Deretan Makanan yang Berkhasiat Menurunkan Kolesterol Yuk kenali deretan makanan yang bisa menurunkan kolesterol (Foto: pixabay/tookapic)

SAAT lebaran, banyak sekali makanan hidangan lezat yang tersaji di rumah. Apalagi saat berkunjung ke rumah saudara maupun kerabat.

Tapi kamu harus bijak dalam memilih dan mengonsumsi jumlah makanan, terlebih yang mengandung kolesterol tinggi. Karena jika kolesterolmu naik, bisa memicu berbagai penyakit.

Baca Juga:

Tips Mengelola THR Saat Pandemi COVID-19 dari Kacamata Financial Planner

Mengingat hal itu, seperti yang dilansir dari laman Go Dok, ada beberapa makanan yang terbukti mampu mengontrol sekaligus menekan kolesterol jahat.

Makanan yang pertama yakni beras merah. Selain menjadi sumber karbohidrat harian, beras merah juga kaya akan vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Kandungan serat pada beras merah juga rupanya bagus untuk menurunkan kadar gula dan lemak darah.

Beras merah bermanfaat menurunkan kolesterol jahat (Foto: pixabay/aviavlad)

Makanan kedua yakni avokad. Jarang diketahui jika buah ini mengandung banyak kolesterol baik, seperti asam oleat dan lemak tak jenuh. Selain itu, avokad kaya akan serat pangan yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Baca juga:

Cara Mudah Mengontrol Kadar Kolesterol Saat Lebaran

Makanan ketiga yaitu bawang putih. Kamu bisa mengonsumsi setengah siung bawang putih mentah setiap hari. Jumlah tersebut dapat menurunkan kolesterol sebanyak kurang lebih 9 - 12 persen. Karena bawang putih mengandung senyawa bernama allicin, yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan juga kolesterol jahat.

Tomat mengandung likopen yang baik bagi tubuh untuk menurunkan kolesterol (Foto: pixabay/loggawiggler)

Makanan keempat yaitu tomat. Di mana tomat merupakan sumber likopen yang baik bagi tubuh, karena bisa mengurangi kadar kolesterol jahat. Untuk itu, kamu disarankan mengolahnya menjadi sup atau jus.

Makanan yang kelima yakni anggur. Pada sebutir anggur terdapat senyawa flavonoid. Di mana memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan dan penggumpalan trombosit, akibat dari serangan radikan bebas yang bersumber dari kolesterol jahat.

Nah, itu dia gengs beberapa makanan yang bisa menurunkan kolesterol kamu usai 'makan enak' selama libur lebaran. Semoga bermanfaat. (Ryn)

Baca juga:

Tips Ampuh Tetap Bugar Saat Lebaran Setelah Berpuasa Sebulan Penuh

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH