Ramadan 2022
Dari Mana Datangnya Tradisi Takjil di Indonesia? Dalam kolak biji salak terdapat kandungan gula merah dan santan yang juga berperan dalam membantu meningkatkan sistem imun tubuh. (Foto: [email protected]_leny)

TAKJIL yang manis menjadi salah satu menu tradisi yang disiapkan umat Islam di Indonesia setiap puasa di bulan Ramadan. Maka muncul istilah 'Berbukalah dengan yang manis', istilah yang seringkali implisit artinya ini sebenarnya mengacu pada makanan atau minuman pengganti kalori yang hilang selama berpuasa.

Dikutip dari laman Muhammadiyah, istilah takjil diambil dari hadis Nabi Muhammad Riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi: “Manusia masih terhitung dalam kebaikan selama ia menyegerakan (Ajjalu) berbuka". Ajjalu memiliki arti turunan atau pergeseran makna dari istilah Arab yakni ajjala-yu’ajjilu-ta’jilan yang berarti 'momentum', 'tergesa-gesa', 'menyegerakan', atau 'mempercepat'.

Baca Juga:

Puasa Beri Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil

takjil
Es timun suri kaya akan kandungan air, fruktosa, mineral kalium, fosfor, vitamin A, vitamin C, serta serat makanan. (Foto: [email protected])

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), terdapat dua makna untuk mengartikantakjil. Arti takjil pertama menurut KBBI adalah 'mempercepat dalam berbuka puasa'. Kemudian pengertian kedua ialah 'makanan untuk berbuka puasa'. Maka, takjil bisa diartikan sebagai 'segera berbuka puasa apabila sudah tiba waktunya'.

Catatan Snouck Hurgonje dalam De Atjehers yang disusun pada 1891-1892 mengungkapkan, tradisi takjil sudah dikenal oleh masyarakat Aceh pada bulan Ramadan kala itu.

Setiap jelang waktu berbuka, tulis Snouck Hugronje, warga Aceh beramai-ramai bersiap menyantap takjil bersama di masjid, biasanya dengan menu khas berupa e bu peudah atau bubur pedas.

Tidak hanya di Aceh, Muhammadiyah yang didirikan di Yogyakarta pada 1912 disebut-sebut juga berperan dalam menyebarkan takjil sebagai tradisi yang dilakukan di bulan Ramadan.

Abdul Munir Mulkhan dalam buku berjudul Ahmad Dahlan: Jejak Pembaruan Sosial dan Kemanusiaan (2010), menyebut bahwa Muhammadiyah berperan besar dalam penyebaran tradisi takjil di tanah air.

Ditambahkan Abdul Munir Mulkhan, Muhammadiyah mempopulerkan kebiasaan mengakhiri sahur menjelang waktu subuh dan mengadakan acara takjil untuk menyegerakan umat Islam berbuka puasa.

Baca Juga:

Kejayaan Islam di Spanyol Tertuang dalam Menu Ramadan

takjil
Kolak pisang memiliki kandungan serat 16% yang berperan penting untuk melancarkan pencernaan dan mencegah susah buang air besar. (Foto: [email protected])

Fadly Rahman, penulis buku Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia; menjelaskan bahwa umumnya, para nabi membatalkan puasa dengan air putih dan kurma.

Fadly menjelaskan, sebenarnya takjil itu penekanannya bukan pada makanan, tapi bagi masyarakat muslim di Indonesia, maknanya sudah bukan lagi untuk menyegerakan berbuka puasa, tapi takjil dikonotasikan dengan kuliner. Kata takjil, menurut Fadly diserap seiring Islamisasi masuk ke Nusantara. Selain agama dan budaya Islam, masyarakat Indonesia juga menyerap sejumlah kosakata bahasa Arab.

Wali sanga menjadikan takjil sebagai sebuah medium untuk mengajak muslim di Indonesia menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Wali sanga sendiri dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa pada abad ke-14.

Sebagai bentuk penyebaran agama Islam, masyarakat muslim Indonesia diperkenalkan dengan berbagai tradisi agama, termasuk perihal puasa. Takjil masuk ke dalam unsur tradisi puasa.

Untuk menarik perhatian muslim Indonesia di sejumlah wilayah yang terdampak Islamisasi, para wali sanga memperkenalkan takjil dalam bentuk hidangan lokal. Bagi para wali, salah satu cara untuk menarik perhatian masyarakat muslim Indonesia agar konsisten menjalankan ibadah puasa adalah dengan membuat simbol-simbol khas Islam Nusantara. Salah satunya dengan mempopulerkan kolak sebagai menu takjil khas Indonesia. Tradisi Islam itu juga memanfaatkan kuliner Indonesia sebagai salah satu sarana penyebarannya. (DGS)

Baca Juga:

Penyintas Hipertensi, Hindari Makanan Ini Saat Puasa

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
PermataYouthPreneur 2022 Sukses Digelar, Berikut Daftar Pemenangnya
Fun
PermataYouthPreneur 2022 Sukses Digelar, Berikut Daftar Pemenangnya

PYP merupakan salah satu program flagship PermataHati, bekerja sama dengan Fazztrack serta didukung juga oleh ...

Orangtua Wajib Tahu Empat Indikator Perkembangan Anak
Fun
Orangtua Wajib Tahu Empat Indikator Perkembangan Anak

Para orangtua wajib tau tentang empat indikator perkembangan anak

Bikin 'That That' Bareng, Suga dan PSY Resmi Jadi 'Bestie'
ShowBiz
Bikin 'That That' Bareng, Suga dan PSY Resmi Jadi 'Bestie'

Suga akan kerja bareng dengan rapper top itu untuk album barunya, Psy 9th.

Iiih Ngiler! Atasi dengan Jeruk
Fun
Iiih Ngiler! Atasi dengan Jeruk

Sebenarnya, keluarnya air liur dari mulut saat tidur adalah hal yang sangat normal.

'Corbin's Light', Dari Valorant untuk Korban Kanker
Fun
'Corbin's Light', Dari Valorant untuk Korban Kanker

Corbin's Light adalah aksesoris gratis yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma meski tidak membeli Battlepass VALORANT.

Bergerak dan Terbang Meraih Mimpi untuk Perkembangan Diri
Fun
Bergerak dan Terbang Meraih Mimpi untuk Perkembangan Diri

Setiap hari adalah kesempatan untuk meningkatkan diri.

Ajak Anakmu Mendengarkan Lagu-lagu Favoritmu, Untuk Apa?
Fun
Ajak Anakmu Mendengarkan Lagu-lagu Favoritmu, Untuk Apa?

menempatkanmu dalam waktu, dalam budaya, di lokasi, pada kontinum yang membentang ke masa lalu.

Melepas Kerinduan Main Hujan Saat Kecil Usai Pandemi Melandai
Hiburan & Gaya Hidup
Melepas Kerinduan Main Hujan Saat Kecil Usai Pandemi Melandai

Enggak cuma seru-seruan, main hujan punya banyak manfaat

Ferrari Recall 23.000 Mobil karena Masalah Rem
Fun
Ferrari Recall 23.000 Mobil karena Masalah Rem

Mulai dari mobil keluaran 2005 hingga Ferrari Roma terbaru ikut terkena recall.

Embrio Sintetis akan Jadi Jawaban untuk Masalah Infertilitas
Fun
Embrio Sintetis akan Jadi Jawaban untuk Masalah Infertilitas

Pencapaian ini diharapkan bisa membantu pasangan yang berharap untuk hamil.