Gaming
Fahmi Husaeni dari Dewa United Raih Runner-up ePiala Indonesia 2021 Fahmi Husaeni berhasil meraih gelar runner-up di ePiala Indonesia 2021 (foto: twitter @pssi)

TURNAMEN ePiala Indonesia 2021 yang digelar PSSI di Hotel Ibis Slipi, Jakarta, esmiesmi berakhir pada Sabtu (3/4). Ajang eFootball resmi FIFA tersebut merupakan ajang yang resmi yang pertama kalinya digelar di Indonesia.

Pada turnamen tersebut, peserta yang lolos ke babak final yakni Moehamad Zulisar dan Fahmi Huaseni dari tim Dewa United. Pada babak final tersebut, Zulisar berhasil mengalahkan Fahmi Husaeni lewat pertarungan yang ketat.

Baca Juga:

Dewa United Datangkan Coach untuk Maksimalkan Performanya

Fahmi sempat unggul lebih dulu di babak pertama (foto: twitter @pssi)

Sebagai dua pemain yang telah berpengalaman di dunia e-sport sepak bola, keduanya tampil menekan sejak awal pertandingan. Pada babak pertama Fahmi berhasil menjebol pertahanan tim Zulisar dengan unggul 2-0 terlebih dahulu.

Namun,sebelum laga berakhir, Zulisar atau yang akrab disapa Chanks menyamakan kedudukan menjadi 2-2 yang menjadi skor penutup di leg pertama.

Kemudian, pertandingan keduanya mulai memanas di leg kedua. Masih berlangsung dengan menggunakan mode permainan FIFA Ultimate Team (FUT) kedua pemain pun saling beradu strategi untuk dapat meraih gelar juara pertama gelaran eSport Piala Indonesia.

Baca Juga:

Berhati Dewa, Tim Esports Ini Gandeng Teman-Teman Disabilitas Bermain Game

Zulisar yang diunggulkan pada kompetisi ini pun menunjukkan kualitasnya sebagai pemain pro dengan bermain apik. Pada leg kedua Chanks berhasil menyarangkan 3 gol hingga akhirnya menutup pertandingan dengan aggregat 5-2.

Moehamad Zulisar mengaku bersyukur dirinya meraih juara. Ia pun tak menampik bahwa ada faktor keberuntungan yang membuat dirinya sebagai pemenang di laga final. Sebab, menurut Zulisar Fahmi adalah pemain yang bagus dan sulit ditaklukkan.

"Tantangan paling sulit itu dari segi 'pressing' Fahmi hebat sekali hari ini. Dia masih muda tapi permainannya hebat. Namun bisa dibilang saya sudah sangat mengenal Fahmi karena kami pernah satu tim," ujar Zulisar, seperti dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta.

Terkait pertandingan tadi Zulisar mengakui leg pertama dia agak sedikit gugup ketika menghadapi Fahmi. Tak hanya itu, dia juga sempat panik karena kebobolan terlebih dahulu.

Fahmi dari tim Dewa united berhasil meraih runner up di ePiala Indonesia 2021

Menanggapi kekalahan di laga final, Fahmi mengakui keunggulan lawan, dan mengaku sempat meremehkan lawannya.

"Dari awal saat melihat dari penyisihan grup, saya merasa babak tersebut sudah bahaya dan wajib menang. Target saya harus lolos tentunya. Saat menghadapi babak 16 besar saya bertemu Pugu. Kalau di FIFA 20 dia menempati Top 1 di Asia," jelas Fahmi.

Lolos ke babak final, membuat kepercayaan diri Fahmi meningkat, karena telah mengalahkan Top 1 di Asia, dan dirinya menyadari telah menggangap remeh zulisar.

"Di final saya bertemu Zulisar. Hasil pertandingan ini sedikit karma untuk saya karena terlalu sombong," ujar pemain yang dikenal dengan nick name game Hussain tersebut.

Gelaran ePiala Indonesia yang dimulai sejak Kamis (4/1) tersebut, ditutup dengan digelarnya prosesi awarding dan pemberian giant check kepada pemenang. Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, Maaike Ira Puspita berharap ke depannya akan ada kesinambungan jangka panjang dalam persiapan dan pembinaan tim eFootball di Indonesia.

Juara dan runner up masing-masing mendapat hadiah uang Rp50 juta dan Rp20 juta (foto: twitter @pssi)

Moehamad Zulisar yang berhasil menjadi juara berhak atas hadiah juara Rp 50 juta. Sementara Fahmi Husaeni, yang sebagai 'runner up' membawa pulang uang sebesar Rp20 juta.

ePiala Indonesia 2021 merupakan turnamen game sepak bola FIFA resmi pertama di Tanah Air. Kompetisi tersebut digelar dengan sistem gelembung, untuk mencegah penyebaran COVID-19, pada 1-3 April 2021 di Jakarta.

PSSI menyebut bahwa ePiala Indonesia 2021 menjadi ajang untuk memilih pemain-pemain berbakat yang rencananya akan memperkuat tim nasional eFootball Indonesia di ajang FIFA eNation Cup 2021. (Ryn)

Baca Juga:

Mobile Legends Rajai Industri Esports di 2020

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Penyedia Jasa Ini Haruskan Karyawannya Gunakan APD
Fun
Penyedia Jasa Ini Haruskan Karyawannya Gunakan APD

Pentingnya APD pada bisnis penyedia jasa.

SpaceX Luncurkan Kapsul Naga Kedua ke Angkasa Luar
Hiburan & Gaya Hidup
SpaceX Luncurkan Kapsul Naga Kedua ke Angkasa Luar

Misi tersebut akan membawa beberapa eksperimen sains ke ISS.

Pertama di Dunia, Hotel Berlapis Emas
Travel
William Wongso dan Keberanian Diplomasi Rendang Kebanggaan Indonesia
Kuliner
William Wongso dan Keberanian Diplomasi Rendang Kebanggaan Indonesia

Keahlian di bidang kuliner tidak terlepas dari masa kecilnya.

Hal-Hal yang Bikin Member TWICE Nagih
ShowBiz
Hal-Hal yang Bikin Member TWICE Nagih

Seperti lagu baru mereka, I Can't Stop Me.

Bisa Bikin Sendiri Lontong yang Enak dan Cantik
Kuliner
Satu Hit Penyelamat Grup Idola K-Pop dari Kegagalan Total
ShowBiz
Satu Hit Penyelamat Grup Idola K-Pop dari Kegagalan Total

Eksistensi mereka malah diselamatkan sebuah lagu yang hit.

Steven Spielberg dan Duffer Brothers akan Garap Serial TV 'The Talisman'
ShowBiz
Steven Spielberg dan Duffer Brothers akan Garap Serial TV 'The Talisman'

The Talisman merupakan novel karya Stephen King.

Hati-Hati Upload Lagu Cover di YouTube, Pahami Aturannya
ShowBiz
Hati-Hati Upload Lagu Cover di YouTube, Pahami Aturannya

memiliki aturan yang mengatur tentang jaminan keamanan bagi karya-karya para pemusik dan pencipta lagu.

'Among Us' Populer, Sekuel Dibatalkan
Fun
'Among Us' Populer, Sekuel Dibatalkan

Popularitas membuat 'Among Us berlanjut dan menunda sekuelnya.'