Yuk, Isi Pekan Terakhir Libur Sekolah dengan Glamping Dekat Ibu Kota Glamping seru buat anak-anak dan seluruh keluarga. (foto: pixabay/chanwity)

CARA terbaik untuk mengenalkan anak-anak kepada alam ialah mengajak mereka untuk berinteraksi dengan alam. Selain hiking, kamu bisa mengajak si kecil untuk berkemah atau berkamping. Kamping juga enggak harus ribet dan merepotkan.

Sekarang kamu bisa mengajak anak seru-seruan dengan glamorous camping (glamping). Seperti kamping, glamping menawarkan sensasi tidur di alam terbuka. Bedanya, saat glamping kamu bisa berkemah dengan nyaman merasakan, tanpa perlu repot memasak atau mendirikan tenda.
Penasaran mencoba glamping di minggu akhir liburan sekolah ini? Berikut 5 tempat glamping yang dekat dengan Kota Jakarta.

1. Tanakita Camping Ground, Sukabumi

tanakita glamping
Pemandangan yang indah dari ketinggian. (foto: Instagram @dayuhatmanti)


Terletak di bagian depan Taman Nasional Gede Pangrango, Kadudampit, Cisaat, Sukabumi, bumi perkemahan ini terhampar di lahan seluas 2 hektare. Di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), Tanakita Camping Ground ini punya suhu rata-rata 20-22 derajat celsius di siang hari dan 18-20 derajat celsius di malam hari.

Berkemah di tempat ini sungguh nyaman. Kamu enggak perlu repot membawa tenda dan segala perlegkapannya. Persediaan makanan dan air sudah tersedia di sini. Untuk sampai ke lokasi, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kereta api dari Kota Bogor ke Sukabumi.

Selama glamping di sini, kamu bisa menikmati pemandangan alam hutan pinus atau bahkan menyesap kopi di coffee house yang ada di sana.

Saat malam, kamu bisa santai di sekitar api unggun sambil makan jagung bakar dan minum bandrek. Apalagi saat langit sedang cerah, kamu bisa melihat langit behiaskan bintang.

2. Trizara Resort

trizara glamping
Di Trizara, glamping dibuat nyaman. (foto: Instagram @trizararesort)


Ingin menikmati alam tanpa kehilangan kenyamanan yang hakiki, di Trizara Resort tempatnya. Terletak di Jalan Pasirwangi Wetan, Gudang Kahuripan, Lembang,, Kabupaten Bandung Barat, lokasi glamping ini menawarkan suasana sejuk khas Lembang.

Ada 40 tenda berbagai jenis yang bisa kamu sewa untuk glamping. Semuanya menawarkan pesona keindahan Lembang yang eksotis. Semuanya dilengkapi fasilitas layaknya hotel berbintang.

Di setiap tenda, kamu akan mendapat air mineral, teh, dan kopi lengkap dengan pemanas airnya, sandal, air panas, handuk serta amenities. Bahkan tersedia juga jaringan internet gratis yang koneksinya sangat bagus. Kamar mandinya terletak di bagian belakang tenda. Ukurannya cukup luas dan setiap satu tenda dilengkapi satu kamar mandi.

Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari yoga, zumba, bersepeda, hingga api unggun dan barberque.

3. Consina Bumi Geulis

consina bumi geulis
Camping ground yang juga area lokasi kegiatan outdoor. (foto: reserving.com)


Consina Bumi Geulis merupakan suatu area lokasi yang dipergunakan untuk kegiatan outdoor yang terletak di wilayah Gunung Geulis, Gadog, Bogor. Bumi perkemahan ini terhampar di lahan seluas lebih dari 1 ha. Udara di sini juga sejuk dan bersih karena terletak di kawasan kaki pegunungan dengan ketinggian sekitar 600 mdpl.

Untuk mencapai lokasi, kamu yang berkendara harus menempuh 3 km dari pertigaan Gadog atau pintu keluar Tol Jagorawi Gadog (menuju arah Puncak). Hanya butuh 1 jam perjalanan dengan mobil dari Jakarta.

Fasilitas untuk bermalam/menginap dengan konsep kamping dan lodge tersedia di tempat ini. Ada aula terbuka, karaoke, lapangan rumput, playground, camping ground, kolam renang, toilet bersih, warung, dan sepeda.

4. Gunung Pancar, Bogor

gunung pancar
Gunung Pancar, destinasi wajib saat ke Bogor. (foto: Instagram @gunungpancar)

Salah satu tempat wisata wajib saat ke Bogor, ya, ke Gunung Pancar ini. Gunung Pancar menawarkan lokasi kemping reguler dan fasilitas glamping. Lokasinya terletak tepat di tengah hutan pohon pinus yang menawarkan udara segar dan suasana tenang.

Selain glamping, Gunung Pancar juga punya spot foto yang Instagramable banget. Untuk fasilitas, kamu akan mendapat tenda, listrik, tempat tidur, dan tempat BBQ.

5. Legok Kondang, Ciwidey

legok kondang glamping
Kamping dengan kenyamanan dan modernitas. (foto: Instagram @ignatius.novi)

Lokasi kemah yang satu ini menggabungkan alam dan modernitas. Tidak mengherankan jika di tiap tenda dilengkapi dengan siaran televisi internasional dan room service. Selain itu, tenda di sini dilengkapi kasur empuk dan toilet yang nyaman.

Legok Kondang terletak tak jauh dari pusat Kota Bandung. Hanya 2 jam perjalanan. Lokasinya dekat dengan kawah putih dan hamparan kebun stroberi. Suhu di sini sejuk dengan pemandangan indahnya matahari terbit setiap pagi.

Bagaimana, sudah siap berangkat glamping?(dwi)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH