Tips Mengelola THR Saat Pandemi COVID-19 dari Kacamata Financial Planner Bijaklah dalam mengelola THR (Foto: pixabay/bru-no)

MENJELANG Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, para pekerja biasanya mendapat Tunjangan Hari Raya (THR). THR ialah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha pada pekerja menjelang hari raya keagamaan. Biasanya THR dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan.

Namun untuk Hari Raya Lebaran tahun 2020 ini, situasi berbeda dari biasanya, yakni di tengah pandemi Virus Corona. Lantaran pandemi tersebut, dampaknya pun sangat luar biasa bagi sejumlah perusahaan.

Baca juga:

Praktis, Ini 5 Situs Rekomendasi untuk Bayar Zakat Fitrah secara Online

Beberapa perusahaan ada yang membayar full THR pegawainya, ada yang membayar setengah, hingga ada yang tak sanggup membayar THR pegawainya karena minimnya pendapatan.

Karena itulah kamu harus bijak dalam menggunakan Tunjangan Hari Raya di tengah Pandemi Virus Corona ini. Menurut pemegang sertifikasi Profesional dibidang Perencana Keuangan, Rizki Marman Saputra, ada beberapa tips untuk mengolah keuangan, mulai dari yang mendapat THR Full, mendapat THR setengah gaji, hingga sama sekali tidak mendapatkan THR.

Untuk kamu yang mendapat THR Full, Rizki menuturkan sebaiknya kamu gunakan THR sebagaimana mestinya dengan baik, dan segeralah buat skala prioritas. Pada saat pandemi virus Corona ini, jangan gunakan THR Seperti biasanya seperti sebelum ada pandemi. "Gunakanlah THR untuk hal-hal pokok primer, jangan dipergunakan untuk kebutuhan leisure atau tersier, seperti membeli kebutuhan yang kurang penting," tutur Rizki saat dihubungi merahputih.com.

Sementara itu, untuk kamu yang mendapat THR hanya setengah gaji, Rizki memberikan saran yang hampir serupa dengan yang mendapat THR Full. Menurut Rizki, saat pandemi, ada beberapa perusahaan yang hanya mampu memberikan pegawainya THR setengah gaji. Jadi tidak perlu memberi barang yang kurang diperlukan. "Contohnya membeli gadget baru yang tak mendukung kegiatan produktif, bahkan hanya sebatas pemenuhan keinginan akan kebutuhan konsumtif, atau gaya hidup dan bukan hal bersifat urgent," jelasnya.

Gunakan THR Sebagai Investasi

Gunakan uang THR mu sebagai investasi untuk masa depan (Foto: pixabay/sallyjermain)

Menurut Certified Financial Planner ini, sebaiknya pada kondisi sulit seperti ini tunda pengeluaran-pengeluaran yang tak diperlukan. Lebih baik mengalokasikan dana lebih THR seperti untuk investasi di masa depan. Karena kita tak mengetahui persis hingga kapan krisis pandemi ini akan berlangsung. Akan lebih baik kita menyiapkan dana untuk kebutuhan pokok dengan baik dalam menghadapi krisis ini.

"Lebih baik dana tersebut di investasikan, dengan harapan untuk mendapatkan return yang lebih baik, kita ketahui bahwa saat pandemik seperti ini market sedang crash, teori investasi menyebutkan bahwa pada saat market crash adalah masa yang paling tepat untuk kita berinvest, contohnya di pasar bursa saham, banyak saat ini saham-saham LQ45 drop, bearish hingga 50% lebih," Ujar Rizki.

Bagi Rizki, kita harus mengambil sisi positif pada saat momen pandemi Virus Corona ini, seperti membeli saham dengan harga separuhnya. Jangan kamu menunggu nilai saham mencapai paling rendah, karena saat ini merupakan saat yang tepat untuk berinvestasi.

Baca juga:

Cara Mudah Mengontrol Kadar Kolesterol Saat Lebaran

Market akan kembali bullish seiring perekonomian kembali pulih. Tapi, jika kamu bukan berada pada risk profile yang high risk high return, tentunya berinvestasi di instumen saham tak dianjurkan.

Karena selain saham, kamu juga bisa melakukan investasi seperti membeli obligasi (surat utang), membeli emas, deposito serta menabung di instrument keuangan yang lebih liquid dan aman.

#DirumahAja Bisa Menghemat Penggunaan THR

Tetap melakukan social distancing dengan #DirumahAja, bisa menghemat penggunaan uang THR (Foto: pixabay/nattanan23)

Menurut Rizki, kegiatan Work From Home (WFH) akan jauh lebih menghemat biaya-biaya rutin bulanan yang dikeluarkan. Contohnya biaya transportasi menjadi berkurang, seperti untuk membeli bensin, parkir, atau membayar transportasi umum. Selain itu, biaya makan siang pun jadi lebih murah karena di rumah. Biaya untuk ngopi atau ke cafe pun tak ada.

Tapi, di sisi lain juga terdapat kenaikan pengeluaran, misalnya biaya listrik meningkat, karena AC dan lampu hidup selama kita WFH. Selain itu, keinginan untuk membeli barang yang kurang dibutuhkan di e-commerce pun meningkat. Karena kecenderungan di rumah terus membuat seseorang merasa bosan.

Menurut berbagai referensi bisnis, e-commerce mengalami peningkatan transaksi sebesar 35% selama masa pandemi Virus Corona. Karena itu, pandailah dalam memilah mana kebutuhan pokok dan kebutuhan leisure. Jika hal itu dilakukan, tentu akan sangat menghemat uang THR. Sisa uang THR pun bisa kamu alokasikan pada pos-pos yang lebih baik dan produktif. (Ryn)

Baca juga:

Tips Ampuh Tetap Bugar Saat Lebaran Setelah Berpuasa Sebulan Penuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Super Tajir, 4 Idola Korea Selatan 'Crazy Rich Asian'
Fun
5 Kado Valentine Ini Cocok Buat Pasangan yang Hobi Motoran!
Fun
5 Kado Valentine Ini Cocok Buat Pasangan yang Hobi Motoran!

Buat pasangan kamu yang hobi motoran atau suka banget sama otomotif mereka layak lho dapat kado.

Tetap Sane dan Healthy, Rayakan Halloween Sesuai Panduan CDC
Fun
Tetap Sane dan Healthy, Rayakan Halloween Sesuai Panduan CDC

Ada tiga kategori aktivitas Halloween menurut CDC.

Lawan Corona, Apple Sumbang Jutaan Masker untuk Tenaga Medis
Hiburan & Gaya Hidup
Lawan Corona, Apple Sumbang Jutaan Masker untuk Tenaga Medis

Kurangnya persediaan dan peralatan yang diperlukan untuk menanggapi mereka yang terkena dampak pandemi virus Corona jadi alasan Apple.

Blumfest 2020, Perayaan Halloween ala Blumhouse Productions
ShowBiz
Blumfest 2020, Perayaan Halloween ala Blumhouse Productions

Meriahkan Halloween, rumah produksi film horor Blumhouse adakan acara virtual.

Trailer Terbaru 'The Batman' Kenalkan Supervillain Penguin dan Riddler
ShowBiz
Trailer Terbaru 'The Batman' Kenalkan Supervillain Penguin dan Riddler

Kedua karakter antagonis ini akan membuat Batman kewalahan menjaga Gotham City.

Menjalin Hubungan Dengan Introvert? Begini Tipsnya!
Fun
Menjalin Hubungan Dengan Introvert? Begini Tipsnya!

Orang introvert memang butuh adaptasi khusus saat berada di kerumunan bahkan ketemu orang baru.

Hati-Hati Kebanyakan Tidur Berakibat Kematian
Fun
Hati-Hati Kebanyakan Tidur Berakibat Kematian

Tidurlah dengan pola waktu tidur yang disarankan dokter.

Gara-Gara Corona, Piala Oscar 2021 Terancam Ditunda
ShowBiz
Gara-Gara Corona, Piala Oscar 2021 Terancam Ditunda

Ajang yang tadinya akan digelar pada 28 Februari 2021 ini masih jauh dari kenyataan.

Makanan yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Puasa Untuk Menjaga Imunitas Tubuh
Kuliner
Makanan yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Puasa Untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Saat berbuka, kebiasaan menyantap gorengan dan es memang sudah mendarahdaging