Dengan Adopsi Kamu Bisa Bantu Lestarikan dan Jaga Populasi Pari Manta Ayo adopsi reef manta ray! (Foto: hostel world)

KARENA bentuknya yang unik dan lucu, manta ray atau yang biasa disebut ikan pari menjadi salah satu mahkluk laut yang paling menarik. Ikan pari merupakan ikan dengan ukuran otak terbesar sehingga mereka mampu belajar dari pengalaman, memecahkan masalah, dan berkomunikasi satu sama lain.

Reef manta ray (Mobula alfredi) merupakan spesies terbesar kedua dari ikan pari. Hidup disekitar pantai perairan dangkal dan gugusan pulau yang penuh dengan terumbu karang, tidak heran jika banyak reef manta ray ditemukan di negara kepulauan Fiji.

Baca juga:

Kurangi Pemakaian Plastik Kalau Kamu Peduli dengan Biota Laut

Saat ini, reef manta ray ikut merasakan dampak dari krisis lingkungan yang menyebabkan keberlangsungan hidup mereka semakin terancam. Saat ini, Kokomo Private Island yang terletak di negara kepulauan Fiji menyediakan pintu bagi semua orang untuk bisa terlibat dalam melindungi dan melestarikan reef manta ray lewat adopsi. Apa sih maksudnya?

1. Adopsi berbentuk donasi untuk konservasi reef manta ray

Bantu Lestarikan dan Jaga Populasi Reef Manta Ray dengan Adopsi
Kokomo private island menjadi tempat konservasi ikan pari. (Foto: Pacific Island Living)

Proyek adopsi yang dicetuskan oleh Manta Trust dan Manta Project Fiji ini akan berbasis donasi untuk pelestarian dan perlindungan reef manta ray.

Di musim ini, akan ada 18 ikan pari untuk diadopsi dengan harga USD 450 atau sekitar Rp 6,3 juta. Itu merupakan angka minimal donasi untuk para ikan pari di pulau Yaukuve Levu, Fiji.

2. Beri nama dan dapatkan informasi perkembangan ikan pari milikmu

Bantu Lestarikan dan Jaga Populasi Reef Manta Ray dengan Adopsi
Kokomo Private Island, Fiji. (Foto: forbes.com)

Setelah memilih dan mengadopsi ikan pari, kamu bisa memberi nama ikan parimu. Kamu juga akan mendapatkan informasi terbaru seputar perkembangan dan kesehatan mereka setiap dua bulan sekali.

Update kabar ini termasuk dimana lokasi ikan pari milikmu terakhir dilihat karena ikan pari milikmu tetap hidup bebas di lokasi perairan di sekitar Kokomo Private Island.

Baca juga:

Suka Main ke Laut? Yuk Cari Tahu Dulu Fakta tentang Pusaran Air

3. Tujuan adopsi

Bantu Lestarikan dan Jaga Populasi Reef Manta Ray dengan Adopsi
Adopsi ini bisa membantu melindungi dan melestarikan reef manta ray. (Foto: forbes.com)

Secara keseluruhan, tujuan dari projek adopsi ikan pari ini didedikasikan untuk menumbuhkan populasi reef manta ray. Projek adopsi ini juga diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap kebutuhan ikan pari yang keberlangsungan hidupnya terancam.

Projek dipimpin oleh Luke Gordon, seorang ahli biologi kelautan dan fotografer bawah laut yang telah berpengalaman dengan konservasi laut di Maldives, Ecuador dan Seychelles.

Gordon mengatakan bahwa setiap ikan pari yang berada di berbagai kawasan memiliki ciri dan perilaku yang berbeda-beda, dan masih sangat sedikit informasi yang diketahui tentang reef manta ray di negara kepulauan Fiji.

4. Kamu bisa berenang bareng dengan 40 ikan pari

Bantu Lestarikan dan Jaga Populasi Reef Manta Ray dengan Adopsi
Berenang dengan reef manta ray raksasa akan menjadi pengalaman tidak terlupakan. (Foto urbansweat.com.au)

Fiji merupakan negara kepulauan yang berada di bagian selatan Samudera Pasifik yang terdiri dari 330 pulau. Karena hampir sebagian besar pulau tidak berpenghuni, maka ikan pari di Fiji tidak terlalu familiar dengan kehadiran manusia sehingga mereka tidak takut untuk bermain bersama di air.

Gordon mengatakan bahwa kamu akan mendapatkan pengalaman luar biasa ketika kamu berenang di lautan bersama lebih dari 40 ikan pari raksasa. Pengalaman tidak terlupakan ini hanya bisa kamu dapatkan di pulau Kokomo dan pulau-pulau sekitar Yaukuve Levu, Fiji. Kamu juga bisa berpetualang mencari ikan pari yang telah kamu adopsi ditemani bersama para penyelam profesional lokal. (Shn)

Baca juga:

5 Petualangan Seru yang Wajib Kamu Coba di Indonesia


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya