Modus-Modus Orang Minta Maaf Palingan di Ujung Ada 'Maunya' Kenali alasan orang minta maaf paling ada 'maunya' (Foto: pixabay/alexas_fotos)

BUDI bangun lebih pagi lantaran ponselnya bergetar berkali-kali. Ia cek ponsel lalu melihat tanda merah dengan angka 32 hinggap di aplikasi pesan whatsapp. Mula-mula ia beranggapan mungkin ada urusan kerjaan mendadak di pagi hari sehingga harus segera direspon.

Begitu dilihatm ternyata perkiraannya meleset. Rupanya pesan datang dari kontak tak dikenal. "Hai Budi apa kabar? Masih ingat aku kan? Ini Silvi teman SMA kamu dulu".

Pagi-pagi Budi terpaksa mengingat kembali ke masa SMA. Ia sisir teman-teman perempuannya satu per satu. Dan, ternyata memang ada teman satu SMA bernama Silvi meski bisa dihitung jari satu tangan pernah ngobrol bareng.

"Oh iya ingat, ada angin apa nih tumben kontak? Btw tahu nomor aku dari mana yah?" balas Budi mengecek.

Baca Juga:

Alasan Minta Maaf Paling Basi Ketika Lupa Hari Ulang Tahun Pasangan

"Kirain sudah enggak ingat, aku tahu nomor kamu dari Cindy, kemarin ketemu pas aku lagi di mall".

Budi masih menerka-nerka tujuan utama teman lama enggak terlalu dekat tersebut mengirim pesan pagi buta. "Bud, sebelumnya aku minta maaf banget niih". Budi keheranan kenapa tiba-tiba temannya minta maaf. Ia meneropong kembali tingkah lakunya di masa lalu mungkin pernah ada silap perbuatan maupun kata.

Minta maaf untuk modus meminjam uang sering terjadi di kota-kota besar (Foto: pixabay/emaji)

Pesan susulan temannya tersebut kemudian membuat Budi semakin paham. "Bud aku minta maaf sebelumnya, bisa tolongin aku enggak Bud. Aku lagi butuh uang banget nih buat bayar kost, enggak banyak kok Bud cuma tiga juta aja".

"Ah lagu lama," gumam Budi. Ia merasa jengkel dengan pesan singkat temannya di pagi hari tersebut. Menurutnya, Silvi bukan teman dekat apalagi sama sekali enggak pernah tegur sapa di whatsapp tapi tiba-tiba saat ada perlunya baru mengontak pinjam uang.

Bila posisinya Silvi merupakan teman baik Budi, dan intensitas pertemuan mereka sebelumnya sangat sering, ada kemungkinan Budi akan meminjamkan uang.

Baca Juga:

Mpok Minah 'The Queen' of Minta Maaf

Sejak peristiwa enggak asyik di pagi hari tersebut Budi semakin mengerti tanda-tanda orang minta maaf tapi 'ada udang di balik' batu atau ada maunya. Ia cermat-cermat flashback begitu teman minta maaf. Jika memang pernah ada interaksi kemungkinan memang benar ingin memohon maaf. Namun, bila interaksi minim maka bisa dipastikan ada maunya, entah pinjam barang, uang, atau pertolongan lainnya.

Alasan minta maaf paling ada 'Maunya' biasana meminta waktu tempo pelunasan hutang (Foto: pixabay/geralt)

Selain modus minta maaf untuk meminjam uang , ada lagi minta maaf paling ada 'Maunya'. Biasanya ada orang tiba-tiba minta maaf saat ada hutang. Kebanyakan tujuannya meminta penagguhan pembayaran dengan beribu alasan.

Misalnya, dua atau satu hari sebelum jatuh tempo pelunasana orang bersangkutan lumrahnya akan mengirim pesan meminta maaf disambung beribu alasan. Intinya, orang tersebut tidak bisa bayar di tanggal telah disepakati dan memohon agar dilakukan penangguhan pembayaran alias bayar mundur, entah sehari, seminggu, sebulan, bahkan setahun.

Mengapa kata maaf sering jadi dalih ketika orang sedang ada maunya? Dengan diawali kata maaf, seseorang akan lebih menghargai mitra bicaranya, seperti halnya si pemberi pinjaman kepada si penghutang. Si pemberi pinjaman biasanya akan memberikan keringan, apabila si penghutang sopan dan kooperatif dalam berkomunikasi.

Kata maaf di konteks tersebut memang berfungsi ganda. Pertama, memang benar-benar minta maaf dan kedua minta izin. Dalam kasus tersebut, minta maaf karena tidak bisa bayar di waktu telah disepakati, dan minta maaf untuk meminta izin agar ada penangguhan pembayaran.

Meminta maaf paling ada maunya, biasanya ketika sudah merusak barang teman, kemudian menghilang tanpa jejak (foto: pixabay/nickpe)

Selain persoalan utang-piutang, tanda-tanda orang sering minta maaf bisa jadi karena faktor telah menghilangkan atau merusak barang.

Sebelum kata maaf keluar, biasanya si perusak atau penghilang barang akan berlaku super baik kepada si pemilik barang. Entah tiba-tiba menraktir boba, membelikan nasi goreng, sampai mencuci mobilnya. Ya ampun! Habis kelakuan baiknya terendus ada udang di balik batu, barulah pelaku sering-sering keluar kata maaf.

Hal seperti itu kerap terjadi di lingkungan pertemanan. Selain meminta maaf, biasanya pelaku akan menceritakan mengapa sampai barang tersebut hilang atau rusak. Selain minta maaf, teman bertanggungjawab sepatutnya akan mengganti barang rusak atau hilang.

Namun, enggak sedikit orang bila sudah merusak atau menghilangkan barang teman, tapi tidak ada kabar lagi, hanya sekadar ucapan basa-basi meminta maaf. Setelah itu menghilang tanpa jejak. Ghosting!

Selain itu, minta maaf paling ada maunya lainnya, paling sering terjadi di hubungan percintaan tak lain tak bukan terkiat memutuskan sebuah hubungan.

Biasanya, ketika hubungan sudah tak lagi bisa dipertahankan, atau sudah menemukan gebetan baru lebih kece, dan alasan lainnya, pemutusan hubungan akan terjadi cepat atau lambat. Biasannya diawali dengan kata-kata permintaan maaf.

Dari mulai "Maaf aku bukan terbaik buat kamu", "Maaf aku enggak bisa bahagiakanmu", "Maaf mau fokus UN dulu", "Maaf sebenarnya aku sayang sama kamu, tapi aku disuruh orang tua fokus ke pendidikan dulu", "Maaf sayang aku dijodohin sama anaknya teman mamah aku". Sampah banget! Intinya dalih aja kan. Sebenarnya emang udah enggak sayang aja!

Deretan kata-kata maaf tersebut, kerap dijadikan awalan untuk memutuskan sebuah hubungan. Hal itu biasanya agar sang kekasih tak menyimpan rasa dendam, ketika tiba-tiba diputuskan hubungan secara sepihak, karena sudah meminta maaf terlebih dahulu.

Meminta maaf pada dosen demi bisa tetap mengumpulkan tugas meski telat (foto: pixabay/startupstockphotos)

Masih di ranah relasi, biasanya "Alasan Orang Minta Maaf Paling Ada 'Maunya" terjadi kepada dari mahasiswa kepada dosen. Bukan mahasiswa emang kalo enggak punya seribu akal. Ibarat banyak jalan menuju Roma (meski Roma sering kalah akhir-akhir ini).

Di saat tenggat pengumpulan tugas, mahasiswa belum selesai tugas punya beragam alasan untuk meminta pengunduran deadline. Mereka akan sering-sering minta maaf, seolah-olah datang dari lubuk hati terdalam.

"Mohon maaf menggangu pak Deni, selamat siang , saya Budi dari fakultas ilmu komunikasi, saya ingin meminta izin penambahan waktu pengumpulan tugas pak, maaf agak telat pak, karena saya kuliah sambil bekerja, dan waktunya sangat sempit".

Belum lagi alasan teknis, mulai tiba-tiba mati listrik di rumah dan indekos, printer mati, laptop ngehang, file kena virus, sampai flashdisk kena kuah mi instan.

Bila sudah beralasan demikian, Dosen biasanya tak lantas percaya begitu saja. Kata maaf terkadang cuma jadi pemanis saja dan deadline tak bisa mundur. (Ryn)

Baca Juga:

Yuk, Belajar Minta Maaf dari 5 Film Indonesia ini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ajak Ardhito Pramono Main di Film ‘Dear Nathan’, Jefri Nichol lakukan Cara Unik
ShowBiz
Ajak Ardhito Pramono Main di Film ‘Dear Nathan’, Jefri Nichol lakukan Cara Unik

Trilogi Dear Nathan berakhir di Dear Nathan: Thank You Salma.

Kemenparekraf Ajak Musisi Berkarya dengan Inspirasi Budaya Indonesia
ShowBiz
Kemenparekraf Ajak Musisi Berkarya dengan Inspirasi Budaya Indonesia

Kemenparekraf mendorong para musisi yang ada di Indonesia, untuk menjadikan tradisi serta budaya khas Indonesia sebagai inspirasi mereka dalam menghasilkan sebuah karya.

Minum Jamu Baik untuk Pertahankan Imun Tubuh
Hiburan & Gaya Hidup
Minum Jamu Baik untuk Pertahankan Imun Tubuh

Jika kamu mengonsumsinya secara teratur sesuai dengan kebutuhan.

Jatuh Bangunnya Nokia akan Diangkat dalam Serial TV
Fun
Jatuh Bangunnya Nokia akan Diangkat dalam Serial TV

Serial televisi yang menceritakan perusahan Nokia ini akan tayang pada 2022.

Elvan Saragih Tunjukan Eksistensi Bermusik Lewat ‘Kau Ulangi Lagi’
ShowBiz
Elvan Saragih Tunjukan Eksistensi Bermusik Lewat ‘Kau Ulangi Lagi’

Bercerita tentang seseorang yang sering mengulangi kesalahan.

Pernyataan Tegas Indro Warkop Soal Warkopi
ShowBiz
Pernyataan Tegas Indro Warkop Soal Warkopi

Indro Warkop, mengatakan tak pernah berniat membawa kasus grup Warkopi ke jalur hukum. Tapi menurutnya akan ada konsekuensi yang harus diterima oleh pihak Warkopi.

Sulap Celana Jeans Lama Jadi Baru dengan Teknik Acid Wash
Fashion
Sulap Celana Jeans Lama Jadi Baru dengan Teknik Acid Wash

Teknik acid wash yang akan menghasilkan motif seperti batu marmer.

Varian Coronavirus Baru Lebih Mematikan dan Cepat Menyebar
Hiburan & Gaya Hidup
Ryan Reynolds Rehat dari Industri Film?
ShowBiz
Ryan Reynolds Rehat dari Industri Film?

Pemberitahuan ini disampaikan sang aktor lewat akun Instagram pribadi Ryan Reynolds.

Tips Mengemudi Agar Irit Konsumsi BBM
Fun
Tips Mengemudi Agar Irit Konsumsi BBM

Kenali Tips Mengemudi Agar Irit Konsumsi BBM