Lingkungan
Energi Terbarukan Ramah Lingkungan, Pengganti Energi Fosil Alternatif energi terbarukan pengganti energi fosil di masa depan. (Foto: pixabay/Solarimo)

ENERGI Terbarukan menjadi sumber energi alternatif yang tidak terbatas dan dinilai dapat menggantikan energi fosil. Energi ini disinyalir lebih ramah lingkungan jika dibandingkan energi fosil ataupun energi nuklir.

Energi fosil yang bersumber dari fosil mahluk hidup yang tertimbun dibawah tanah selama ribuan tahun seperti minyak bumi dan batu bara. Untuk mengambil energi ini, harus melalui proses pengeboran kedalam bumi. Cara ini dapat merusak lingkungan sekitar, termasuk sisa-sisa minyak mentah yang terbuang dan bersifat beracun untuk mahluk hidup.

Baca juga:

Gedung Kampus UMN Paling Hemat Energi se-Asia Tenggara

Sedangkan energi alternatif bersumber dari air, laut, angin, biomassa, dan sinar matahari. Selain itu, energi ini juga tidak perlu melakukan pengeboran bumi. Sehingga tidak merusak lingkungan sekitar. Untuk mengubah energi alternatif ini, hanya membutuhkan ilmu pengetahuan untuk mengembangkan alat mengubah energi alternatif menjadi energi listrik dan tentunya ramah lingkungan.

Salah satu upaya saat ini untuk memanfaatkan energi alternatif adalah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Melihat kondisi letak geografis Indonesia sebagai negara tropis yang terletak di kawasan katulistiwa, memiliki potensi energi matahari melimpah yang bersinar sepanjang tahun.

Pengembangan energi surya di Indonesia cukup potensial dilihat dari letak geografi Indonesia yang dilewati garis khatulistiwa. (Foto: pexels/Hoan Ngoc)

Crisnawan Anditya selaku Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan dari Kementerian ESDM melalui Webinar, Rabu (28/4) memaparkan pentingnya ada industri hijau. Selama lima tahun terakhir dari 2015-2020, penggunaan energi terbarukan dan batubara mengalami peningkatan sedangkan minyak dan gas mengalami penurunan.

Hal terebut membuat pemerintah menargetkan percepatan program energi terbarukan mencapai 23% pada 2025. Perkembangan ini difokuskan pada pemasangan yang cepat dan harga produksi yang rendah, sehingga mampu bersaing dalam penjualannya. Proyek ini berperan sebagai penggerak perekonomian nasional, termasuk memulihkan perekonomian dari pandemi.

Baca juga:

Superyacht Aqua, Kapal Pesiar Termewah yang Ramah Lingkungan

PLTS Atap menjadi salah satu contoh produk yang saat ini dikembangkan oleh pemerintah. Pemasangan ini ditargetkan pada pelaku industri di Indonesia. Hingga Maret 2021, sudah terdapat 20 industri yang telah memasang PLTS Atap dengan total kapasitas 8,27 MW.

Dalam pengembangan ini, PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta), sebagai anak usaha PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) di Gran Melia hotel Jakarta. Kerjasama ini guna mendukung penggunaan energi terbarukan berbasis tenaga surya kepada seluruh tenant di kawasan industri Suryacipta.

Kerja sama antara PT Suryacipta Swadaya (kiri) dan Xurya Daya Indonesia (kanan). (Foto: Xurya Daya Indonesia)

"Bersama Xurya, instalasi PLTS Atap di Suryacipta merupakan pilot project dan tentu kami akan mengajak para tenant untuk memanfaatkan energi terbarukan melalui instalasi solar panel (PLTS Atap)," Ucap Wilson Effendy sebagai Wakil Presiden Direktur PT Suryacipta Swadaya.

Wilson juga menambahkan selain dapat mengurangi biaya listrik, instalasi PLTS Atap bangunan, dapat meredukasi emisi gas karbon. Upaya ini bertujuan untuk menciptakan kawasan industri yang bersih dan berkelanjutan hingga memberikan kontribusi terhadap kemajuan teknologi dan lingkungan dalam negeri. (rzk)

Baca juga:

Cara Warga Thailand Berbelanja Setelah Larangan Kantong Plastik Diberlakukan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kopi Mampu Meningkatkan Kemampuan Otak
Fun
Kopi Mampu Meningkatkan Kemampuan Otak

Kamu akan lebih berkonsentrasi karena minum kopi.

3 Resep Es Teh Sehat untuk Hadapi Musim Panas
Fun
3 Resep Es Teh Sehat untuk Hadapi Musim Panas

Pada artikel ini kamu bisa memilih minuman es teh herbal yang cukup mudah di buat di rumah.

Galax Rilis Nvidia GeForce RTX 3090 dengan Desain LEGO
Fun
Galax Rilis Nvidia GeForce RTX 3090 dengan Desain LEGO

GALAX menghadirkan desain terbaru untuk kartu grafis (VGA) teranyar Nvidia.

Cegah Pencurian Paket Saat Kamu Pergi Liburan
Fun
Cegah Pencurian Paket Saat Kamu Pergi Liburan

Paket yang datang harusnya langsung diterima oleh penerimanya.

'Black Panther 2' Tidak Gunakan Teknologi CGI Chadwick Boseman
Fun
'Black Panther 2' Tidak Gunakan Teknologi CGI Chadwick Boseman

Sosok Chadwick Boseman tak tergantikan oleh teknologi komputer.

Bekerja Bersama Membangkitkan Pariwisata Bali
Travel
Bekerja Bersama Membangkitkan Pariwisata Bali

Produsen Bir Bintang ikut peduli keamanan wisata di Bali.

Kenapa Sih Kamu Harus Cepat Melupakan Mantan?
Fun
3 Fitur Canggih Kamera Smartphone yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Fun
3 Fitur Canggih Kamera Smartphone yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

'Be a smart user' dan maksimalkan fitur ponsel pintarmu.

Inspirasi Gaya di Masa Pandemi Ala JFW 2021
Fashion
Inspirasi Gaya di Masa Pandemi Ala JFW 2021

Pandemi tidak membuat desainer kehabisan ide.

Menguras Isi Dompet, Hindari Gaya Hidup Hedonisme
Fun
Menguras Isi Dompet, Hindari Gaya Hidup Hedonisme

Hedonisme mengarah pada perilaku konsumtif, membeli barang yang mereka inginkan tetapi tidak mereka butuhkan.