Film

Efek CGI Avatar 2 Dikritik

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 20 Juni 2022
Efek CGI Avatar 2 Dikritik
Avatar 2 Rilis Desember 2022. (Foto: Youtube/Screen Culture)

PEMANDANGAN laut nan indah dalam trailer film Avatar 2: The Way of Water agaknya kurang memuaskan bagi beberapa kritikus. Trailer yang rilis pada awal Mei 2022 ini banyak menampilkan panorama dalam laut ala sutradara James Cameron. Trailer ini menjadi langsung hit saat rilis, dan ditonton sebanyak 148 juta kali dalam waktu kurang dari 24 jam.

Para kritikus seperti dikutip dari Screenrant, mengatakan Avatar seakan kehilangan gairah, tidak seperti film pertamanya. Beberapa kritikus juga tidak percaya adegan yang ditampilkan pada trailer ialah hasil dari teknologi CGI. Contohnya efek air, yang menurut para kritukus bukanlah efek CGI, tapi air asli.

Baca Juga:

James Cameron: Produksi Film Avatar 2 Sudah Selesai

Adegan-adegan di trailer bahkan hampir tak memiliki perbedaan sama sekali dengan teasernya. Seakan trailer tersebut hanya memasukkan beberapa adegan tambahan dari teaser.

Namun, tiga penata efek visual membantah para kritikus ini dalam sebuah video baru dari saluran Youtube Corridor Crew. Mereka bertiga mengatakan Avatar 2 sebenarnya memperbarui CGI dari film pertamanya, dan melakukannya dengan cara yang signifikan.

"Mereka telah berhasil menerapkan estetika Avatar asli sambil juga meningkatkan setiap komponen visual yang dapat Anda lihat," kata salah seorang penata efek visual tersebut.

Baca Juga:

Lanjut Syuting, Yuk Intip Foto Bocoran dari Film Avatar 2!

Selanjutnya, mereka menekankan sebuah adegan dari orang Na'vi (kaum primitif di film Avatar) yang sedang menyesuaikan tali kulit di dalam air. Adegan tersebut benar-benar merupakan hasil dari sebuah teknologi CGI yang memang tampak seperti asli. "Adegan ini di sini, semua yang Anda lihat dari kulit biru, ke air, ke tali pengikat, semua yang Anda lihat dihasilkan oleh komputer."

Para penata efek visual tersebut juga membuktikan seluruh pemandangan dan adegan yang ditampilkan di trailer Avatar 2 merupakan hasil kecanggihan efek visual. Justru kualitas CGI yang ditampilkan benar-benar apik, sehingga membuat orang mengganggap efek air dan eleman lainnya nan dihasilkan oleh komputer seperti asli.

Fakta bahwa CGI tidak terlalu berbeda dari aslinya membuktikan bahwa penata visual di Avatar 2 sangat memperhatikan dunia fantasi yang mereka bangun di film ini. Mereka tetap menggambarkan suasana alam semesta seperti aslinya dengan memanfaatkan pengaplikasian teknologi yang jauh lebih baik. Avatar 2 kabarnya akan rilis Desember 2022. (ikh)

Baca Juga:

Avatar 2 Akan Tetap Rilis Sesuai Jadwal Meski Terhambat Pandemi Corona

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan