Dari 'Nyeker' sampai Barang Gratis, Nih 6 Fakta Unik di Selandia Baru! Suasana di ibu kota Selandia Baru, Wellington (Foto: Pixabay/Makalu)

PELAJARAN geografi di sekolah mungkin tidak mengajarkan banyak tentang Selandia Baru kepada kita. Jika kamu melihat peta, Selandia Baru tidak jauh dari Australia. Namun jarak antara kedua negara tersebut lebih dari 1.200 mil. Terlepas dari itu, terdapat beberapa kebiasaan unik yang dilakukan orang di sana. Kamu yang datang sebagai pelancong mungkin akan bingung ketika pertama menemukannya.

Satu hal yang perlu kamu tahu tentang penduduk Selandia Baru, mereka akan marah jika dianggap sebagai orang Australia. Namun, mereka akan merasa bangga jika disebut dengan julukan kiwi. Dilansir dari laman brightside, sejenak kita melihat lebih dekat ke negara unik ini dan membeberkan fakta-fakta unik yang terjadi di Selandia Baru.

Baca juga:

Uniknya Wisata Bawah Tanah Mancanegara! Berani Coba!

Suka berjalan tanpa alas kaki

Dari 'Nyeker' sampai Barang Gratis, Nih 6 Fakta Unik di Selandia Baru!
Warga Selandia Baru tanpa alas kaki di pusat perbelanjaan (Foto: Twitter/@karleagleman)

Penduduk setempat suka berjalan tanpa alas kaki, tidak hanya di rumah, tetapi juga di tempat umum. Kamu dapat menemukan mereka di mana-mana seperti di pusat kota, ruang publik, atau di pusat perbelanjaan.

Mungkin kamu akan terkejut saat pertama kali melihatnya, ketika meniru kebiasaan itu untuk pertama kalinya, itu akan terasa sangat aneh.

Buah gratis untuk pelanggan di supermarket

Dari 'Nyeker' sampai Barang Gratis, Nih 6 Fakta Unik di Selandia Baru!
Buah gratis yang disediakan di salah satu supermarket Selandia Baru (Foto: pikabu)

Salah satu supermarket di sana menawarkan buah gratis kepada pelanggannya saat mereka berbelanja. Tidak tangung-tanggung, buah gratis yang disediakan mungkin lebih banyak dari yang kamu beli di supermarket tersebut.

Namun kamu tidak bisa membawa pulang buah gratis itu, hanya untuk dimakan di tempat. Walau begitu, mendapatkan sesuatu secara cuma-cuma itu sangat menyenangkan.

Perlindungan hewan

Dari 'Nyeker' sampai Barang Gratis, Nih 6 Fakta Unik di Selandia Baru!
Hewan berpotensi aman di Selandia Baru (Foto: Unsplash/imandrewpons)

Selandia Baru secara resmi telah mengonfirmasi bahwa semua hewan itu sadar dan memiliki perasaan seperti manusia. Kekejaman terhadap hewan adalah kejahatan di negara tersebut.

Berburu dan menangkap binatang liar juga dilarang di Selandia Baru. Kementerian Industri Primer negara tersebut telah menerbitkan di laman resmi soal daftar kebutuhan dasar hewan (peliharaan) yang harus dipenuhi oleh manusia.

Baca juga:

4 Fakta di Swedia, dari Law of Jante sampai Tradisi Wajib Ngopi

Keunikan naik bus

Dari 'Nyeker' sampai Barang Gratis, Nih 6 Fakta Unik di Selandia Baru!
Bus di sana menjadi sedikit lebih lambat ketika ada lansia di dalamnya (Foto: Unsplash/paucasals)

Ketika memasuki bus kamu harus menyapa semua orang, dan mengatakan terima kasih ketika turun. Bus akan menjadi sedikit lebih lambat ketika ada lansia di dalamnya. Hal menarik yang tidak terjadi di Indonesia yakni bus tidak akan bergerak sampai semua orang duduk.

Biaya tiket bus di Selandia Baru sekitar USD 1,5 - USD 4 atau sekitar Rp 21 ribu - Rp 56 ribu tergantung pada tujuan dan kartu perjalananmu. Mirip dengan di Indonesia, kamu harus menghentikan bus seperti taksi, jika tidak bus tersebut hanya akan melewati halte.

Tradisi menyapa yang unik

Dari 'Nyeker' sampai Barang Gratis, Nih 6 Fakta Unik di Selandia Baru!
Cara menyapa Suku Maori (Foto: Twitter/@royalfocus1)

Tradisi menyapa yang unik ini dimiliki oleh Suku Maori. Suku tersebut memiliki cara tradisional untuk menyapa orang yang dikenal sebagai hongi. Untuk menyapa seseorang, kamu harus menekan hidung kamu ke hidung orang yang ingin kamu sapa.

Barang gratis

Dari 'Nyeker' sampai Barang Gratis, Nih 6 Fakta Unik di Selandia Baru!
Boneka gratis yang diletakkan di sembarang tempat (Foto: Twitter/@stas_kulesh)

Orang-orang sering meninggalkan barang-barang yang tidak mereka butuhkan lagi di jalan dengan tanda bertuliskan free. Bukanlah hal buruk atau memalukan jika kita mengambilnya. Barang-barang yang ditinggalkan cukup beragam, termasuk di antaranya boneka, meja, hingga sofa.

Baca juga:

Ada Diskon 50% untuk Tiket Pesawat Mulai Maret

Jadi jika ingin pergi ke Selandia Baru, kamu tidak perlu kaget atau merasa aneh lagi ketika melihat keunikan-keunikan di atas. (arb)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH