan untuk mencari tahu tentang fakta-fakta hyena.

Tiga hyena di film The Lion King 1994 (Sumber: Londozi Blog)
Tiga hyena di film The Lion King 1994 (Sumber: Londozi Blog)

Hyena sebenarnya adalah hewan yang cerdas karena mereka bekerja dalam sebuah kelompok. Satu kelompok biasanya berisikan 10-120 ekor, tergantung dari ketersiadaan mangsa.

"Kamu tidak dapat mempertahankan hubungan sosial seperti ini jika kamu tidak pintar," ucap Ingrid Wiesel, pendiri 'Brown Hyena Research Project'.

Baca juga:

Siapkah Lion King Rajai Box Office?

Dalam film The Lion King, para hyena diperlihatkan hanya makan dari sisa-sisa buruan para singa. Kenyataannya, menurut penelitian salah satu ahli hewan, Hans Kruuk, saat hyena dan singa saling berbagi buruan, 53 persen buruan tersebut didapatkan oleh para Hyena.

Hyena di dunia nyata adalah pemburu cerdas (Sumber: wallpapercave)
Hyena di dunia nyata adalah pemburu cerdas (Sumber: wallpapercave)

Penggambaran hyena sebagai hewan rakus juga salah yang tidak pernah menyisakan makanan. Faktanya, mereka bisa mengatur ketersediaan makanan dengan tidak perlu berburu terlalu banyak mangsa. Mereka juga membantu mencegah penyebaran penyakit karena bakteri lebih mudah muncul dalam bangkai yang masih memiliki banyak daging.

Baca juga:

Disney Incar Tom Holland untuk Peran Utama 'Live-Action' Atlantis: The Lost Empire

Tubuh mereka memang kecil, namun bentuk badan mereka lah yang membuat hyena mampu berlari hingga 1.150 mil atau setara dengan 1850 kilometer. Selain itu, paru-paru dan jantung hyena kuat serta lubang hidung mereka yang lebar membuat stamina tetap terjaga saat berlari. (sep)



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH