Desa Ngelanggeran Raih Predikat Desa Wisata Terbaik Dunia 2021

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 06 Desember 2021
Desa Ngelanggeran Raih Predikat Desa Wisata Terbaik Dunia 2021
Embung Nglanggeran di, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: Teresa Ika)

DESA Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terpilih menjadi Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 yang ditetapkan oleh Organisasi Pariwisata Dunia atau United Nation World Tourism Organization (UNWTO) di Madrid, Spanyol pekan ini.

Keindahan alam pegunungan andesit kuno ini sangat memukau hingga membuat siapapun yang berkunjung merasa damai dan mampu mengusir penat dihati.

Baca juga:

5 Destinasi Wisata di Lumajang, Cocok untuk Memanjakan Mata

Penggagas dan Pendiri Ekowisata Desa Nglanggeran, Sugeng Handoko mengatakan dirinya dan masyarakat Desa Nglanggeran sangat terharu dan bersyukur menjadi Desa Wisata Terbaik Dunia 2021.

Ia menjelaskan aktivitas pengembangan Desa Wisata Nglanggeran dinilai baik dalam hal pengembangan kepariwisataan dan terbukti dapat menjaga desa, lingkungan alam, budaya dan keharmonisan masyarakatnya termasuk gastronomi lokal menjadi berkembang.

"Sebuah desa kecil di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, yang dulu asing terdengar susah dieja diucapkan, Alhamdulillah kini menjadi sebuah desa yang mendapatkan apresiasi oleh badan pariwisata dunia UNWTO," kata Sugeng Handoko melalui keterangan pers di Yogyakarta, Senin (06/12).

Prestasi ini tentu sangat membanggakan. (Foto: Instagram/desawisatanglanggeran)
Prestasi ini tentu sangat membanggakan. (Foto: Instagram/desawisatanglanggeran)

Desa ini memiliki sejumlah lokasi wisata seperti Embung (danau buatan menampung air), Gunung Api Purba, Kebun buah, peternakan dan tempat pengolahan coklat dan kopi serta lokasi outbond dan perkemahan.

Salah satu kunci keberhasilan memajukan Ngelanggeran, lanjut Sugeng karena pihaknya melibatkan anak-anak muda untuk ikut berkontribusi dan mengelola lokasi wisata.

"Mari kita ajak generasi muda penerus estafet kepemimpinan di desa, memegang tokoh kunci agar mudah melakukan koordinasi serta kerja sama yang apik karena pariwisata tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri," katanya.

Baca juga:

Simak Hal Penting Ini Sebelum Liburan Akhir Tahun di Ancol

Pihaknya juga mengajak pegiat desa wisata di Indonesia untuk semakin semangat dan optimistis berkarya dari desa, membangun Indonesia melalui pengembangan desa wisata.

Penghargaan Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 dianugerahkan kepada Desa Wisata Nglanggeran pada seremoni UNWTO Best Tourism Villages yang dilaksanakan dalam rangkaian program "Thematic Session" pada Sidang Umum UNWTO ke-24 di Madrid, Spanyol, Kamis (2/12/2021) waktu setempat.

Sebanyak 44 desa dari 32 negara di lima wilayah dunia diberikan pengakuan pada tahun 2021. Semuanya menonjol karena sumber daya alam dan budayanya serta tindakan dan komitmen inovatif dan transformatifnya terhadap pengembangan pariwisata sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Keindahan desa Nglanggeran dari atas Gunung Api Purba di, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: MP/Patriciavicka)
Keindahan desa Nglanggeran dari atas Gunung Api Purba di, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: MP/Patriciavicka)

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono mengatakan dengan banyaknya penghargaan dan juga prestasi yang disumbangkan oleh Kawasan Desa Wisata Nglanggeran, diharapkan bisa menjadi cambuk bagi desa wisata lain di Gunung Kidul, dan juga Indonesia pada umumnya.

"Pekerjaan rumah kami itu, mereplikasi Nglanggeran ke Desa Wisata yang lainnya," kata Harry.

Sejumlah desa wisata di Gunung Kidul, disebutnya memiliki potensi yang sama dengan Nglanggeran seperti wilayah Mulo, dan Desa Wisata Tepus, juga desa Wisata yang lainnya.

"Nglanggeran itu pelibatan masyarakatnya kuat, mudah-mudahan bisa dicontoh desa wisata yang lain," kata Harry. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca juga:

Peneliti Asing: Saung Angklung Udjo Harus Didukung

#Wisata
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan