5 Petualangan Seru yang Wajib Kamu Coba di Indonesia Rasakan petualangan seru di berbagai daerah di Indonesia. (foto: pixabay/rawpixel)

INDONESIA dengan gugusan ribuan pulau di dalamnya menawarkan banyak hal kepada para avonturir. Gugusan pulau dari Sumatra hingga Merauke di Papua menawarkan beraneka hal untuk dicoba. Mulai dari bersantai di pantai, menikmati indahnya matahari terbit, syahdunya senja, hingga petualangan memacu adrenalin. Semua ada di Indonesia.

Jadi, sebelum kamu melangkahkan kaki keluar dari negeri seribu pulau ini, yuk simak 5 petualangan seru yang bisa kamu coba di bumi Nusantara.

1. Menyelam di Taman Nasional Komodo

Berenang bersama pari manta jadi highlight diving di perairan Taman Nasional Komodo. (foto: komododivecenter)

Taman yang terletak di antara Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat ini sudah diterima sebagai warisan dunia UNESCO sejak 1991. Tidak mengherankan jika nama taman nasional ini tersohor hingga ke mancanegara.

Enggak cuma menawarkan pertemuan mendebarkan dengan kadal purba komodo, Taman Nasional Pulau Komodo juga punya lautan dan pantai yang indah. Layak untuk dieksplorasi.

Terumbu karang di perairan Taman Nasional Komodo termasuk salah satu yang terindah di dunia. Perairan tersebut menjadi rumah untuk seribu jenis ikan, 260 macam karang, 70 bunga karang, dan berbagai jenis invertebrata.

Yang lebih seru lagi, perairan tersebut menjadi jalur migrasi 5 jenis paus, 10 jenis lumba-lumba, dugong, hingga pari manta. Perjumpaan dengan hewan laut menakjubkan tersebut menjadi highlight yang enggak bakal terlupa bagi penyelam.

2. Trekking di Hutan Sumatra

Kehidupan alam liar jadi daya tarik hutan Sumatra. (foto: Sumatra-Indonesia.com)

Satu lagi situs warisan dunia UNESCO di Indonesia, yaitu hutan hujan Sumatra. Bayangkan kamu menjelajah hutan Sumatra, menjumpai berbagai kehidupan di dalamnya. Hutan Sumatra memang terkenal dengan kekayaan flora dan fauna. Kamu bisa menjumpai harimau sumtra, orang utan sumatra, hingga bunga Rafflesia arnoldi.

Jangan khawatir tersesat, kini sudah ada penyedia layanan hiking yang menawarkan paket petualangan di alam liar. Kamu bisa memilih paket petualangan mulai dari 1-8 hari. Lokasi hiking berkisar di Taman Nasional Gunung Leuser juga menjumpai gajah di Tangkahan. Pasti menantang dan berkesan!

3. Surfing

Berselancar di Mentawai juga seru untuk dicoba. (foto: traveliday)

Dengan garis pantai yang membentang, Indonesia punya spot surfing ternama di dunia. Jadi tidak mengherankan jika berselancar jadi petualangan yang wajib dicoba.

Pantai Kuta dan Canggu di Bali, Derawan di Kalimantan, hingga Pantai Batu Karas di Pangandaran ialah beberapa spot selancar yang ternama di Indonesia. Pantai-pantai tersebut tak hanya indah dengan air biru jernih, tapi juga punya ombak yang aduhai tingginya.

Belum bisa surfing? Jangan khawatir, beberapa sekolah surfing menyediakan layanan latihan surfing bagi pemula di pinggir pantai.

Ayo cobain!

4. Menyaksikan Matahari Terbit di Bromo

Indahnya matahari terbit di Gunung Bromo. (foto: wisatabromo)

Tak ada tempat terkeren menikmati munculnya sang mentari ketimbang di puncak Bromo. Gunung berapi purba tersebut memang menawarkan banyak misteri sekaligus keindahan.

Anda bisa berangkat dari Cemoro Lawang mulai pukul 03.00 untuk menuju ke titik terbaik untuk melihat matahari terbit.

Mengingat Gunung Bromo terletak di ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut, suhu udara di sana amatlah dingin. Demikian juga dengan kadar oksigen yang rendah. Jadi pastikan badanmu terlindungi dan cukup hangat saat mengunjungi Bromo.

5. Lima Hari di Perahu

Cobalah bertualang 5 hari di atas perahu. (foto: komodotours)

Bagaimana rasanya hidup seperti pelaut? Pasti seru.

Jika kamu berencana melancong ke Flores untuk melihat komodo, coba jalur yang sedikit berbeda. Kamu bisa menempuh perjalanan dari Lombok ke Flores menggunakan perahu.

Hidup di kapal mungkin tidak senyaman di hotel, tapi petualangan yang kamu rasakan tak ternilai. Kamu berkesempatan mampir di pulau-pulau kecil yang dilalui, berenang di pantai indah sepanjang perjalanan, bahkan bersantai di geladak kapal.

Siap bertualang?(dwi)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pemkot Perbanyak Lokasi Wifi Gratis di Yogyakarta
Travel
Pemkot Perbanyak Lokasi Wifi Gratis di Yogyakarta

Masyrakat umum juga dapat memanfaatkan wifi gratis ini

Taman Safari Kini Punya Gajah Bernama Covid
Travel
Taman Safari Kini Punya Gajah Bernama Covid

Gajah berkelamin jantan tersebut lahir pada Selasa tanggal 28 April 2020 lalu, sekira pukul 02.25 dini hari

Pangan di Masa Sulit ala Indonesia
Kuliner
Pangan di Masa Sulit ala Indonesia

Sajian nikmat dengan bahan seadanya.

Pemda DIY Batasi Pembukaan Destinasi Wisata
Travel
Pemda DIY Batasi Pembukaan Destinasi Wisata

Sultan mengimbau kepada pemimpin daerah untuk membuka bertahap destinasi wisata agar kasus COVID-19 di wilayahnya tetap terkontrol.

Jangan Dilewatkan, Destinasi Sarat Sejarah di Sekitar Danau Toba
Travel
Jangan Dilewatkan, Destinasi Sarat Sejarah di Sekitar Danau Toba

Sejumlah situs sarat sejarah dan legenda di sekitar Danau Toba amatlah unik.

Makna Mendalam Jembatan Cinta di Pulau Tidung
Travel
Makna Mendalam Jembatan Cinta di Pulau Tidung

Objek wisata pulau tidung yang wajib kamu kunjungi ialah Jembatan Cinta. Ya sesuai namanya, jembatan ini memiliki cerita tersendiri soal cinta

Digitalisasi Peninggalan Budaya Beraksara Jawa
Tradisi
Digitalisasi Peninggalan Budaya Beraksara Jawa

Agar tetap bisa dipelajari generasi mendatang.

Pariwisata Megap-Megap, Pengusaha Hotel di Yogyakarta Minta Keringanan
Travel
Pariwisata Megap-Megap, Pengusaha Hotel di Yogyakarta Minta Keringanan

pengusaha sangat membutuhkan adanya relaksasi dalam pembayaran iuran.

Ketika Macet Malah Jadi Wisata Alam di Negeri Aing
Travel
Ketika Macet Malah Jadi Wisata Alam di Negeri Aing

Menghabiskan waktu dengan makan dan gelar tikat saat macet memang paling abdol.

Bikin Sendiri, Pangsit Le Gino yang lagi Viral
Kuliner
Bikin Sendiri, Pangsit Le Gino yang lagi Viral

Orang-orang rela antre berjam-jam untuk mencicipi sajian satu ini.