Cara Mudah Mengontrol Kadar Kolesterol Saat Lebaran Yuk intip cara mudah mengontrol kolesterol saat lebaran (Foto: notepam)

SAAT Hari Raya Lebaran, biasanya para umat Muslim berkumpul bersama keluarga besar untuk mempererat tali silaturahmi. Disaat itu juga, biasanya ketika berkumpul dengan keluarga besar, tersaji banyak menu-menu khas lebaran seperti ketupat, opor ayam, gulai kambing, rendang dan sebagainya. Tentunya makanan tersebut sangat menggugah selera.

Baca Juga:

Tips Ampuh Tetap Bugar Saat Lebaran Setelah Berpuasa Sebulan Penuh

Tapi kamu harus berhati-hati, karena makanan-makanan tersebut mengandung kadar kolestero lyang tinggi. Karena biasanya, seseorang cendrung ingin 'balas dendam' atas waktu-waktu tanpa makanan saat menjalani ibadah puasa.

Dr. Nurul Ratna Manikam, SpGK, seorang spesialis gizi klinik RS Cipto Mangunkusumo, mengatakan, bahwa pasca-Lebaran, banyak pasien yang datang dengan keluhan berupa masalah pencernaan, kolesterol, serta asam urat.

Sebetulnya makanan seperti itu wajar saja dikonsumsi pada hari raya, asalkan kamu tahu cara untuk mengontrolnya. Nah, seperti yang dilansir dari laman alodokter, berikut ini cara mengontrol kadar kolesterol selama lebaran, seperti yang dilansir dari laman Go Dok.

Baca juga:

Ketahui! Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara pertama yakni mengontrol kadar kolesterol dengan mengimbangi asupan lemak dengan sayur dan buah. Sayuran hijau serta buah-buahan segar, mengandung serat yang bisa mengikat lemak dan membuangnya.

Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah pun bisa mencegah naiknya asam lambung, dan terjadinya maag. Jadi, usai melahap makanan berlemak tinggi di hari raya, kamu jangan lupa untuk mengonsumsi buah juga.

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayur saat lebaran (Foto: pixabay/silviarita)

Cara kedua yakni mengonsumsi kacang-kacangan. Selama lebaran, konsumsilah makanan penetral kolesterol seperti kacang-kacangan.

Makanan yang mengandung kacang kedelai serta kacang polong, bisa menetralkan kadar kolesterol tinggi, yang sudah kamu asup sebelumnya. Begitu pun dengan kacang merah atau kacang hijau yang bisa kamu buat dengan mudah.

Cara ketiga yakni sarapan sehat. Di Indonesia Lebaran kerap dirayakan dua hari, di mana keduanya penuh dengan berbagai makanan berlemak. Jadi usahakanlah untuk mengonsumsi sarapan sehat yang terbuat dari gandum pada dua hari tersebut dan seminggu setelahnya.

Karena, kandungan betaglucan yang tinggi pada gandum, bisa menekan kadar kolesterol dalam darah. Nah panganan gandum sehat yang bisa kamu coba yakni roti gandum, oatmeal serta sereal kaya-gandum.

Jangan lupa untuk berolahraga (Foto: pixabay/272447)

Cara keempat yakni perbanyak aktivitas fisik. Kadar kolesterol di dalam tubuh kamu bisa dibakar dengan berolahraga. Berdasarkan pengamatan para ahli, berolahraga selama 40 menit per hari, bisa membantu mengurangi kadar kolesterol pada tubuh sekitar 5 - 10%.

Karena itu, kamu bisa menjalankan olahraga selama 30-40 menit pada sore hari, usai kegiatan silaturahmi lebaran selesai. Atau kamu bisa melakukannya di pagi hari, usai menjalankan ibadah solat subuh. Jika kamu tak ingin berolahraga berat, kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti jogging atau yoga.

Cara yang kelima yakni batasi asupan makanan berlemak. Hindarilah terlalu banyak mengonsumsinya dan jangan merasa bahwa kamu harus 'balas dendam' pada waktu-waktu puasa.

Nah, itu dia beberapa tips mudah mengontrol kadar kolesterol selama lebaran, semoga bermanfaat. (Ryn)

Baca juga:

Ingin Tetap Sehat Saat #DiRumahAja? Ini Tipsnya

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH