Dilarang Menggunakan Isyarat Tangan ini! Beberapa Isyarat Tangan Yang Kamu Tidak Boleh Menggunakan Sembarangan Jika Keluar Negeri (Foto Pexels/Rodolpho Zanardo)

ISYARAT tangan yang digunakan di Indonesia belum tentu memiliki makna yang sama bila digunakan di luar negeri. Secara umum memang ada yang sama, namun ada yang tidak atau jangan pernah dipakai.

Jika kamu biasa melakukannya di negara asal kamu tetapi itu bisa menjadi hal yang sangat menyinggung di luar negeri. Berikut beberapa gerakan tangan yang harus kamu hindari saat berlibur ke luar negeri seperti yang dilansir dari laman huffpost.

Baca Juga: Tips dan Trik Menawar Harga Barang di Tempat Kamu Berlibur

1. Dua jari dengan telapak menghadap kedalam

isyarat
Saat Menggunakan Gerakan Ini Pastikan Telapak Tangan Mengarah Keluar (Foto Pexels/Pixabay)

Jika kamu sedang berlibur ke luar negeri dan ingin memesan dua makanan, pastikan kamu menunjukkan jari telunjuk dan jari tengah tegak keatas seperti bentuk V, dan telapak tangan kamu menghadap ke luar. Jika tidak itu sama saja kamu memberikan isyarat yang setara dengan jari tengah menghadap ke atas. Hindari penggunaan ini di Inggris, Australia, Irlandia, dan Selandia Baru.

2. Mengacungkan jempol

isyarat
Jangan Sembarangan Menggunakan Gerakan Ini di Negara Bagian Timur (Foto Pexels/Donald Tong)


Tanda acungan jempol biasanya di gunakan untuk mengatakan bahwa seseorang hebat dalam melakukan sesuatu. Ternyata di beberapa negara bagian timur menganggap acungan jempol sebagai isyarat ‘Terserah’. Tidak hanya itu bahkan ada negara yang menganggap mengacungkan jempol sebagai penghinaan. Negara yang tidak suka diacungkan jempol adalah Afghanistan, Bangladesh, Iran, sebagian Itali, dan Yunani.

Baca Juga: Yuk, Isi Pekan Terakhir Libur Sekolah dengan Glamping Dekat Ibu Kota


3. OK

isyarat
Gerakan Ini Dianggap Bahasa Yang Tidak Senonoh Di Beberapa Negara (Foto Pexels/Dids)


Memang simbol jari telunjuk dan ibu jari yang dipertemukan ini diartikan baik di banyak negara. Namun karena setiap negara memiliki pengetahuan yang berbeda-beda maka justru isyarat ini menjadi tidak baik. Isyarat ini memiliki arti sebagai penghinaan, tidak berharga, atau tidak senonoh. Kamu harus menghindari penggunaan gerakan ini di Brasil, Prancis, Turki, dan Venezuela.


4. Berhenti

isyarat
Warga Yunani Akan Sangat Marah Dengan Gerakan Tangan Ini (Foto Pexels/Fotografierende)

Jika kamu menggunakan gerakan ini, pastinya kamu mengharapkan agar seseorang berhenti sejenak. Saat kamu pergi berlibur ke Yunani dan menggunakan gerakan ini bisa dipastikan kamu akan mendapat satu pukulan ke wajah kamu. Warga Yunani menganggap gerakan ini sebagai sebuah penghinaan karena pada jaman dahulu para penjahat yang tertangkap akan diarak dan warga diperbolehkan mengoleskan kotoran ke wajah pejahat dengan telapak tangan terbuka.

5. Metal

isyarat
Gerakan Ini Mengibaratkan Seorang Pasangan Yang Tidak Setia atau Dianggap Fitnah (Foto Video Blocks)

Seperti namanya biasanya gerakan tangan ini sering digunakan di konser-konser band metal. Di negara-negara di bagian Amerika Latin dan Eropa gerakan tangan ini menunjukkan bahwa adanya ketidaksetiaan seorang istri atau suami. Gerakan tangan ini harus kamu hindari di negara Brasil, Italia, Kolombia, Portugal, dan Spanyol. (ape)

Baca Juga: Bosan Nge-Mall? Yuk Kunjungi Destinasi Museum-meseum Kece di Jakarta Ini


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH